Dompet Dhuafa Jateng Perkuat Program Pemberdayaan dengan FEBI UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Oleh : Candra Mata | Minggu, 06 Oktober 2024 - 14:01 WIB

MoU Dompet Dhuafa Jawa Tengah dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto untuk memperluas manfaat dana zakat melalui program beasiswa Entrepreneur berbasis Kantin Kontainer.
MoU Dompet Dhuafa Jawa Tengah dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto untuk memperluas manfaat dana zakat melalui program beasiswa Entrepreneur berbasis Kantin Kontainer.

INDUSTRY.co.id - Purwokerto, Jawa Tengah — Dompet Dhuafa Jawa Tengah resmi menjalin kerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto untuk memperluas manfaat dana zakat melalui program beasiswa Entrepreneur berbasis Kantin Kontainer.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) berlangsung pada Selasa, 1 Oktober 2024, di ruang pertemuan FEBI, dihadiri oleh pimpinan kedua belah pihak dan perwakilan terkait.

 

Zaini Tafrikhan, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jateng, menjelaskan, “Kerjasama ini adalah tindak lanjut dalam pengelolaan Zakat Produktif dan pemberdayaan mahasiswa, terutama mahasiswa yang merupakan bagian dari 8 golongan asnaf yang berhak menerima Zakat. Kami berkomitmen mendorong mahasiswa untuk mandiri secara finansial.”

 

Program Beasiswa Entrepreneur ini telah dimulai sejak 2016, memberikan paket pemberdayaan ekonomi berupa kantin kontainer yang akan dikelola oleh 6-8 mahasiswa. Dompet Dhuafa akan menyediakan sarana dan prasarana dan pelatihan bagi pengelola kantin untuk meningkatkan keterampilan wirausaha sekala kantin.

 

Dr. Jamal Abdul Aziz, Dekan FEBI UIN Saizu, menyambut baik kerjasama ini. “Ini sejalan dengan upaya fakultas dalam mengembangkan filantropi Islam dan mendukung kesejahteraan mahasiswa kurang mampu. Kami berharap program ini dapat membantu mahasiswa menjadi lebih mandiri secara ekonomi.”

 

Setelah penandatanganan MoU, pembangunan Kantin Kontainer akan dilaksanakan dalam beberapa tahap, dan diharapkan dapat beroperasi pada akhir 2024, memberikan manfaat bagi mahasiswa dan penerima manfaat lainnya.

 

Perlu diketahui, Dompet Dhuafa Jateng telah memiliki portofolio program kantin kontainer di 4 Kampus; UIN Salatiga, UIN Walisongo Semarang, UIN Raden Mas Said Surakarta dan IAIN Kudus. UIN Saizu Purwokerto menjadi titik kelima untuk program pemberdayaan ekonomi di Jawa Tengah.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakrie saat membuka gelaran Fun Run and Walk HBN 2024

Minggu, 06 Oktober 2024 - 13:52 WIB

Buka Fun Run and Walk HBN 2024, Menperin Agus Padukan Batik dan Olahraga

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Yayasan Batik Indonesia (YBI) menggelar acara Fun Run and Walk di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta (6/10). Acara yang dibuka oleh Menteri Perindustrian…

gelaran Festival Syariah (FESyar) 2024

Minggu, 06 Oktober 2024 - 13:51 WIB

Paparkan Program Unggulan Berbasis ZISWAF, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Torehkan Prestasi Pada Gelaran FESyar 2024

Dompet Dhuafa Jawa Tengah kembali menunjukkan perannya sebagai lembaga pengelola zakat, infaq, shadaqah, dan wakaf (ZISWAF) terkemuka dengan mengikuti gelaran Festival Syariah (FESyar) 2024…

Dompet Dhuafa bersama Titimangsa menghadirkan teater musikal dengan tema Tanah yang Terpenjara (Kamis malam, 03/10).

Minggu, 06 Oktober 2024 - 13:37 WIB

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Sukses Gelar Pentas Teater tentang Palestina Pertama di Indonesia

Dompet Dhuafa bersama Titimangsa menghadirkan teater musikal dengan tema Tanah yang Terpenjara (Kamis malam, 03/10). Para pemain seperti Antasena Witular, Nadine Nadilla, Rizal Iwan, dengan…

Pembukaan pameran BSTARVERSE

Minggu, 06 Oktober 2024 - 13:12 WIB

Akhirnya! Pameran BSTARVERSE Resmi Digelar di Indonesia

Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba! The Fact Music Awards Exhibition BSTARVERSE, Singing the Stars (BSTARVERSE) resmi dibuka di Mal Taman Anggrek, Jakarta (27/9).

Founder OK Oce Sandiaga dan Ketua Umum, Sandiaga berharap kolaborasi dengan komunitas lainnya

Minggu, 06 Oktober 2024 - 12:06 WIB

Sandiaga : Gerak Bersama Adalah Soul Gerakan OK OCE

Gerakan sosial OK OCE terus mempererat kualitas hubungan antar Komunitas Penggerak.