Terkait Ponsel Iphone 16 yang Belum Bisa Masuk Pasar Indonesia, Ini Kata Menperin Agus

Oleh : Hariyanto | Rabu, 09 Oktober 2024 - 09:18 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam Rapat Kerja Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan tanggapan mengenai isu ang sedang ramai beredar di masyarakat, terkait ponsel iPhone 16 dari Apple yang belum bisa masuk ke pasar Indonesia. 

"Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 29 Tahun 2017 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai Komponen Dalam Negeri Produk Telepon Seluler, Komputer Genggam, dan Komputer Tablet, penghitungan TKDN dapat dilakukan menggunakan tiga skema," kata Menperin Agus di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Pertama, lanjut Menperin Agus, skema manufaktur (pembuatan produk di dalam negeri), kemudian skema aplikasi (pembuatan aplikasi di dalam negeri), atau skema pengembangan inovasi di dalam negeri. Dalam hal ini, skema yang digunakan Apple adalah pengembangan inovasi atau skema ketiga.

“Sebelumnya Apple telah mendapatkan sertifikat TKDN, tetapi masa berlakunya sudah habis sehingga harus diperpanjang. Namun, saat ini proses perpanjangan sertifikat TKDN tersebut masih menunggu tambahan realisasi investasi dari Apple, karena realisasi investasi Apple masih mencapai Rp1,48 Triliun, dari komitmen investasi Rp1,71 Triliun. Sehingga masih terdapat kekurangan komitmen sekitar Rp235 Miliar,” jelas Menperin Agus. 

Sehingga, jika komitmen investasi tersebut direalisasikan, Apple akan mendapatkan nilai TKDN 40%. Dengan demikian telepon genggam iPhone 16 dan produk-produk Apple yang menggunakan jaringan seluler bisa masuk ke pasar Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sari Murni Group Ekspansi ke Australia dan Kamboja

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:57 WIB

Perkuat Posisi di Pasar Internasional, Sari Murni Group Ekspansi ke Australia dan Kamboja

Pada bulan Agustus lalu, Sari Murni Group telah berhasil melakukan ekspansi ke Australia dan Kamboja dengan mengekspor Momogi, makanan ringan yang terbuat dari ekstrudat jagung.

Talkshow transformasi asuransi

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:44 WIB

Kitabisa Masuk ke Industri Asuransi

Setelah satu dekade hadir sebagai ekosistem tolong-menolong digital di Indonesia, Kitabisa kini resmi memasuki industri asuransi dengan membawa nama PTAsuransi Jiwa Syariah Kitabisa (Asuransi…

lustrasi Kecamatan di Kabupaten Malang yang berada di ketinggian. (Pixabay.com/rendimahrus1412)/malang.jatimnetwork.com

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:38 WIB

Keren, Cerita Kabupaten Malang yang Ubah Dana Desa Jadi Kekuatan Ekonomi

Jakarta, FMB9 - Selama satu dekade terakhir, Kabupaten Malang menjadi salah satu contoh sukses pengelolaan dana desa menjadi kekuatan ekonomi bagi masyarakat lokal.

Watson Marlow hadir di Pameran ALL Pack Indonesia

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:14 WIB

Ini Inovasi dan Solusi Teknologi Watson

Watson-Marlow Fluid Technology Solutions (WMFTS), bergerak di manufaktur pompa peristaltik dan teknologi fluida terkait, akan menampilkan solusi dan layanan inovatifnya di ALLPack Indonesia…

Komitmen ANH-TQ Terhadap Peningkatan Kapasitas & Perlindungan Hukum Bagi ASN Parepare

Rabu, 09 Oktober 2024 - 12:45 WIB

Komitmen ANH-TQ Terhadap Peningkatan Kapasitas & Perlindungan Hukum bagi ASN Parepare

Parepare-ASN berperan krusial sebagai pelayan publik, namun mereka sering terjebak dalam masalah hukum akibat kurangnya pemahaman mengenai prosedur dan peraturan yang berlaku.