Jalankan Kesepakatan Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie, Kadin Indonesia Persiapkan Munas IX

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 03 Oktober 2024 - 22:47 WIB

Kadin bersiap menggelar Munas IX.
Kadin bersiap menggelar Munas IX.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar rapat konsolidasi dengan 238 Anggota Luar Biasa (ALB) pada 3 Oktober 2024 untuk memperkuat koordinasi dan persiapan menuju Musyawarah Nasional (Munas) IX Kadin. 

Rapat konsolidasi ini menegaskan komitmen Dewan Pengurus Kadin Indonesia untuk menjalankan kesepakatan antara Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, dengan Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya Bakrie, dan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, dalam pertemuan yang digelar pada Jumat 27 September 2024.

Wakil Ketua Umum Bidang Asosiasi dan Himpunan Kadin Indonesia, Wisnu W Pettalolo, menjelaskan bahwa ada kesepakatan yang telah dibuat antara Arsjad Rasjid, Anindya Bakrie dan Bahlil Lahadalia untuk mencari solusi atas dinamika di internal Kadin Indonesia. 

Dimana di antaranya, telah sepakat untuk mengadakan Musyawarah Nasional. Kesepakatan tersebut juga dibuat untuk menjaga marwah organisasi Kadin Indonesia sesuai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 (UU Kadin) dan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 18 Tahun  2022 tentang Perubahan  AD/ART Kadin Indonesia.

“Di tengah dinamika internal yang saat ini berlangsung, Kadin Indonesia berkomitmen menjalankan kesepakatan yang telah ditandatangani bersama pada 27 September 2024 tersebut. Kesepakatan ini bertujuan untuk menjaga integritas organisasi dan memastikan keberlanjutan Kadin Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah dalam perekonomian,” kata Wisnu.

Sesuai kesepakatan tersebut,  solusi atas dinamika di Kadin adalah menggelar Munas setelah pelantikan presiden terpilih, Prabowo Subianto. Untuk waktu dan tempat pelaksanaan Munas disesuaikan dengan arahan pemerintah. 

“Jadi, sesuai dengan kesepakatan, pergantian kepengurusan Kadin Indonesia akan terjadi setelah pelaksanaan dan keputusan Munas,” imbuh Wisnu.    

Menurut Wisnu, Kadin di tingkat pusat maupun daerah akan terus fokus menjadi mitra strategis pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

“Dengan soliditas dan kebersamaan, Kadin siap bergotong royong menghadapi tantangan ekonomi mendatang demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” ujar Wisnu.

Wisnu mengatakan bahwa pertemuan ini untuk memastikan seluruh ALB siap berpartisipasi dan dapat menggunakan hak suaranya dalam Munas. 

Sebagai informasi tambahan, saat ini Kadin Indonesia sebagai wadah satu-satunya organisasi dunia usaha nasional menaungi 238 Anggota Luar Biasa (ALB) yang merupakan perwakilan asosiasi, himpunan, gabungan, dan ikatan.

Dalam pelaksanaan Munas IX nantinya, jumlah peserta ALB yang melakukan konvensi akan diwakilkan oleh 30 ALB dari 15 klaster sektor industri dan jasa.

“Ke dua, saat presiden terpilih menetapkan waktu pelaksanaan Munas, seluruh proses dan persiapan ALB sudah siap sepenuhnya. Ini memastikan bahwa Munas akan berjalan sesuai rencana dan mematuhi ketentuan yang berlaku dalam organisasi,” kata Wisnu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RANS Nusantara Hebat hadirkan pengalaman kuliner dengan konsep menarik di BSD City.

Jumat, 04 Oktober 2024 - 00:01 WIB

Rans Nusantara Hebat, Destinasi Kuliner dan Hiburan Seru di BSD City

Tidak hanya sekadar tempat makan, Rans Nusantara Hebat juga menjadi ruang bagi para pelaku UKM dan mendukung ekonomi kreatif lewat berbagai hiburan menarik setiap harinya.

Dukung peranan wanita di lingkungan kerja, Klinik Pertamina IHC resmi melantik 12 perempuan tangguh yang tergabung dalam Duta Pertiwi.

Kamis, 03 Oktober 2024 - 23:34 WIB

PERTIWI, Perempuan Tangguh di Klinik Pertamina IHC Siap Wujudkan Lingkungan Kerja Inklusif

Klinik Pertamina IHC mendukung penuh peran perempuan di lingkungan kerja. Hari ini, Duta PERTIWI (Perempuan Pertamina Tangguh Inspiratif Wibawa Independen) di Klinik Pertamina IHC dilantik dan…

"Bincang-Bincang Bersama Duta Baca Indonesia" di Banda Aceh.

Kamis, 03 Oktober 2024 - 23:21 WIB

Dinas Perpustakaan Aceh dan Duta Baca Indonesia Serukan Peran Literasi Digital

Membaca adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun literasi dan mencerdaskan generasi muda,

(Ki-ka) Aliang Sumitro, Head Wealth Management Maybank Indonesia dan Romy Buchari, Direktur Perbankan Syariah Maybank Indonesia tampak sedang menjelaskan pengembangan dan inovasi dalam rangka memperkuat layanan Maybank Shariah Wealth Management. Kehadiran pengelolaan kekayaan ini menjadi bentuk perwujudan Maybank Indonesia dalam mendukung pertumbuhan perbankan syariah dengan menghadirkan solusi finansial cerdas dan komprehensif, termasuk berbagai layanan dan produk yang mengakomodasi kebutuhan masya

Kamis, 03 Oktober 2024 - 23:10 WIB

Inovasi Wealth Management Berbasis Syariah dari Maybank Indonesia

Jakarta– PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) terus melakukan inovasi dan pengembangan untuk memperkuat solusi pengelolaan kekayaan Maybank Shariah…

Juru bicara Mercer Marsh Benefits: Douglas Ure, Presiden Direktur Marsh Indonesia dan CEO Marsh McLennan Indonesia Ria Ardiningtyas, Head of Consulting and Analytics, Mercer Marsh Benefits Indonesia

Kamis, 03 Oktober 2024 - 22:55 WIB

Beginilah Tolok Ukur Biaya Rumah Sakit di Indonesia Menurut Laporan Mercer Marsh Benefits

Jakarta- Douglas Ure, Presiden Direktur Marsh Indonesia dan CEO Marsh McLennan Indonesia dan Ria Ardiningtyas, Head of Consulting and Analytics, Mercer Marsh Benefits Indonesia, pada Kamis (3/10/2024),…