Strategi MIND ID dalam Keberlanjutan Bisnis di Industri Pertambangan

Oleh : Candra Mata | Selasa, 08 Oktober 2024 - 07:17 WIB

MIND ID perkuat inovasi pengelolaan limbah dengan melakukan mengelompokkan limbah yang dialihkan dari pembuangan akhir dalam tiga kelompok yaitu preparation for reuse, recycling, dan other recovery operation.
MIND ID perkuat inovasi pengelolaan limbah dengan melakukan mengelompokkan limbah yang dialihkan dari pembuangan akhir dalam tiga kelompok yaitu preparation for reuse, recycling, dan other recovery operation.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) konsisten memperkuat program pengelolaan limbah di seluruh unit operasional dengan berfokus pada inovasi dalam pengelolaan, peningkatan daur ulang serta pemanfaatan kembali limbah sebagai bagian dari strategi keberlanjutan perusahaan pada 2024.

Grup MIND ID menerapkan praktik pengelolaan lingkungan yang baik di semua kegiatan operasional dengan fokus pada pengelolaan air, efisiensi energi termasuk dekarbonisasi, keanekaragaman hayati dan konservasi, dan pengendalian pencemaran, termasuk pengelolaan limbah. 

Corporate Secretary MIND ID, Heri Yusuf, menyatakan bahwa Grup MIND ID telah menerapkan berbagai inisiatif pengelolaan limbah yang mencakup limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) dan non-B3.

Perseroan menargetkan peningkatan pemanfaatan limbah non-B3 pada tahun 2024, khususnya melalui program daur ulang dan penggunaan kembali material seperti tailing, slag nikel, dan FABA (Fly Ash Bottom Ash) yang diubah menjadi material konstruksi ramah lingkungan seperti Green Fine Aggregate (GFA) dan Pomalaa Beton (POTON).

"Dengan program sustainability yang kami jalankan secara berkelanjutan ini akan memberi dampak positif bagi sosial dan lingkungan di daerah operasional, sehingga mampu menjaga keberlangsungan kinerja operasional dalam jangka panjang," katanya.

Heri menerangkan, pada 2023 Grup MIND ID menghasilkan 320.000 ton tailing, dengan 4,93% dari jumlah tersebut berhasil dimanfaatkan kembali.

Sementara itu pada 2024, Grup MIND ID menargetkan peningkatan angka pemanfaatan tersebut seiring dengan implementasi teknologi pengolahan limbah yang lebih efisien.

Upaya pengelolaan limbah ini dilakukan dengan mematuhi peraturan yang berlaku dan melibatkan pengawasan ketat dari fungsi Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH), serta bekerja sama dengan pihak ketiga berizin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Adapun, Anggota MIND ID telah memiliki beberapa tahapan terstandar dalam pengelolaan limbah. Dalam tahapannya, limbah lebih dulu dipilah untuk dilakukan reuse dan recycle atau proses recovery selanjutnya.

Grup MIND ID juga telah mengelompokkan limbah yang dialihkan dari pembuangan akhir dalam tiga kelompok yaitu preparation for reuse, recycling, dan other recovery operation. 

Dengan berbagai upaya pengelolaan limbah, holding memastikan tidak terdapat pencemaran akibat kegagalan pengelolaan limbah termasuk tumpahan limbah cair signifikan di seluruh Grup MIND ID.

Heri Yusuf menjelaskan bahwa program ini tidak hanya bertujuan mengurangi dampak lingkungan, tetapi juga memberikan kontribusi terhadap upaya pencapaian target emisi nol bersih (Net Zero Emission) pada tahun 2060. 

“Dengan pemanfaatan kembali limbah, kami berharap dapat mengurangi jejak karbon operasional, mendukung ekonomi sirkular, serta menciptakan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan masyarakat,” jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Selasa, 08 Oktober 2024 - 11:18 WIB

Iphone 16 Tertahan Masuk ke Indonesia, Menperin Agus: Kita Tunggu Realisasi Tambahan Investasi Apple

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita buka suara terkait iPhone 16 produksi Apple yang sampai saat ini belum dapat dijual di pasar dalam negeri.

Kepala BPSDMI Kemenperin, Masrokhan

Selasa, 08 Oktober 2024 - 11:04 WIB

Kemenperin: Animo Generasi Muda Untuk Terjun Ke Dunia Industri Cukup Tinggi

Pada penerimaan siswa dan mahasiswa baru unit pendidikan Kemenperin tahun 2024, sebanyak 83.738 orang mendaftar ke 13 Politeknik dan Akademi Komunitas Kemenperin serta sembilan SMK Kemenperin. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Selasa, 08 Oktober 2024 - 10:59 WIB

Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045, Kemenperin: SDM yang Kompeten Menjadi Pilar Utama

Pemerintah telah menetapkan visi Indonesia Emas Tahun 2045, dengan target menjadi bagian dari lima kekuatan ekonomi terbesar dunia dan menjadi high income country. Guna mencapai sasaran tersebut,…

Inovasi menuju Indonesia Emas, Dompet Dhuafa raih penghargaan anugerah Indonesia’s SDGs Action Awards 2024 “Terbaik Ketiga dalam Kategori Filantropi” untuk program Institut Kemandirian,

Selasa, 08 Oktober 2024 - 10:37 WIB

Dompet Dhuafa Raih Anugerah Indonesia’s SDGs Action Awards 2024

Dompet Dhuafa menerima apresiasi dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yaitu anugerah Indonesia’s SDGs Action Awards 2024…

Scott Wang, WTCA Vice President, Asia Pacific.

Selasa, 08 Oktober 2024 - 10:33 WIB

WTCA Dukung Pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas di Indonesia dan Asia Pasifik

World Trade Centers Association (WTCA) melihat pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) atau Free Trade Zones (FTZs) di berbagai wilayah Indonesia dan Asia Pasifik…