Tidak Hanya untuk Kegiatan Resmi, Menperin Agus Sebut Batik Juga Bisa untuk Kegiatan Santai

Oleh : Hariyanto | Rabu, 09 Oktober 2024 - 09:40 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakrie saat membuka gelaran Fun Run and Walk HBN 2024
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakrie saat membuka gelaran Fun Run and Walk HBN 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Peringatan Hari Batik Nasional (HBN) tahun 2024 diisi dengan beragam kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan dan mewariskan batik sebagai budaya kepada generasi selanjutnya. Sesuai dengan tema “Bangga Berbatik”, peringatan HBN 2024 ingin menyampaikan bahwa batik dapat digunakan dalam setiap kesempatan oleh semua orang.

Salah satu agenda dalam rangkaian Peringatan HBN 2024 adalah Fun Run & Walk yang dibuka oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI Puan Maharani, bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Anindya Bakrie, dan Ketua Yayasan Batik Indonesia (YBI) Gita Pratama Kartasasmita pada Minggu (6/10/2024) lalu.

“Kita lihat bahwa batik tidak hanya terbatas untuk kegiatan-kegiatan kantor atau kegiatan resmi. Untuk kegiatan santai, kita bisa menggunakan pakaian-pakaian yang bermotif batik dan kita lihat semua ini betul-betul keren,” ujar Menteri Perindustrian kepada media saat pelaksanaan Fun Run & Walk. 

Dalam kesempatan itu, jersey yang dikenakan oleh Menperin Agus dan para peserta memiliki motif batik khas Tuban.

Menperin Agus menyampaikan, kegiatan Fun Run & Walk dalam rangkaian Peringatan HBN 2024 juga merupakan salah satu upaya untuk melestarikan batik sebagai budaya nasional, yang dipadukan dengan semangat gaya hidup sehat.

“Saya kira juga tradisi yang harus kita pertahankan dalam merayakan hari batik nasional, yaitu dengan memadukan upaya melindungi dan melestarikan batik nusantara dari setiap daerah dan juga mengupayakan agar masyarakat hidup sehat,” jelas Menperin Agus.

Pada Acara HBN tahun ini, Kemeperin bersinergi dengan YBI dalam pelaksanaan program Focus Group Discussion (FGD), penumbuhan wirausaha baru, fasilitasi Indikasi Geografis (IG), pendampingan teknis produksi, serta fasilitasi mesin dan peralatan.

Kemenperin juga menggelar Industrial Festival yang dikemas menjadi rangkaian talk show mengenai perkembangan batik dengan target audiens utama kalangan muda, termasuk Gen-Z. Talk show tersebut mengangkat berbagai tema menarik, untuk semakin mendekatkan batik kepada masyarakat dan mengajak generasi muda untuk mengenal batik lebih dalam, serta memakainya dalam keseharian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sari Murni Group Ekspansi ke Australia dan Kamboja

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:57 WIB

Perkuat Posisi di Pasar Internasional, Sari Murni Group Ekspansi ke Australia dan Kamboja

Pada bulan Agustus lalu, Sari Murni Group telah berhasil melakukan ekspansi ke Australia dan Kamboja dengan mengekspor Momogi, makanan ringan yang terbuat dari ekstrudat jagung.

Talkshow transformasi asuransi

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:44 WIB

Kitabisa Masuk ke Industri Asuransi

Setelah satu dekade hadir sebagai ekosistem tolong-menolong digital di Indonesia, Kitabisa kini resmi memasuki industri asuransi dengan membawa nama PTAsuransi Jiwa Syariah Kitabisa (Asuransi…

lustrasi Kecamatan di Kabupaten Malang yang berada di ketinggian. (Pixabay.com/rendimahrus1412)/malang.jatimnetwork.com

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:38 WIB

Keren, Cerita Kabupaten Malang yang Ubah Dana Desa Jadi Kekuatan Ekonomi

Jakarta, FMB9 - Selama satu dekade terakhir, Kabupaten Malang menjadi salah satu contoh sukses pengelolaan dana desa menjadi kekuatan ekonomi bagi masyarakat lokal.

Watson Marlow hadir di Pameran ALL Pack Indonesia

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:14 WIB

Ini Inovasi dan Solusi Teknologi Watson

Watson-Marlow Fluid Technology Solutions (WMFTS), bergerak di manufaktur pompa peristaltik dan teknologi fluida terkait, akan menampilkan solusi dan layanan inovatifnya di ALLPack Indonesia…

Komitmen ANH-TQ Terhadap Peningkatan Kapasitas & Perlindungan Hukum Bagi ASN Parepare

Rabu, 09 Oktober 2024 - 12:45 WIB

Komitmen ANH-TQ Terhadap Peningkatan Kapasitas & Perlindungan Hukum bagi ASN Parepare

Parepare-ASN berperan krusial sebagai pelayan publik, namun mereka sering terjebak dalam masalah hukum akibat kurangnya pemahaman mengenai prosedur dan peraturan yang berlaku.