Menko Airlangga Beberkan Upaya Pemerintah Menjaga Ekonomi Masyarakat Kelas Menengah

Oleh : Candra Mata | Kamis, 03 Oktober 2024 - 20:41 WIB

Menkoperekonomian Airlangga Hartarto
Menkoperekonomian Airlangga Hartarto

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Jelang penghujung satu dekade kepemimpinan Presiden Joko Widodo, perekonomian nasional yang dinahkodai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto terus menunjukkan penguatan melalui berbagai capaian, meski diliputi dengan ekskalasi ketidakpastian global akibat Covid-19, ketegangan konflik geopolitik di Timur Tengah, hingga kondisi pelambatan ekonomi global.

Pertumbuhan ekonomi yang stabil pada kisaran 5% (yoy) dan inflasi yang terkendali menjadi salah satu indikasi stabilitas perekonomian nasional tersebut.

Sejumlah indikator makro juga terus mengalami kemajuan seiring dengan berbagai kebijakan yang diterapkan Pemerintah, mulai dari menurunnya kemiskinan ekstrem pada tahun 2014 sekitar 6,18% menjadi sebesar 0,83% pada tahun 2024, meningkatnya jumlah penduduk yang bekerja dari bulan Februari 2014 yang hanya sekitar Rp118,2 juta menjadi Rp142,18 juta pada bulan Februari 2024, hingga meningkatnya cadangan devisa dari tahun 2014 yang sebesar Rp100 miliar menjadi Rp150 miliar pada tahun 2024.

“Dalam menghadapi berbagai tantangan, utamanya Covid-19, yang pertama respons Pemerintah dalam hal ini kabinet dipimpin Pak Presiden cepat dan fleksibel, lentur. Nah, salah satunya contohnya kan kita di awal Covid-19 langsung kita persiapkan yang namanya Perpu Nomor 1 atau Undang-Undang Nomor 2. Itu yang membuka defisit anggaran dan juga tingkat presentasi terhadap utang dan juga adjustment terhadap kebijakan anggaran di mana 2021-2022 kita sediakan anggaran untuk pemulihan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Menko Airlangga pada Rabu (30/09).

Selanjutnya, Menko Airlangga menuturkan bahwa perkembangan perekonomian nasional akan terus didorong kian optimal hingga akhir tahun 2024 agar target pertumbuhan ekonomi dapat tercapai. Kebijakan yang dianggap bisa menopang pertumbuhan salah satunya pemberian insentif bagi sektor kelas menengah, seperti insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) atas pembelian rumah dan kendaraan berbasis listrik. Hal tersebut mengingat properti dan otomotif merupakan produk pembelian terbesar yang dikonsumsi oleh masyarakat kelas menengah.

Selain insentif tersebut, kebijakan lain yang diberikan Pemerintah bagi masyarakat kelas menengah seperti subsidi energi, subsidi listrik, jaminan kesehatan melalui kepesertaan pada BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja, hingga insentif pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). Selain itu, Pemerintah juga berupaya mendorong UMKM sebagai bagian dari kelas menengah agar lebih terdongkrak yakni melalui kebijakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan tingkat bunga yang rendah.

Ke depan, Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa sejumlah program strategis akan dilakukan Pemerintah untuk mempersiapkan pencapaian target pertumbuhan ekonomi jangka panjang menuju tahun 2045, seperti mendorong transisi energi yang telah disiapkan Pemerintah mulai dari hydropower, pengembangan lanjutan dari geothermal, hingga pengembangan solar panel. Selanjutnya, digitalisasi juga dinilai Pemerintah menjadi pengungkit perekonomian dengan menyumbang potensi ekonomi digital pada tahun 2030 hingga USD 300 miliar.

“Tentu kalau kita lihat infrastruktur kita sudah bangun tetapi infrastruktur itu belum selesai artinya kita baru bangun backbone-nya sedangkan pertumbuhan itu membutuhkan ruas- ruas di sampingnya atau fishbone-nya nah fishbone-nya ini belum tersambung, nah ini harus dilanjutkan. Nah, sekarang itu dalam APBN ke depan akan disiapkan Inpres-nya sehingga Inpres-nya akan mempercepat ini, kalau ini cepat tersedia maka produktivitas akan meningkat, pada saat produktivitas meningkat tentu pertumbuhan ekonomi akan menjadi oke,” pungkas Menko Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(Ki-ka) Aliang Sumitro, Head Wealth Management Maybank Indonesia dan Romy Buchari, Direktur Perbankan Syariah Maybank Indonesia tampak sedang menjelaskan pengembangan dan inovasi dalam rangka memperkuat layanan Maybank Shariah Wealth Management. Kehadiran pengelolaan kekayaan ini menjadi bentuk perwujudan Maybank Indonesia dalam mendukung pertumbuhan perbankan syariah dengan menghadirkan solusi finansial cerdas dan komprehensif, termasuk berbagai layanan dan produk yang mengakomodasi kebutuhan masya

Kamis, 03 Oktober 2024 - 23:10 WIB

Inovasi Wealth Management Berbasis Syariah dari Maybank Indonesia

Jakarta– PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) terus melakukan inovasi dan pengembangan untuk memperkuat solusi pengelolaan kekayaan Maybank Shariah…

Juru bicara Mercer Marsh Benefits: Douglas Ure, Presiden Direktur Marsh Indonesia dan CEO Marsh McLennan Indonesia Ria Ardiningtyas, Head of Consulting and Analytics, Mercer Marsh Benefits Indonesia

Kamis, 03 Oktober 2024 - 22:55 WIB

Beginilah Tolok Ukur Biaya Rumah Sakit di Indonesia Menurut Laporan Mercer Marsh Benefits

Jakarta- Douglas Ure, Presiden Direktur Marsh Indonesia dan CEO Marsh McLennan Indonesia dan Ria Ardiningtyas, Head of Consulting and Analytics, Mercer Marsh Benefits Indonesia, pada Kamis (3/10/2024),…

Kadin bersiap menggelar Munas IX.

Kamis, 03 Oktober 2024 - 22:47 WIB

Jalankan Kesepakatan Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie, Kadin Indonesia Persiapkan Munas IX

Kadin siap menggelar Munas IX untuk menjalnkan kesepakatan antara antara Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, dengan Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya Bakrie, dan Menteri…

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN holding asuransi

Kamis, 03 Oktober 2024 - 22:38 WIB

Biaya Kesehatan Cenderung Naik, Pengelolaan Risiko Jadi Tantangan Industri Asuransi

Jakarta – Hasil riset IFG Progress, lembaga think tank Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi menunjukkan masyarakat Indonesia akan mengeluarkan…

Perayaan tradisi pengolahan kopi yang khas, dan sosok petani dibalik nikmatnya kopi Nespresso favorit para coffee lovers.

Kamis, 03 Oktober 2024 - 22:34 WIB

Nespresso dan Kanmo Group Rayakan Tradisi Kopi Lokal di Indonesia

Nespresso memperkenalkan Indonesia Origin Selection, koleksi kopi yang dikurasi secara khusus dari biji kopi Indonesia, serta dilengkapi dengan kemasan unik terinspirasi dari batik khas Indonesia.