Paparkan Program Unggulan Berbasis ZISWAF, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Torehkan Prestasi Pada Gelaran FESyar 2024

Oleh : Candra Mata | Minggu, 06 Oktober 2024 - 13:51 WIB

gelaran Festival Syariah (FESyar) 2024
gelaran Festival Syariah (FESyar) 2024

INDUSTRY.co.id - Semarang, Jawa Tengah - Dompet Dhuafa Jawa Tengah kembali menunjukkan perannya sebagai lembaga pengelola zakat, infaq, shadaqah, dan wakaf (ZISWAF) terkemuka dengan mengikuti gelaran Festival Syariah (FESyar) 2024 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. 

Setelah sebelumnya dinobatkan sebagai Juara 1 Lembaga ZISWAF Unggulan pada Festival Jateng Syariah (FAJAR) yang berlangsung di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) pada 11 Agustus 2024, Dompet Dhuafa Jawa Tengah kini melangkah ke tahap nasional dengan seleksi finalis se-Pulau Jawa.

FESyar 2024 merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Bank Indonesia sebagai upaya mendorong pembangunan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. 

Acara ini dirancang untuk menjadi katalisator pengembangan ekonomi berbasis syariah, dengan melibatkan berbagai mitra di tingkat daerah dan nasional. Pada tahun ini, 

FESyar diselenggarakan di Masjid Nasional Al-Akbar, Surabaya, dari tanggal 13 hingga 15 September 2024, dengan partisipasi lembaga-lembaga syariah terpilih dari berbagai provinsi di Pulau Jawa.

Zaini Tafrikhan, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah, menyatakan bahwa keterlibatan Dompet Dhuafa dalam FESyar ini merupakan bagian dari komitmen lembaga untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

"Partisipasi Dompet Dhuafa Jawa Tengah dalam gelaran event ini merupakan persembahan untuk para donatur yang telah membersamai kami dalam setiap langkah pengabdian. Penghargaan yang telah kami raih di FAJAR adalah hasil dari dukungan penuh para donatur," ungkap Zaini.

Dalam FESyar 2024, Dompet Dhuafa Jawa Tengah mempresentasikan berbagai program unggulannya yang telah terbukti sukses dalam membantu masyarakat dhuafa. Salah satu program yang menarik perhatian adalah Program Eduwisata Melon Premium yang berlokasi di Tegal. 

Program ini tidak hanya berfokus pada budidaya melon premium, tetapi juga menjadi destinasi agrowisata edukatif bagi masyarakat. Melalui program ini, Dompet Dhuafa Jawa Tengah berupaya meningkatkan pemberdayaan ekonomi bagi siswa-siswa SMK dengan mengajarkan mereka keterampilan pertanian modern.

Program unggulan lainnya adalah Beasiswa Entrepreneur Kantin Kontainer, sebuah program kewirausahaan yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa dhuafa untuk mengembangkan usaha mandiri di lingkungan kampus. 

Program ini telah berhasil diterapkan di empat kampus di Jawa Tengah dan telah diduplikasi di berbagai kampus lainnya di seluruh Indonesia. Inovasi ini tidak hanya memberikan dukungan finansial bagi mahasiswa, tetapi juga mendorong semangat kemandirian dan kewirausahaan di kalangan generasi muda.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MoU Dompet Dhuafa Jawa Tengah dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto untuk memperluas manfaat dana zakat melalui program beasiswa Entrepreneur berbasis Kantin Kontainer.

Minggu, 06 Oktober 2024 - 14:01 WIB

Dompet Dhuafa Jateng Perkuat Program Pemberdayaan dengan FEBI UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Dompet Dhuafa Jawa Tengah resmi menjalin kerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto untuk memperluas manfaat dana zakat melalui program…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakrie saat membuka gelaran Fun Run and Walk HBN 2024

Minggu, 06 Oktober 2024 - 13:52 WIB

Buka Fun Run and Walk HBN 2024, Menperin Agus Padukan Batik dan Olahraga

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Yayasan Batik Indonesia (YBI) menggelar acara Fun Run and Walk di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta (6/10). Acara yang dibuka oleh Menteri Perindustrian…

Dompet Dhuafa bersama Titimangsa menghadirkan teater musikal dengan tema Tanah yang Terpenjara (Kamis malam, 03/10).

Minggu, 06 Oktober 2024 - 13:37 WIB

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Sukses Gelar Pentas Teater tentang Palestina Pertama di Indonesia

Dompet Dhuafa bersama Titimangsa menghadirkan teater musikal dengan tema Tanah yang Terpenjara (Kamis malam, 03/10). Para pemain seperti Antasena Witular, Nadine Nadilla, Rizal Iwan, dengan…

Pembukaan pameran BSTARVERSE

Minggu, 06 Oktober 2024 - 13:12 WIB

Akhirnya! Pameran BSTARVERSE Resmi Digelar di Indonesia

Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba! The Fact Music Awards Exhibition BSTARVERSE, Singing the Stars (BSTARVERSE) resmi dibuka di Mal Taman Anggrek, Jakarta (27/9).

Founder OK Oce Sandiaga dan Ketua Umum, Sandiaga berharap kolaborasi dengan komunitas lainnya

Minggu, 06 Oktober 2024 - 12:06 WIB

Sandiaga : Gerak Bersama Adalah Soul Gerakan OK OCE

Gerakan sosial OK OCE terus mempererat kualitas hubungan antar Komunitas Penggerak.