Buku Sejuta Surat untuk Palestina: Suara Muda Bersatu untuk Kemanusiaan

Oleh : Candra Mata | Minggu, 06 Oktober 2024 - 20:10 WIB

Buku Sejuta Surat Untuk Palestina
Buku Sejuta Surat Untuk Palestina

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dompet Dhuafa bersama Gueari Galeri mempersembahkan buku Sejuta Surat untuk Palestina, sebuah antologi yang menghadirkan 75 karya terpilih berupa surat, puisi, ilustrasi dan foto. Antologi ini merupakan hasil kolaborasi dengan hampir 400 kontributor muda yang menyuarakan harapan, doa dan keteguhan hati anak muda untuk mendukung kemanusiaan.

Buku Sejuta Surat untuk Palestina diluncurkan dalam sebuah perhelatan teater musikal “Tanah Yang Terpenjara - Lantangkan Suara untuk Palestina” bersama Titimangsa di Gedung Kesenian Jakarta, pada Kamis (03/10/2024) malam.

Acara ini menjadi wadah bagi para seniman muda untuk mengekspresikan solidaritas mereka terhadap Palestina melalui ragam bentuk seni.

Antologi ini menyajikan berbagai perspektif tentang konflik Palestina, mulai dari situasi yang dialami warga sipil, resistensi, hingga harapan akan masa depan yang lebih baik.

Karya-karya yang terpilih tidak hanya menyentuh hati, tetapi juga menginspirasi pembaca untuk turut serta dalam perjuangan kemanusiaan.

"Para kontributor yang juga siswa-siswi sekolah adalah generasi yang akan menjadi penerus bagi bangsa Indonesia di masa mendatang. Maka itu, anak-anak sejak dini perlu mendapatkan informasi dan dapat memahami, serta kemudian diberi kesempatan menyalurkan perasaan dan pemikirannya. Sekaligus mewadahi kreativitas mereka, dan karya kreatif mereka disalurkan dengan tepat salah satunya adalah membuat surat untuk Palestina," ujar Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Ahmad Juwaini.

"Setiap karya dalam buku ini adalah bukti nyata bahwa generasi muda memiliki kepedulian yang sangat besar terhadap isu-isu global. Melalui antologi ini, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk ikut berkontribusi dalam mewujudkan perdamaian di Palestina," imbuhnya.

Buku Sejuta Surat untuk Palestina terbagi menjadi enam bagian yang saling berkaitan, mengisahkan perjalanan emosional para kontributor dalam menyikapi isu genosida yang terjadi di Palestina. 

Mulai dari pilu mendalam atas situasi penderitaan warga sipil, angan, resistensi, harapan akan perdamaian, hingga komitmen untuk terus bersolidaritas untuk kemanusiaan.

“Setiap karya dalam antologi ini dipilih berdasarkan ketulusan pesannya, menjadi semangat yang menyala untuk terus berbicara bagi mereka yang tak bersuara, menggaungkan perdamaian dan menekankan komitmen untuk berdiri teguh menyerukan keadilan untuk Palestina dan semua umat manusia,” sebut Caron Toshiko, Gueari Galeri, tim Penyusun dari buku Sejuta Surat untuk Palestina.

Turut disokong oleh DDTV, proses kreatif dalam pengumpulan antologi ini dilakukan pada September 2024 melalui panggilan terbuka serta melalui sebuah kelas literasi bersama Santri Nulis, komunitas pegiat literasi, dan Syaikh Ibrahim Ali Hasan, tokoh dakwah asal Gaza, Palestina, yang diikuti oleh siswa dari tiga sekolah, yaitu Perguruan Islam Al Syukro Universal Tangerang Selatan, Madrasah Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Islamic Bilingual School Al Ikhlas Bekasi.

Para peserta kelas literasi yang merupakan murid sekolah dari mulai SD hingga SMA, mencurahkan karyanya dengan cara yang bervariasi. Selain menulis surat, ada yang menulis puisi bahkan membuat ilustrasi. Yang menarik, di samping indahnya mencurahkan buah pikiran dan perasaannya, mereka juga membuatnya sangat jujur dan berani khas anak-anak.

Dengan berbagai karya, para kontributor menggambarkan respons atas realitas pahit yang dialami masyarakat Palestina, sekaligus membayangkan masa depan yang lebih cerah. 

Melalui antologi ini, Dompet Dhuafa mengajak masyarakat luas untuk terus memberikan dukungan kepada Palestina dengan tujuan meningkatkan kesadaran publik tentang konflik kemanusiaan di Palestina, menginspirasi generasi muda untuk aktif berkontribusi dalam isu sosial, serta menggalang dukungan untuk Palestina.

Dompet Dhuafa menerbitkan buku Sejuta Surat untuk Palestina untuk terus mendorong semangat dan wujud perhatian warga negara dan bangsa Indonesia terhadap persoalan di Palestina. 

Hadirnya buku ini menjadi wadah positif dalam penyampaian aspirasi, gagasan, sudut pandang dan dukungan warga Indonesia, khususnya generasi penerus, untuk saudara-saudara di Palestina.

Mengutip kalimat dari salah satu surat dalam buku Sejuta Surat Untuk Palestina, Safiyya K. N., "Ini bukan soal ‘Tim Israel’ atau ‘Tim Palestina’, ini adalah soal kemanusiaan."

Tampak sampul depan (kanan) dan sampul belakang (kiri) buku Sejuta Surat untuk Palestina, sebuah antologi yang menghadirkan 75 karya terpilih berupa surat, puisi, ilustrasi dan foto.

Buku Sejuta Surat untuk Palestina bisa didapatkan seharga Rp 250.000,-, di mana seluruh hasil penjualannya akan didonasikan untuk bantuan kemanusiaan Palestina melalui Dompet Dhuafa.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai antologi Sejuta Surat untuk Palestina, silakan menghubungi via WhatsApp ke nomor Layanan Customer Care Dompet Dhuafa: 08111544006.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM

Minggu, 06 Oktober 2024 - 22:12 WIB

Selamat! Paus Fransiskus Angkat Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM Menjadi Kardinal

Jakarta-Dalam Doa Angelus Hari Minggu, 6 Oktober 2024, Bapa Suci Fransiskus mengumumkan pengangkatan kardinal-kardinal baru untuk pelbagai penjuru dunia.

Belanja di Mandalika dengan QRIS BRI

Minggu, 06 Oktober 2024 - 20:19 WIB

Intip Upaya BRI Memberdayakan UMKM Di Tengah Kesuksesan Perhelatan MotoGP Mandalika 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk turut mendukung penuh untuk mensukseskan perhelatan MotoGP Mandalika 2024, melalui pemberdayaan UMKM melalui event Lombok Sumbawa Nusantara Fair 2024 di…

Klinik hemodialisa di Gaza Utara.

Minggu, 06 Oktober 2024 - 19:38 WIB

Dompet Dhuafa Terus Komitmen Bangun Fasilitas Medical Point untuk Kebutuhan Masyarakat Palestina

Dompet Dhuafa berkomitmen membantu kebutuhan masyarakat Palestina. Terutama masyarakat Palestina seperti anak-anak, perempuan, dan mereka yang terlambat mendapatkan layanan kesehatan serta masyarakat…

Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan pergelaran Acara Hari Batik Nasional di Kota Kasablanka, Jakarta

Minggu, 06 Oktober 2024 - 19:21 WIB

Bangga Berbatik, Menperin Agus: Maju Terus Industri Batik Indonesia, Salam Canting...

Dalam rangka memeriahkan Hari Batik Nasional (HBN), Kementerian Perindustrian RI berkolaborasi dengan Yayasan Batik Indonesia menyelenggarakan Acara Hari Batik Nasional 2024 yang mengusung tema…

Merlynn Park Hotel Jakarta mempersembahkan acara istimewa bertajuk "Pesona Batik Indonesia."

Minggu, 06 Oktober 2024 - 18:00 WIB

Merlynn Park Hotel Sambut Hari Batik Nasional 2024 dengan Acara Pesona Batik Indonesia

Pesona Batik Indonesia digelar Merlynn Park Hotel menghadirkan serangkaian kegiatan menarik yang memadukan edukasi dengan hiburan, memberikan pengunjung kesempatan untuk memahami lebih dalam…