Siloam Hospitals Mampang Bahas Penanganan Komprehensif Cedera Orthopedi pada Bincang Sehat

Oleh : Nina Karlita | Minggu, 06 Oktober 2024 - 00:20 WIB

Dua dokter spesialis ortopedi dari Siloam Hospitals Mampang, berbagi wawasan komprehensif mengenai strategi pemulihan yang efektif untuk cedera lutut dan tangan.
Dua dokter spesialis ortopedi dari Siloam Hospitals Mampang, berbagi wawasan komprehensif mengenai strategi pemulihan yang efektif untuk cedera lutut dan tangan.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Siloam Hospitals Mampang menggelar acara bincang sehat bertema "A-Z Penanganan Komprehensif Orthopedi dan Ekstremitas Atas & Bawah". 

Acara ini mengupas berbagai pendekatan komprehensif dalam menangani cedera dan penyakit orthopedi, melibatkan beragam disiplin ilmu medis guna mencapai pemulihan yang optimal bagi pasien.

Dua dokter spesialis orthopedi terkemuka, dr. Isa An Nagib, Sp.OT (K) FICS, dan dr. Aakash, M.Biomed, Sp.OT (K), hadir sebagai pembicara. Mereka memberikan pemahaman mendalam tentang strategi pemulihan cedera lutut dan tangan, serta memaparkan teknologi terbaru dalam penanganan kasus ortopedi.

Dr. Isa An Nagib, Sp.OT (K) FICS, Konsultan Sports Injury di Siloam Hospitals Mampang, menyoroti berbagai faktor yang dapat menyebabkan cedera lutut, termasuk aktivitas olahraga dengan intensitas tinggi dan proses penuaan. 

“Cedera lutut bisa terjadi karena berbagai faktor, baik cedera akibat aktivitas fisik atau non-cedera seperti infeksi dan penuaan. Pada atlet, risiko cedera lutut lebih tinggi, sedangkan pada orang tua, gejala pengapuran lebih sering muncul,” jelas dr. Isa.

Ia juga mengingatkan pentingnya kewaspadaan terhadap nyeri lutut. 

“Sering kali rasa sakit diabaikan hingga kondisi semakin parah. Teknologi medis saat ini memungkinkan penyembuhan lebih cepat jika cedera ditangani sejak dini,” tambahnya.

Dr. Isa memperkenalkan teknologi arthroscopy, metode bedah minimal invasif yang sangat efektif untuk menangani cedera lutut. 

“Arthroscopy hanya memerlukan luka operasi yang sangat kecil, kurang dari 1 cm, sehingga pemulihannya jauh lebih cepat,” ujarnya. 

Ia juga mengingatkan risiko cedera lutut yang lebih tinggi pada olahraga dengan gerakan meloncat, dan pentingnya pencegahan sejak awal.

Selain masalah pada lutut, dr. Aakash, M.Biomed, Sp.OT (K), Konsultan Hand, Upperlimb, dan Microsurgery, mengangkat isu cedera tangan, khususnya bagi mereka yang sering mengetik atau bermain game dalam waktu lama. 

“Peregangan tangan sangat penting untuk mencegah kondisi trigger finger dan kekakuan pada jari atau tangan lainnya. Mereka yang sering menggunakan tangan untuk aktivitas berulang seperti mengetik perlu lebih waspada,” jelasnya.

Dr. Aakash juga menyarankan peregangan pada lengan dan siku untuk menghindari cedera lebih lanjut. Menurutnya, teknologi arthroscopy juga dapat digunakan dalam operasi cedera tangan, memberikan manfaat pemulihan yang lebih cepat dan risiko komplikasi yang lebih rendah.

Kedua dokter tersebut menekankan bahwa prosedur arthroscopy di Siloam Hospitals Mampang sudah memenuhi standar internasional. 

"Kami menggunakan teknik operasi dan peralatan yang modern dan terus berkembang. Dengan teknologi ini, penanganan di sini tidak kalah dengan yang dilakukan di luar negeri," ungkap dr. Isa.

Siloam Hospitals Mampang juga memiliki tim medis yang terdiri dari berbagai spesialis, mulai dari bedah orthopedi, kedokteran olahraga, hingga fisioterapi dan psikologi olahraga. Kolaborasi lintas disiplin ini dirancang untuk memberikan penanganan komprehensif, memastikan setiap pasien mendapatkan pemulihan yang optimal dan cepat.

Acara bincang sehat ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penanganan dini terhadap cedera orthopedi, serta memperkenalkan teknologi dan layanan medis terbaik yang ditawarkan oleh Siloam Hospitals Mampang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

American Standard berpartisipasi dalam Jakarta Family Walk (JFWalk) 2024.

Minggu, 06 Oktober 2024 - 00:12 WIB

American Standard Dukung Kesehatan Keluarga di Jakarta Family Walk 2024

Dalam JFWalk 2024, American Standard bersama sponsor lainnya juga menyediakan berbagai fasilitas dan aktivitas yang mendukung pengalaman menyenangkan bagi keluarga.

26 Tahun Bank Mandiri adaftif dan solutif

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 21:41 WIB

HUT ke-26 Bank Mandiri: Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk menghadirkan kemudahan, kenyamanan, dan pengalaman perbankan yang lebih personal. Mengusung tema…

Pembeli membayar dengan QRIS BRImo

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 20:01 WIB

Melalui Pemberdayaan, BRI Angkat Potensi Klaster Buah Kelengkeng di Tuban

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung sektor pertanian melalui pemberdayaan klaster buah kelengkeng di Tuban, Jawa Timur. Upaya ini merupakan…

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Prabu Revolusi

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 19:54 WIB

Tingkat Kepuasan Publik Terhadap Jokowi Meningkat, Dirjen IKP: Terima Kasih Presiden Jokowi

Jakarta- Selama sepuluh tahun kepemimpinannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai cukup berhasil melakukan pendekatan pembangunan yang dikenal sebagai Indonesia-sentris.

Direktur Utama BRI Sunarso saat perayaan HUT BRI ke 129 Tahun

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 19:49 WIB

Kick Off Semarak HUT 129 BRI, Usung Tema Brilian dan Cemerlang

Sebagai awal rangkaian perayaan ulang tahun yang akan jatuh pada 16 Desember 2024 mendatang, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk secara resmi mengadakan Kick-Off HUT ke-129 di Kantor Pusat…