Buka Fun Run and Walk HBN 2024, Menperin Agus Padukan Batik dan Olahraga

Oleh : Ridwan | Minggu, 06 Oktober 2024 - 13:52 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakrie saat membuka gelaran Fun Run and Walk HBN 2024
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakrie saat membuka gelaran Fun Run and Walk HBN 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Yayasan Batik Indonesia (YBI) menggelar acara Fun Run and Walk di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta (6/10).

Acara yang dibuka oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Ketua Umum Kadin Indonesia, Anindya Bakrie tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Batik Nasional (HBN) 2024. 

Acara ini diikuti oleh ratusan pegawai di lingkungan Kemenperin dan YBI.

Menperin Agus mengatakan, batik dan olahraga lari merupakan sebuah paduan yang cukup menarik, sehingga memiliki dua manfaat sekaligus.

"Saya kira batik dengan olahraga lari merupakan sebuah paduan yang menarik. Dalam hal ini, memadukan batik dan lari mampu melindungi dan melestarikan budaya nusantara, serta mengupayakan hidup sehat," jelas Menperin Agus.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya melestarikan batik sebagai budaya Indonesia. Menperin Agus menekankan dengan digelarnya acara ini, menggambarkan batik tidak hanya bisa dikenakan dalam acara-acara formal saja.

“Kita lihat juga bahwa batik tidak hanya terbatas untuk kegiatan-kegiatan kantor, resmi, kita juga bisa melakukan kegiatan yang tidak resmi, santai dengan menggunakan pakaian yang bermotif batik,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia, Anindya Bakrie menyambut baik upaya yang dilakukan Kemenperin bersama YBI dalam memperingati HBN 2024. 

"Saya bilang acara ini sangat bagus, mampu menghubungkan antara olahraga, budaya, industri, serta dunia usaha," terang Anindya Bakrie.

Dirinya menilai acara ini merupakan contoh kerja sama atau kolaborasi yang sangat baik. "Ini merupakan contoh, bukan hanya policy making yang dibutuhkan, tapi juga aktivasi di lapangan," ungkapnya.

Anindya Bakrie menilai kegiatan yang dilakukan oleh Kemenperin dan YBI ini banyak sekali manfaatnya. 

"Bukan hanya melestarikan budaya dan hidup sehat saja, ajang ini juga menjadi wadah silaturahmi antara pemangku kepentingan dan dunia usaha. Jadi, acara ini banyak sekali manfaatnya," tutup Anindya Bakrie.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MoU Dompet Dhuafa Jawa Tengah dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto untuk memperluas manfaat dana zakat melalui program beasiswa Entrepreneur berbasis Kantin Kontainer.

Minggu, 06 Oktober 2024 - 14:01 WIB

Dompet Dhuafa Jateng Perkuat Program Pemberdayaan dengan FEBI UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Dompet Dhuafa Jawa Tengah resmi menjalin kerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto untuk memperluas manfaat dana zakat melalui program…

gelaran Festival Syariah (FESyar) 2024

Minggu, 06 Oktober 2024 - 13:51 WIB

Paparkan Program Unggulan Berbasis ZISWAF, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Torehkan Prestasi Pada Gelaran FESyar 2024

Dompet Dhuafa Jawa Tengah kembali menunjukkan perannya sebagai lembaga pengelola zakat, infaq, shadaqah, dan wakaf (ZISWAF) terkemuka dengan mengikuti gelaran Festival Syariah (FESyar) 2024…

Dompet Dhuafa bersama Titimangsa menghadirkan teater musikal dengan tema Tanah yang Terpenjara (Kamis malam, 03/10).

Minggu, 06 Oktober 2024 - 13:37 WIB

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Sukses Gelar Pentas Teater tentang Palestina Pertama di Indonesia

Dompet Dhuafa bersama Titimangsa menghadirkan teater musikal dengan tema Tanah yang Terpenjara (Kamis malam, 03/10). Para pemain seperti Antasena Witular, Nadine Nadilla, Rizal Iwan, dengan…

Pembukaan pameran BSTARVERSE

Minggu, 06 Oktober 2024 - 13:12 WIB

Akhirnya! Pameran BSTARVERSE Resmi Digelar di Indonesia

Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba! The Fact Music Awards Exhibition BSTARVERSE, Singing the Stars (BSTARVERSE) resmi dibuka di Mal Taman Anggrek, Jakarta (27/9).

Founder OK Oce Sandiaga dan Ketua Umum, Sandiaga berharap kolaborasi dengan komunitas lainnya

Minggu, 06 Oktober 2024 - 12:06 WIB

Sandiaga : Gerak Bersama Adalah Soul Gerakan OK OCE

Gerakan sosial OK OCE terus mempererat kualitas hubungan antar Komunitas Penggerak.