Jababeka Dukung Pendirian Bank Sampah Mekarwangi di Desa Harjamekar, Cikarang

Oleh : Ridwan | Rabu, 09 Oktober 2024 - 11:00 WIB

Kegiatan pelatihan manajemen bank sampah dan pengolahan sampah rumah tangga yang diinisiasi oleh PT Jababeka Tbk
Kegiatan pelatihan manajemen bank sampah dan pengolahan sampah rumah tangga yang diinisiasi oleh PT Jababeka Tbk

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Bank sampah hadir di pemukiman warga sangat besar manfaatnya. Bukan hanya membantu lingkungan jadi lebih bersih dan sehat, tapi juga meningkatkan ekonomi masyarakat setempat melalui kegiatan penjualan sampah yang terpilah maupun hasil kerajinan tangan dari sampah yang bisa didaur ulang. 

Bahkan, hasil penjualan dari bank sampah bisa membantu warga untuk membiayai kegiatan positif di lingkungan tanpa mengeluarkan dana pribadi.

Salah satu yang mengetahui manfaat tersebut dan ingin punya bank sampah ialah ibu-ibu warga di Desa Harjamekar-Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Namun belum bisa terwujud, karena masih terkendala tidak punya peralatan bank sampah, belum memahami cara pengelolaan bank sampah dan pengolahan sampah hingga bisa menghasilkan uang.

Jababeka yang mengetahui hal itu pun langsung bertindak. Melalui anak usaha, PT Jababeka Infrastruktur, selaku pengelola Kawasan Industri Jababeka, Jababeka menginisiasi kegiatan pelatihan manajemen bank sampah dan pengolahan sampah rumah tangga serta memberikan perlengkapan bank sampah, yaitu timbangan digital, buku tabungan, tong sampah, banner promosi dan plang nama.

Hal itu dilakukan Jababeka karena sejalan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) Jabat Alam yang berupaya melestarikan lingkungan di sekitar kawasan. 

Di samping itu, Jababeka sudah biasa mendukung pendirian bank sampah di mana sekarang sudah membina 4 Bank Sampah, yaitu Bank Sampah Dahlia, Bank Sampah Senyum Bumiku, Bank Sampah Venus, dan Bank Sampah Mekarwangi. 

Dalam acara yang berlangsung dua jam lebih, pelatihan berjalan lancar dengan para peserta aktif bertanya tentang cara "mengubah" sampah rumah tangga menjadi uang kepada pemateri yang hadir. Mulai dari Imam Naufal dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Subandi selaku Ketua Bank Sampah Villa Asri, hingga H. Wijayanto. S.Sos selaku Kepala Desa (Kades) Harjamekar yang datang untuk meresmikan Bank Sampah Mekarwangi.

"Setiap bank sampah beroperasi dengan mekanisme yang serupa, di mana masyarakat mendaftar sebagai anggota bank sampah. Lalu mengumpulkan dan memilah sampah dari rumah tangga mereka, apakah itu kardus, plastik bening, kaleng atau besi, lalu menyerahkannya ke bank sampah untuk ditimbang dan dinilai. Nilai tersebut dicatat sebagai saldo dalam buku tabungan mereka," kata Subandi, saat memaparkan materinya.

Sementara itu, Wijayanto berharap hadirnya Bank Sampah Mekarwangi bisa secepatnya dijalankan warga desa Harjamekar agar warga bisa cepat juga merasakan manfaatnya. Mulai dari membuat lingkungan jadi lebih bersih-tertata, menambah pendapatan ekonomi, dan mengurangi volume sampah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Saya sudah ada angan-angan untuk menghadirkan bank sampah. Karena tahu manfaat dari bank sampah itu memang luar biasa. Dari dulu ingin adanya bank sampah, cuma baru terlaksananya sekarang," kata Wijayanto, dalam sambutannya.

Tak lupa ia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Jababeka karena sudah proaktif mengambil peran sebagai inisiator dan kolaborator dalam pendirian bank sampah Mekarwangi, serta membuat warga Desa Harjamekar lebih cepat mendirikan bank sampah.

Hal yang sama rupanya diharapkan juga oleh Didik Purbadi, Direktur Utama PT Jababeka Infrastruktur. Purbadi berharap selain memberikan manfaat bagi lingkungan hadirnya Bank Sampah Mekarwangi juga bisa memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat Desa Harjamekar.

"Kami senang bisa terlibat dan membantu pendirian bank sampah ini. Semoga hadirnya bank sampah Mekarwangi bisa membawa berkah dan bermanfaat dan pemukiman-pemukiman di Desa Mekarwangi jadi lebih bersih, sehat, dan teratur," kata Purbadi.

Tidak berhenti sampai di situ, ia menambahkan bahwa kedepannya Jababeka akan mendukung pengembangan Bank Sampah Mekarwangi dengan mengajak tenant di Kawasan Industri Jababeka untuk berkolaborasi mendukung program-program Bank Sampah Mekarwangi dalam upaya pelestarian lingkungan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sari Murni Group Ekspansi ke Australia dan Kamboja

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:57 WIB

Perkuat Posisi di Pasar Internasional, Sari Murni Group Ekspansi ke Australia dan Kamboja

Pada bulan Agustus lalu, Sari Murni Group telah berhasil melakukan ekspansi ke Australia dan Kamboja dengan mengekspor Momogi, makanan ringan yang terbuat dari ekstrudat jagung.

Talkshow transformasi asuransi

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:44 WIB

Kitabisa Masuk ke Industri Asuransi

Setelah satu dekade hadir sebagai ekosistem tolong-menolong digital di Indonesia, Kitabisa kini resmi memasuki industri asuransi dengan membawa nama PTAsuransi Jiwa Syariah Kitabisa (Asuransi…

lustrasi Kecamatan di Kabupaten Malang yang berada di ketinggian. (Pixabay.com/rendimahrus1412)/malang.jatimnetwork.com

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:38 WIB

Keren, Cerita Kabupaten Malang yang Ubah Dana Desa Jadi Kekuatan Ekonomi

Jakarta, FMB9 - Selama satu dekade terakhir, Kabupaten Malang menjadi salah satu contoh sukses pengelolaan dana desa menjadi kekuatan ekonomi bagi masyarakat lokal.

Watson Marlow hadir di Pameran ALL Pack Indonesia

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:14 WIB

Ini Inovasi dan Solusi Teknologi Watson

Watson-Marlow Fluid Technology Solutions (WMFTS), bergerak di manufaktur pompa peristaltik dan teknologi fluida terkait, akan menampilkan solusi dan layanan inovatifnya di ALLPack Indonesia…

Komitmen ANH-TQ Terhadap Peningkatan Kapasitas & Perlindungan Hukum Bagi ASN Parepare

Rabu, 09 Oktober 2024 - 12:45 WIB

Komitmen ANH-TQ Terhadap Peningkatan Kapasitas & Perlindungan Hukum bagi ASN Parepare

Parepare-ASN berperan krusial sebagai pelayan publik, namun mereka sering terjebak dalam masalah hukum akibat kurangnya pemahaman mengenai prosedur dan peraturan yang berlaku.