Paten! Puan Maharani Terpilih Kembali Sebagai Ketua DPR

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 03 Oktober 2024 - 20:05 WIB

Puan Maharani kembali terpilih menjadi Ketua DPR RI Periode 2024-2029
Puan Maharani kembali terpilih menjadi Ketua DPR RI Periode 2024-2029

INDUSTRY.co.id - Jakarta, DPR RI telah menetapkan jajaran pimpinan DPR RI periode 2024-2029 dalam agenda Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang I Tahun Sidang 2024-2025 masa keanggotaan DPR RI 2024-2025 yang diselenggarakan di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Satu di antara agenda tersebut adalah pengesahan Dr. (H.C) Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI periode 2024-2029.

Terpilihnya Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI periode 2024-2029 telah disetujui secara bulat oleh seluruh anggota dewan. Adapun pemilihan pimpinan DPR ditetapkan berdasarkan Pasal 427D Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang No. 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). Lewat aturan ini, mekanisme pemilihan Pimpinan DPR RI dilakukan berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPR RI.

“Setiap pemilu selesai dilaksanakan dan rakyat telah memilih wakil-wakilnya, maka selalu disertai dengan harapan rakyat bahwa ke depan kekuasaan yang diberikan rakyat kepada kita, anggota DPR RI, dapat digunakan untuk mengubah kehidupan rakyat yang semakin sejahtera,” tutur Puan dalam pidatonya usai dilantik sebagai Ketua DPR RI periode 2024-2029.

Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu menyampaikan bahwa amanah yang dirinya peroleh ini merupakan tugas dan tanggung jawab untuk dapat menjalankan amanat rakyat yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Sebab itu, ia akan berusaha menyelesaikan sejumlah tantangan untuk membangun Indonesia seperti isu struktural kualitas sumber daya manusia, kedaulatan pangan, energi, industri nasional, UMKM, ketimpangan sosial, dan kemiskinan.

“Selalu disertai dengan harapan rakyat bahwa ke depan kekuasaan yang diberikan rakyat kepada kita, anggota DPR RI, dapat digunakan untuk mengubah kehidupan rakyat yang semakin sejahtera”

Tidak hanya itu saja, ia menyebutkan Indonesia juga akan menghadapi ketidakpastian gejolak ekonomi global dan geopolitik global, hingga perekonomian nasional yang masih dalam pemulihan. DPR RI melalui fungsi-fungsi konstitusionalnya, imbuhnya, harus melakukan intervensi melalui kebijakan negara terkait politik hukum, politik anggaran dan politik pembangunan.

DPR pun memiliki tugas dalam hal fungsi pengawasan atas kinerja pemerintahan dan lembaga-lembaga negara dalam menjalankan UU. Menurut Puan, tugas ini akan diarahkan demi menjamin peningkatan kinerja pemerintah dan lembaga-lembaga negara dalam menangani berbagai urusan rakyat.

“(Agar) semua urusan rakyat menjadi mudah (seperti) kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan, pendidikan, bantuan sosial, pemberdayaan, transportasi, dan lain sebagainya sehingga hidup rakyat semakin sejahtera,” urainya.

Sementara untuk agenda diplomasi Parlemen DPR, Puan mengatakan tugas itu akan diarahkan untuk memperkuat posisi politik luar negeri Indonesia dalam memperjuangkan kepentingan nasional. DPR disebut akan mengambil peran dalam forum-forum parlemen regional maupun bilateral.

“Peran diplomasi ini akan dilakukan juga oleh seluruh anggota DPR RI melalui kegiatan Grup Kerjasama Bilateral antar Parlemen,” tutur Puan.

Adapun agenda dalam fungsi legislasi, anggaran, pengawasan, dan diplomasi parlemen tersebut, menurut Puan, secara lebih rinci akan ditetapkan kemudian oleh setiap Komisi dan Badan AKD DPR setelah seluruh Komisi dan Badan AKD DPR terbentuk. “Dan tentu saja agenda-agenda kerja AKD DPR RI juga menunggu terbentuknya Pemerintahan dan Kabinet yang baru,” terangnya.

Tidak hanya itu saja, Puan mengingatkan anggota DPR agar dalam kerja-kerjanya harus mengutamakan kerja bersama, dan gotong royong. Sebab seorang anggota DPR tidak mungkin bekerja sendiri. “Pengambilan keputusan kebijakan negara tidak mungkin diputuskan sendiri. Kita harus bersama dengan Anggota DPR RI lainnya dalam menjalankan fungsi legislasi, anggaran, pengawasan dan peran diplomasi,” kata Puan.

Terakhir, dirinya menekankan bahwa mekanisme kerja di setiap AKD DPR RI adalah penetapan kebijakan negara yang mengutamakan musyawarah mufakat untuk mencari kesepakatan. “Oleh karena itulah, di setiap Alat Kelengkapan Dewan diperlukan komunikasi yang efektif antara AKD DPR RI dengan mitra kerja, antar poksi-poksi antar pimpinan dan anggota, dalam semangat gotong royong, kerja bersama untuk menghasilkan kebijakan negara yang paling baik bagi kepentingan rakyat dan negara,” pesannya.

Bersama dengan Puan Maharani, yang berasal dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), DPR RI juga dipimpin oleh 4 (empat) Wakil Ketua DPR RI periode 2024-2029 di antaranya Adies Kadir berasal dari Fraksi Partai Golkar, Sufmi Dasco Ahmad berasal dari Fraksi Partai Gerindra, Saan Mustofa berasal dari Fraksi Partai NasDem, dan Cucun Ahmad Syamsurizal berasal dari Fraksi PKB.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Strategi Bisnis JOYDAY Dalam Menjangkau Konsumen Lebih Dekat Dan Meningkatkan Ekonomi Lokal

Kamis, 03 Oktober 2024 - 22:33 WIB

Inovasi Strategi Bisnis JOYDAY dalam Menjangkau Konsumen Lebih Dekat dan Meningkatkan Ekonomi Lokal

Jakarta– Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,05 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada triwulan II-2024, bila dibandingkan dengan triwulan…

Imperial Tables dan Imperial Cakery Raih Sertifikasi Halal: Meningkatkan Daya Saing dan Ekspansi Bisnis di Pasar Kuliner Halal

Kamis, 03 Oktober 2024 - 22:24 WIB

Imperial Tables dan Imperial Cakery Raih Sertifikasi Halal: Meningkatkan Daya Saing dan Ekspansi Bisnis di Pasar Kuliner Halal

Jakarta- Imperial Tables dan Imperial Cakery, dua brand kuliner yang berada di bawah naungan Imperial Group, dengan bangga mengumumkan pencapaian terbaru mereka: Sertifikasi Halal dari Badan…

 Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari (paling kanan) bersama perwakilan perusahaan penerima penghargaan Predikat Terbaik Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara pada ajang Good Mining Practice Award 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Rabu (25/9/2024).

Kamis, 03 Oktober 2024 - 22:14 WIB

Top! Unggul dalam Menjalankan Pertambangan, SIG Raih 16 Penghargaan Good Mining Practice 2024 dari Kementerian ESDM

Jakarta– Keunggulan dalam menjalankan pertambangan berkelanjutan dengan mengimplementasikan kaidah teknik pertambangan yang baik (Good Mining Practice), mengantarkan PT Semen Indonesia (Persero)…

Konsisten Bantu Kurangi Risiko Ruam Popok di Indonesia, MAKUKU Pelopor Popok Anti Gumpal Raih Penghargaan Superbrands Indonesia Choice Award 2024

Kamis, 03 Oktober 2024 - 22:02 WIB

Konsisten Bantu Kurangi Risiko Ruam Popok di Indonesia, MAKUKU Pelopor Popok Anti Gumpal Raih Penghargaan Superbrands Indonesia Choice Award 2024

Jakarta- Perkembangan motorik anak merupakan salah satu aspek krusial dalam masa pertumbuhan awal. Gerakan aktif seperti merangkak, berguling, dan berjalan menandakan bahwa fisik dan kognitif…

INHALE EXHALE concert, Kolaborasi bareng antara Weird Genius dan FOOM sebagai bentuk komitmen dan inovasi dalam menghadirkan pengalaman yang berbeda akan produk alternatif untuk para perokok dewasa

Kamis, 03 Oktober 2024 - 21:49 WIB

FOOM dan Weird Genius berkolaborasi luncurkan produk series terbaru lewat INHALE EXHALE concert

Jakarta - Indonesia telah menjadi negara dengan pengguna rokok elektrik terbanyak di dunia dengan mencatat pertumbuhan yang pesat di dalam negeri. 1 dari 4 (25%) orang di Indonesia setidaknya…