Keren! Transformasi DPP Bersathu Bawa Perubahan Positif, Gandeng Tokoh Penting dalam Meningkatkan Layanan Haji dan Umrah

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 04 Oktober 2024 - 19:42 WIB

Transformasi DPP Bersathu: Menggandeng Tokoh Penting untuk Meningkatkan Layanan Haji dan Umrah
Transformasi DPP Bersathu: Menggandeng Tokoh Penting untuk Meningkatkan Layanan Haji dan Umrah

INDUSTRY.co.id, Jakarta-DPP Bersathu kembali melakukan gebrakan yang luar biasa dengan melakukan rekonstruksi menghadirkan para tokoh-tokoh penting di dalam kepengurusan di Dewan Pimpinan Pusat DPP Bersathu. Nampak di dalam jajaran struktur kepengurusan Ketua Dewan Penasehat, ada beberapa tokoh-tokoh nasional.

Di antaranya H. Cheppy Wahyu Hidayat sebagai Ketua Dewan Pembina, Prof. Dr. H Deding Ishak SH sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina I, Prof. Dr. H Yuddy Chrisnandi SH, SE, MM sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina II, Letjen TNI (Purn) H. Dr Anton Nugroho, M.M.D, M.A selaku Ketua Dewan Kehormatan, Marsma TNI (Purn) Dr. Drs. Bastari Rajatihang S.H, M.H, M.Pd, M.Sc, M.Si (Han) sebagai Ketua Dewan Penasehat, dan Irjend (Purn) Dr. Said Saile, M.Si selaku Wakil Ketua I Dewan Penasehat. Ada pun pimpinan pusat, tiga pimpinan penting pimpinan pusat, yaitu Wawan Suhada sebagai Ketua Umum, Mohammad Faried Al Jawi selaku Ketua Harian, dan Rizky Sembada sebagai Sekretaris Jendral.

Alasan menggandeng tokoh-tokoh penting yang tidak lazim di dalam kepengurusan asosiasi penyelenggara Haji dan Umroh, Rizky Sembada selaku Sekjen Bersathu mengatakan “Bersathu ini insyaAllah bertekad mengkolaborasikan antara para pemangku kebijakan untuk menjadi penghubung poros tengah dengan para pelaku usaha. Dengan begitu dapat lebih memudahkan dalam melakukan bargaining antara asosiasi dengan pemerintah Indonesia maupun Saudi Arabia sebagai negara tujuan penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.”

Bersathu mengakomodir, membawa, mengawal, menggandeng, serta memberikan pendampingan bagi para penyelenggara travel dalam keamanan transaksional dan dalam bermuamalah. Sehingga dapat mencegah terjadinya kasus penipuan dalam transaksi penyediaan kebutuhan yang berkaitan dengan ekosistem travel, wisata, dan haji, dan umroh, seperti tiket pesawat, Land Arrangement, kamar hotel dll.

Ketua Umum Bersathu Wawan Suhada dalam pelantikan DPP menyampaikan harapan agar pengurus yang baru dilantik dapat membawa perubahan positif.

"DPP yang baru saja dilantik tentunya menjadi semangat baru untuk kinerja kami ke depan pada berbagai program kerja yang sudah kita siapkan. Saat ini yang menjadi fokus kami yaitu advokasi dan juga edukasi, Alhamdulillah saat ini ada 135 anggota kami hampir sekitar 60% sudah sebagai PPU Penyelenggara Ibadah Umroh dan insya Allah mereka akan terus kita upgrade untuk menjadi PHK yaitu Penyelenggara Ibadah Haji Khusus. Kemudian apabila anggota kami ada yang melanggar hukum pastinya akan mendapatkan atau berhadapan dengan sanksi-sanksi yang sesuai dengan undang-undang tersebut dan tidak segan-segan kami keluarkan dari keanggotaan.  Termasuk mengenai penggunaan kuota selain haji ketika musim haji dan dilarang pemerintah.  Kami berkomitmen untuk menegakkan aturan.” ujar H. Wawan Suhada saat ditemui usai melakukan pelantikan.

DPP Bersathu menggandeng mitra kerja yaitu transaksi bank syariah saat ini ada dengan Bank Danamon Syariah dan juga Bank Syariah Indonesia. Kemudian juga menggandeng mitra assurance yaitu Askrida Syariah dan juga Zurich untuk memberikan pelayanan rasa aman dan nyaman bagi seluruh customer baik Internasional Tour pariwisata maupun jamaah-jamaah haji dan umroh Indonesia.

“Saat ini umroh dan haji sudah menjadi sebuah industri. Menjadi sangat penting bahwa travel agent yang terdaftar anggota kami adalah travel yang memiliki izin dari pemerintah, karena penyelenggaraan ibadah haji dan umroh merupakan sebuah ekosistem yang menyangkut berbagai pihak mulai dari dalam negeri maupun di Saudi Arabia. Maka, kalau kita tidak edukasi secara detail banyak celah-celah yang bisa menimbulkan permasalahan salah satunya penipuan.” Kata Ketua Harian Bersathu Mohammad Faried Al Jawi.

DPP Bersathu juga menggandeng televisi berita nomor satu di Indonesia yaitu tvOne dengan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU). “Mudah-mudahan dengan Bersathu dan tvOne masyarakat makin cerdas memilih mana yang baik dan benar, juga ekosistem haji dan umroh dapat tertata dengan baik kedepannya.” Kata Faried.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Faried, Maria Goretti Limi, selaku Direktur Bisnis, Marketing/Sales & Programming tvOne menyampaikan “tvOne punya tayangan religi Damai Indonesiaku yang tayang setiap Sabtu & Minggu, Damai Indonesiaku hadir turun langsung ke masjid-masjid di seluruh Indonesia. Kemudian ada program Kabar Haji yang tayang di musim haji. Melalui program-progam ini tvOne berkolaborasi dengan Bersathu untuk memberikan informasi-informasi terkini seputar haji, juga memberikan edukasi ke pada masyarakat.”

Bersathu juga menjadi wadah edukasi bagi travel agent dan masyarakat tentang perkembangan regulasi-regulasi haji dan umroh di Indonesia maupun Saudi Arabia. Serta menyampaikan informasi tentang destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia untuk dipopulerkan ke mancanegara, sehingga menjadi wisata destinasi internasional. Kedepannya Bersathu berharap bisa menjadi penaung atau rumah besar bagi seluruh penyelenggara travel pariwisata dan juga travel haji umroh di seluruh Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Himpunan Kawasan industri Sanny Iskandar

Jumat, 04 Oktober 2024 - 22:13 WIB

Ketum HKI: Indonesia Masih Jadi Magnet Investasi yang Sangat Baik

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI), Sanny Iskandar optimis Indonesia masih memiliki potensi yang cukup baik untuk investasi, meski saat ini investor asing sedikit waspada dikarenakan…

Daewongg bersama ITB resmikan Lab DDS, hadirkan inovasi teknologi dan talenta farmasi Indonesia

Jumat, 04 Oktober 2024 - 21:56 WIB

Daewoong dan ITB Luncurkan Lab DDS: Hadirkan Inovasi Mutakhir bagi Teknologi dan Talenta Farmasi Indonesia

Daewoong meresmikan Daewoong Drug Delivery System (DDS) Research Institute yang bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Peresmian ini dilakukan dalam acara peringatan Dies…

Dialog FMB9: Indonesia-Sentris dan Dekat dengan Rakyat, Jokowi Raih 75,5% Kepuasan Publik,menghadirkan narasumber: Prabu Revolusi, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI (kanan)dan Ignatius Kristanto, General Manager Litbang Kompas (kiri)

Jumat, 04 Oktober 2024 - 21:53 WIB

Indonesia-Sentris dan Dekat dengan Rakyat, Jokowi Raih 75,5% Kepuasan Publik

Jakarta, FMB9 - Selama sepuluh tahun kepemimpinannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai cukup berhasil melakukan pendekatan pembangunan yang dikenal sebagai Indonesia-sentris.

MR DIY tegaskan komitmennya menjadi solusi utama bagi keluarga Indonesia akan pengalaman belanja Hemat, Lengkap, dan Dekat denga mengkampanyekan 'Ada Aja Idenya'

Jumat, 04 Oktober 2024 - 21:38 WIB

Pemimpin Ritel Rumah Tangga, MR.DIY Luncurkan Kampanye ‘Ada Aja Idenya’ Untuk Permudah Masyarakat Berbelanja

MR.DIY sebagai pemimpin ritel peralatan rumah tangga terbesar dengan pertumbuhan tercepat, menegaskan komitmennya menjadi solusi utama bagi keluarga Indonesia akan pengalaman belanja Hemat,…

Direktur Keuangan IFG Heru Handayanto (kiri) dan Senior Vice President Government & Institutional II Bank Mandiri M. Wisnu Trihanggodo (kanan) saat menandatangani Perjanjian Kerjasama Layanan Mandiri Notional Pooling. Penandatanganan tersebut bertujuan untuk meningkatkan performa keuangan antar anggota holding IFG, serta memperkuat sinergi antar BUMN.

Jumat, 04 Oktober 2024 - 20:40 WIB

Wujudkan Optimalisasi Pengelolaan Likuiditas antar Perusahaan, IFG Gandeng Bank Mandiri melalui Layanan Mandiri Notional Pooling

Jakarta– Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Penjaminan dan Investasi berkomitmen untuk mendorong optimalisasi pengelolaan likuiditas perusahaan-perusahaan di dalam ekosistem…