Ajinomoto Kampanyekan Konsep Bijak Garam untuk Hidup Sehat dan Panjang Umur

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 04 Oktober 2024 - 13:17 WIB

Ajinomoto Indonesia giat mengkampanyekan konsep Bijak Garam.
Ajinomoto Indonesia giat mengkampanyekan konsep Bijak Garam.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Grup Ajinomoto Indonesia terus menggiatkan kampanye Bijak Garam, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mendorong masyarakat Indonesia menerapkan gaya hidup sehat dan memperpanjang harapan hidup. 

Kampanye ini menjadi bagian dari program Ajinomoto Health Provider, yang menawarkan solusi sederhana namun efektif untuk mengurangi konsumsi garam dalam kehidupan sehari-hari tanpa mengorbankan cita rasa makanan.

Konsep Bijak Garam berfokus pada pengurangan penggunaan garam dengan menambahkan sedikit MSG (monosodium glutamat) dalam masakan. Dengan cara ini, masakan tetap lezat meski kandungan garam berkurang. Salah satu inovasi yang mendukung kampanye ini adalah peluncuran produk Masako Light, yang memiliki kadar garam lebih rendah dibandingkan produk serupa.

Spesialis gizi klinik, dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K, menjelaskan bahwa konsumsi garam berlebih dapat menjadi pemicu utama hipertensi, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. 

"Berdasarkan data Kemenkes RI tahun 2023, angka kematian akibat penyakit kardiovaskular di Indonesia masih sangat tinggi, sekitar 650.000 jiwa per tahun. Penyebabnya termasuk usia, genetik, obesitas, dan penyakit metabolik seperti hipertensi dan kolesterol tinggi. Membatasi asupan garam adalah langkah penting dalam mencegah risiko serangan jantung," ungkapnya.

Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada bulan September, dr. Yohan mengajak masyarakat untuk aktif berolahraga, serta mengontrol konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL). Ia menekankan pentingnya memasak makanan rumahan dan mengurangi konsumsi makanan kemasan yang sering mengandung garam tersembunyi. 

"Penggunaan MSG sebagai penguat rasa dapat membantu mengurangi asupan garam hingga lebih dari 30% tanpa mengurangi kelezatan makanan," tambahnya.

Eurli Prameswari, Head of Sauce & Seasoning Department PT Ajinomoto Indonesia, menyatakan bahwa kampanye Bijak Garam merupakan bentuk kontribusi Ajinomoto untuk mendukung pola hidup sehat masyarakat. 

"Dengan mengurangi setengah penggunaan garam dan menggantinya dengan MSG, kita sudah mulai menerapkan Bijak Garam dalam menu harian. Misalnya, dalam memasak sup ayam, cukup gunakan 1 sdt garam dan ½ sdt MSG untuk tetap menjaga rasa," jelas Eurli.

Memperingati Hari Jantung Sedunia, Ajinomoto berkolaborasi dengan Yayasan Jantung Indonesia dalam acara Senam Jantung Sehat, pemeriksaan kesehatan, dan edukasi mengenai konsep Bijak Garam. 

Selain itu, Ajinomoto juga berpartisipasi dalam Garmin Run Indonesia 2024 melalui brand aminoVITAL, untuk mendorong masyarakat hidup sehat dengan olahraga teratur dan pemulihan yang seimbang.

Informasi lengkap tentang kampanye Bijak Garam dapat diakses melalui situs web Ajinomoto dan platform Dapur Umami, yang menyediakan berbagai resep rendah garam untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 04 Oktober 2024 - 13:43 WIB

Gaungkan Transformasi Teknologi, Kemenperin Luncurkan Batik Motif Indonesia 4.0

Kementerian Perindustrian secara resmi telah meluncurkan batik motif Indonesia 4.0 dalam rangka memperingati enam tahun pelaksanaan program Making Indonesia 4.0 dan Hari Batik Nasional (HBN)…

Peluncuran dan diskusi buku Batik Berkelanjutan: Rantai Pasok Industri 4.0

Jumat, 04 Oktober 2024 - 13:39 WIB

Lewat Transformasi Industri 4.0, Kemenperin Dorong Industri Batik Lebih Efisien

Batik menjadi salah satu komoditas industri tekstil dan pakaian jadi yang menjadi identitas warisan dan kekayaan budaya bangsa. Batik juga digadang-gadang memberikan prospek cerah pada perekonomian…

Kodim 1805/Raja Ampat gelar kegiatan TMMD ke-122 pembangunan jalan sepanjang 600 meter dengan lebar 6 meter menjadi salah satu fokus utama. Jalan tersebut menghubungkan titik nol Kampung Saporkren dengan Ujung Kampung. Selain itu, dibangun juga satu unit rumah layak huni (RLH) berukuran 8 x 7 meter dan sebuah rumah baca berukuran 10 x 4 meter.

Jumat, 04 Oktober 2024 - 12:42 WIB

TMMD Ke-122 Kodim 1805/Raja Ampat Bangun Jalan dan Rumah Bacaan di Kampung Saporkren Distrik Waigeo Selatan

Komando Distrik Militer (Kodim) 1805/Raja Ampat meluncurkan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 di Kampung Saporkren, Distrik Waigeo Selatan, pada Kamis (3/10/2024). Program ini bertujuan…

Ilustrasi industri TPT

Jumat, 04 Oktober 2024 - 10:59 WIB

Simak, Sederet Upaya Menperin Agus Pacu Kinerja Industri TPT

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menilai penguatan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten menjadi salah satu strategi untuk memulihkan kembali kinerja industri tekstil dan produk tekstil…

Plt. Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Reni Yanita

Jumat, 04 Oktober 2024 - 10:48 WIB

Kemenperin Dorong Pemanfaatan Obat Berbahan Alam (Fitofarmaka) untuk Kesehatan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mendorong pemanfaatan Fitofarmaka atauĀ obat berbahan alam yang telah teruji secara klinisĀ di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes)…