Kemenperin: Animo Generasi Muda Untuk Terjun Ke Dunia Industri Cukup Tinggi

Oleh : Hariyanto | Selasa, 08 Oktober 2024 - 11:04 WIB

Kepala BPSDMI Kemenperin, Masrokhan
Kepala BPSDMI Kemenperin, Masrokhan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Masrokhan menyampaikan, animo generasi muda untuk terjun ke dunia industri cukup tinggi. Pada penerimaan siswa dan mahasiswa baru unit pendidikan Kemenperin tahun 2024, sebanyak 83.738 orang mendaftar ke 13 Politeknik dan Akademi Komunitas Kemenperin serta sembilan SMK Kemenperin. 

“Dengan kuota yang tersedia sebanyak 6.850 orang, artinya rasio penerimaan pada tahun ini telah mencapai 1:12,2, naik signifikan dari tahun sebelumnya dengan rasio 1:6,” kata Masrokhan di sela-sela pembukaan Industrial Education and Training Expo (IDUTEX) 2024 di Jakarta, Senin (7/10/2024).

Untuk peningkatan kapasitas penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, Kemenperin telah meresmikan gedung baru dan fasilitas SMK-SMAK Bogor dengan kapasitas 1.600 siswa. Selanjutnya, Kemenperin akan meresmikan gedung pendidikan Politeknik Industri Logam Morowali dan Politeknik Industri Petrokimia Banten. 

Pada tahun 2025, Kemenperin juga akan membangun gedung pendidikan baru SMK-SMTI Padang dan SMK-SMAK Makassar. Kemenperin juga akan menambah satu unit Balai Diklat Industri (BDI) di Batam untuk bidang industri Logam, Mesin, Aeronautika, Elektronika dan Perkapalan. 

Masrokhan juga mengungkapkan bahwa siswa dan mahasiswa unit pendidikan Kemenperin telah membuktikan kualitasnya dengan menorehkan berbagai prestasi nasional maupun internasional.

“Salah satunya SMK-SMTI Pontianak yang mewakili Indonesia pada World Skill Competition (WSC) 2024 untuk bidang industri 4.0 di Lyon, Perancis,” kata Masrokhan.

Sementara itu, Politeknik ATI Padang telah menyabet juara 1 Business Pitching Competition 2024 yang diselenggarakan Management and Science University Malaysia, dan Politeknik ATI Makassar menjadi juara 1 kategori Line Follower pada World Robotic Center Competition (WRCC) di Malaysia.

Masrokhan mengungkapkan, pelaksanaan IDUTEX 2024 bertujuan untuk memberikan edukasi program pengembangan SDM industri oleh Kemenperin, serta memberikan apresiasi bagi mitra industri yang mendukung program-program tersebut.

“Terdapat pameran pendidikan dan produk, pemberian penghargaan, seminar dan talk show, coaching clinic, dan job fair. Pameran menampilkan simulasi teknologi digital terkini yang diaplikasikan dalam pendidikan dan pelatihan vokasi seperti penggunaan Virtual Reality, Augmented Reality, Robotik, RFID, dan Artificial Intelligence,” lanjut Masrokhan.

IDUTEX 2024 dilaksanakan di Plasa Industri dan Ruang Rajawali, Gedung Kementerian Perindustrian mulai tanggal 7-9 Oktober 2024 yang terbuka untuk umum.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi layanan keuangan digital

Selasa, 08 Oktober 2024 - 13:17 WIB

Inovasi Keuangan Digital Semakin Baik, Pengguna QRIS melebihi 50 Juta Orang

FEKDI X KKI 2024 menjadi ajang penting untuk memperkenalkan kebijakan serta inovasi terbaru dari Bank Indonesia, juga ajang selebrasi berbagai pencapaian inisiatif inovasi digital.

Inovasi menuju Indonesia Emas, Dompet Dhuafa raih penghargaan anugerah Indonesia’s SDGs Action Awards 2024 “Terbaik Ketiga dalam Kategori Filantropi” untuk program Institut Kemandirian,

Selasa, 08 Oktober 2024 - 10:37 WIB

Dompet Dhuafa Raih Anugerah Indonesia’s SDGs Action Awards 2024

Dompet Dhuafa menerima apresiasi dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yaitu anugerah Indonesia’s SDGs Action Awards 2024…

Scott Wang, WTCA Vice President, Asia Pacific.

Selasa, 08 Oktober 2024 - 10:33 WIB

WTCA Dukung Pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas di Indonesia dan Asia Pasifik

World Trade Centers Association (WTCA) melihat pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) atau Free Trade Zones (FTZs) di berbagai wilayah Indonesia dan Asia Pasifik…

Petani rumput laut binaan BRI

Selasa, 08 Oktober 2024 - 10:31 WIB

Pemberdayaan BRI Tingkatkan Skala Usaha Klaster Usaha Rumput Laut Semaya di Nusa Penida

Siapa sangka rumput laut dapat menjadi sebuah bagian dari kisah yang besar bagi Dusun Semaya, Desa Suana, Nusa Penida, Bali sejak tahun 2012. Rumput-rumput laut tersebut pun tetap dijaga kualitasnya…

The Grand Eastlakes

Selasa, 08 Oktober 2024 - 10:00 WIB

Pengusaha Asal Surabaya Ini Selesaikan Akusisi The Grand Eastlakes Milik Crown Group Senilai Rp 218 M

ONE Global Capital secara resmi telah menyelesaikan pembelian The Grand Eastlakes, pusat perbelanjaan terbesar milik Crown Group senilai Rp218 miliar. Menyusul akuisisi ini, kepemilikan The…