Jelang Sumpah Pemuda, Menpora Dito Ariotedjo Luncurkan Bulan Pemuda 2024

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 04 Oktober 2024 - 12:56 WIB

Peluncuran Bulan Pemuda 2024 di kantor Kemenpora (3/10/2024).
Peluncuran Bulan Pemuda 2024 di kantor Kemenpora (3/10/2024).

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, secara resmi meluncurkan Bulan Pemuda 2024 di Auditorium Wisma Graha Kemenpora RI pada Kamis (3/10/2024).

Peluncuran ini menandai dimulainya berbagai kegiatan kepemudaan yang akan berlangsung hingga puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) pada 28 Oktober mendatang.

"Alhamdulillah, hari ini kita telah meluncurkan kembali Bulan Pemuda. Menjelang 28 Oktober, Kemenpora akan mengisi bulan ini dengan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan anak muda dan olahraga," kata Menpora Dito dalam sambutannya.

Menpora Dito berharap Bulan Pemuda 2024 dapat berjalan lancar dan seluruh program kepemudaan yang digelar selama sebulan ini dapat tepat sasaran. Menurutnya, program-program ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia di masa depan.

Kegiatan yang diadakan selama Bulan Pemuda tidak hanya berlangsung di Jakarta, tetapi juga di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Menpora Dito menjelaskan bahwa logo dan tema peringatan HSP 2024 akan diluncurkan dalam minggu ini, agar dapat digunakan seragam di seluruh wilayah Indonesia.

"Temanya akan kami launching pada minggu ini agar semua daerah bisa seragam dalam merayakan HSP," tambah Menpora Dito.

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Raden Isnanta, turut menyampaikan harapannya agar semua pihak terkait dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. 

"Kami akan segera mengedarkan informasi ini ke seluruh provinsi dan kementerian/lembaga agar mereka turut berperan serta," ujarnya.

Organisasi kepemudaan juga diharapkan dapat menyebarluaskan informasi terkait Bulan Pemuda agar kegiatan ini meriah dan melibatkan semua lapisan pemuda di seluruh Indonesia. 

"Kami berharap Bulan Pemuda ini benar-benar menjadi momen yang masif dan menyentuh seluruh pemuda," imbuh Deputi Isnanta.

Puncak peringatan HSP tahun ini akan diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Kemenpora sedang mempersiapkan penyelenggaraannya sesuai dengan arahan Menpora.

Acara peluncuran Bulan Pemuda ini juga dihadiri oleh peserta Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Turut hadir dalam acara tersebut para pejabat eselon I dan II Kemenpora RI, perwakilan organisasi kepemudaan, serta mitra program MSIB.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 04 Oktober 2024 - 13:43 WIB

Gaungkan Transformasi Teknologi, Kemenperin Luncurkan Batik Motif Indonesia 4.0

Kementerian Perindustrian secara resmi telah meluncurkan batik motif Indonesia 4.0 dalam rangka memperingati enam tahun pelaksanaan program Making Indonesia 4.0 dan Hari Batik Nasional (HBN)…

Peluncuran dan diskusi buku Batik Berkelanjutan: Rantai Pasok Industri 4.0

Jumat, 04 Oktober 2024 - 13:39 WIB

Lewat Transformasi Industri 4.0, Kemenperin Dorong Industri Batik Lebih Efisien

Batik menjadi salah satu komoditas industri tekstil dan pakaian jadi yang menjadi identitas warisan dan kekayaan budaya bangsa. Batik juga digadang-gadang memberikan prospek cerah pada perekonomian…

Kodim 1805/Raja Ampat gelar kegiatan TMMD ke-122 pembangunan jalan sepanjang 600 meter dengan lebar 6 meter menjadi salah satu fokus utama. Jalan tersebut menghubungkan titik nol Kampung Saporkren dengan Ujung Kampung. Selain itu, dibangun juga satu unit rumah layak huni (RLH) berukuran 8 x 7 meter dan sebuah rumah baca berukuran 10 x 4 meter.

Jumat, 04 Oktober 2024 - 12:42 WIB

TMMD Ke-122 Kodim 1805/Raja Ampat Bangun Jalan dan Rumah Bacaan di Kampung Saporkren Distrik Waigeo Selatan

Komando Distrik Militer (Kodim) 1805/Raja Ampat meluncurkan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 di Kampung Saporkren, Distrik Waigeo Selatan, pada Kamis (3/10/2024). Program ini bertujuan…

Ilustrasi industri TPT

Jumat, 04 Oktober 2024 - 10:59 WIB

Simak, Sederet Upaya Menperin Agus Pacu Kinerja Industri TPT

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menilai penguatan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten menjadi salah satu strategi untuk memulihkan kembali kinerja industri tekstil dan produk tekstil…

Plt. Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Reni Yanita

Jumat, 04 Oktober 2024 - 10:48 WIB

Kemenperin Dorong Pemanfaatan Obat Berbahan Alam (Fitofarmaka) untuk Kesehatan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mendorong pemanfaatan Fitofarmaka atauĀ obat berbahan alam yang telah teruji secara klinisĀ di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes)…