Yang Bepergian ke Luar Negeri Meningkat 112,26%, Ini Solusi Keuangan untuk Traveler dengan Mobilitas Internasional

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 09 Oktober 2024 - 10:29 WIB

Danamon LEBIH PRO
Danamon LEBIH PRO

INDUSTRY.co.id, Jakarta— PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) melalui Danamon LEBIH PRO, hadir sebagai solusi finansial menyeluruh bagi masyarakat, di tengah tren peningkatan jumlah wisatawan asal Indonesia yang melakukan perjalanan internasional, dengan kebutuhan akan transaksi dalam berbagai mata uang asing.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2024, terjadi lonjakan signifikan dalam jumlah wisatawan nasional (wisnas) yang bepergian ke luar negeri sepanjang 2023. Jumlah perjalanan mencapai 752 juta perjalanan, meningkat drastis sebesar 112,26% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencatat 3,54 juta perjalanan. Destinasi favorit seperti Singapura, Jepang, dan Australia menjadi tujuan utama bagi masyarakat Indonesia yang memilih untuk berlibur atau berbisnis di luar negeri.

Lonjakan angka ini tidak hanya menunjukkan antusiasme masyarakat dalam menjelajahi dunia, tetapi juga menggarisbawahi perubahan signifikan dalam perilaku keuangan para traveler. Untuk lebih memahami karakteristik dan kebutuhan finansial para traveler, Danamon bekerja sama dengan Jakpat pada Juni 2024 dalam sebuah riset yang dilakukan di kota-kota besar di Indonesia. Riset ini melibatkan responden yang secara rutin melakukan perjalanan internasional, minimal dua hingga tiga kali dalam setahun.

Temuan riset tersebut menunjukkan bahwa 72% traveler memilih akhir tahun sebagai waktu ideal untuk berlibur ke luar negeri, bertepatan dengan perayaan Natal dan Tahun Baru. Selain itu, banyaknya tanggal merah serta libur sekolah juga menjadi faktor pendorong lainnya. Hal ini dikarenakan traveler biasanya bepergian bersama keluarga, pasangan, teman, hingga diri sendiri.

Dari segi persiapan dana, mayoritas traveler mengalokasikan anggaran yang cukup beragam dimulai dari Rp20 juta hingga lebih dari Rp100 juta untuk perjalanan mereka. Ketika mengalokasikan anggaran, traveler biasanya menabung dalam mata uang Rupiah dan uang asing sekaligus. Saat sudah sampai di negara tujuan, traveler lebih memilih menggunakan kartu debit karena dapat langsung digunakan untuk transaksi cashless maupun penarikan uang tunai dalam mata uang asing di ATM luar negeri. Tidak hanya itu, traveler juga membutuhkan layanan penukaran mata uang asing yang cepat, dapat dilakukan di mana saja, dan tentunya dengan nilai tukar yang bersaing.

Ivan Jaya, Consumer Funding & Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk menyatakan, “Didasari oleh pemahaman atas tren dan kebiasaan dari para traveler Indonesia dan mereka yang memiliki mobilitas internasional yang tinggi inilah, Danamon hadir dengan Danamon LEBIH PRO yang #BanyakLebihnya. Produk ini adalah bagian dari komitmen Danamon untuk selalu berinovasi dalam menyediakan solusi finansial yang menyeluruh dan relevan dengan kebutuhan nasabah. Hal ini sejalan dengan komitmen Danamon untuk terus bertransformasi sebagai Satu Grup Finansial bersama dengan grup perusahaan dan mitra strategisnya, agar menjadi mitra keuangan yang terpercaya dan selalu berorientasi pada kepuasan nasabah,” ujarnya.

Salah satu fitur unggulan dari Danamon LEBIH PRO adalah kemampuan untuk menyimpan sembilan mata uang asing dalam satu tabungan, yaitu IDR, USD, SGD, CNY, JPY, AUD, EUR, GBP, dan NZD, dan dengan nilai tukar kompetitif di mana Danamon akan mengganti selisih hingga lima kali lipat jika nasabah menemukan nilai tukar yang lebih baik. Nasabah juga dapat memanfaatkan fitur FX Live Rate di D-Bank PRO yang terus diperbarui secara real time. Fitur-fitur ini menjadi jawaban atas kebutuhan traveler untuk menabung dalam mata uang Rupiah dan mata uang asing sekaligus saat mengalokasikan anggaran traveling, serta kebutuhan menukarkan mata uang Rupiah ke mata uang negara tujuan secara cepat dan tentunya dengan rate yang bagus.

Selain itu, dengan fitur Auto Switching Currency, kartu debit Danamon LEBIH PRO akan secara otomatis menyesuaikan mata uang lokal saat nasabah melakukan transaksi di luar negeri. Misalnya, saat bertransaksi di Singapura, saldo dalam mata uang SGD yang akan otomatis terpotong tanpa biaya tambahan, sehingga nasabah tidak perlu khawatir tentang biaya konversi yang tinggi. Bahkan, nasabah juga dapat menikmati program hemat biaya tarik tunai di ATM luar negeri berjaringan Mastercard/Cirrus/Maestro yang bebas biaya konversi kurs. Hal ini menjawab kebutuhan traveler akan kartu debit yang dapat langsung digunakan untuk transaksi cashless maupun penarikan uang tunai dalam mata uang asing di ATM luar negeri.

Tak hanya berbagai fasilitas dan promo yang dapat dinikmati di luar negeri, Danamon LEBIH PRO juga memberikan berbagai keuntungan di dalam negeri. Nasabah dapat menikmati cashback sebesar 5% untuk setiap transaksi yang dilakukan baik di luar maupun di dalam negeri menggunakan kartu debit Danamon LEBIH PRO dengan menjaga saldo rata-rata bulanan sebesar Rp5 juta. Nasabah juga dapat menikmati fasilitas bebas biaya tarik tunai di ATM manapun di Indonesia hingga 99 kali per bulan, serta bebas biaya transfer BI-FAST hingga 99 kali per bulan. Fasilitas ini memberikan kebebasan bagi nasabah dalam mengelola keuangan mereka dengan lebih fleksibel, tanpa perlu khawatir tentang biaya tambahan yang mungkin timbul. Dengan hadirnya Danamon LEBIH PRO, Danamon berharap dapat terus menjadi mitra perbankan yang mendukung setiap langkah perjalanan nasabah, baik ketika di dalam maupun di luar negeri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sari Murni Group Ekspansi ke Australia dan Kamboja

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:57 WIB

Perkuat Posisi di Pasar Internasional, Sari Murni Group Ekspansi ke Australia dan Kamboja

Pada bulan Agustus lalu, Sari Murni Group telah berhasil melakukan ekspansi ke Australia dan Kamboja dengan mengekspor Momogi, makanan ringan yang terbuat dari ekstrudat jagung.

Talkshow transformasi asuransi

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:44 WIB

Kitabisa Masuk ke Industri Asuransi

Setelah satu dekade hadir sebagai ekosistem tolong-menolong digital di Indonesia, Kitabisa kini resmi memasuki industri asuransi dengan membawa nama PTAsuransi Jiwa Syariah Kitabisa (Asuransi…

lustrasi Kecamatan di Kabupaten Malang yang berada di ketinggian. (Pixabay.com/rendimahrus1412)/malang.jatimnetwork.com

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:38 WIB

Keren, Cerita Kabupaten Malang yang Ubah Dana Desa Jadi Kekuatan Ekonomi

Jakarta, FMB9 - Selama satu dekade terakhir, Kabupaten Malang menjadi salah satu contoh sukses pengelolaan dana desa menjadi kekuatan ekonomi bagi masyarakat lokal.

Watson Marlow hadir di Pameran ALL Pack Indonesia

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:14 WIB

Ini Inovasi dan Solusi Teknologi Watson

Watson-Marlow Fluid Technology Solutions (WMFTS), bergerak di manufaktur pompa peristaltik dan teknologi fluida terkait, akan menampilkan solusi dan layanan inovatifnya di ALLPack Indonesia…

Komitmen ANH-TQ Terhadap Peningkatan Kapasitas & Perlindungan Hukum Bagi ASN Parepare

Rabu, 09 Oktober 2024 - 12:45 WIB

Komitmen ANH-TQ Terhadap Peningkatan Kapasitas & Perlindungan Hukum bagi ASN Parepare

Parepare-ASN berperan krusial sebagai pelayan publik, namun mereka sering terjebak dalam masalah hukum akibat kurangnya pemahaman mengenai prosedur dan peraturan yang berlaku.