Cerita Perjuangan Menperin Agus Angkat Batik jadi Pakaian Wajib Nasional, Pernah Ditolak!

Oleh : Ridwan | Kamis, 03 Oktober 2024 - 12:00 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memperingati Hari Batik Nasional (HBN) yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mendapatkan cerita 'miris' dari seorang pengrajin batik Kudus.

"Tadi saya keliling pameran, kemudian saya dapat cerita miris, tetapi ending nya cukup melegakan, yaitu cerita batik dari Kudus," kata Menperin Agus saat membuka gelaran HBN 2024 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta (2/10).

Menperin menceritakan, dirinya mendapat laporan bahwa pada tahun 1990, animo dari anak-anak muda di Kudus untuk menjadi pembatik sangat kurang, sehingga mengakibatkan warisan budaya batik Kudus hampir punah. 

"Ini saya miris sekali, banyak anak-anak muda di Kudus lebih memilih menjadi pekerja di pabrik rokok, dibandingkan menjadi pengrajin batik. Pembatik semakin lama makin hilang, batik Kudus pun hampir punah pada zaman itu," jelasnya.

Meski demikian, lanjut Agus, berkat upaya kerja sama dari beberapa stakeholders dan Kemenperin berhasil kembali mengangkat potensi warisan budaya batik Kudus. 

"Alhamdulillah bahwa atas kerja sama dari beberapa stakeholders, pemerintah daerah dan upaya Kemenperin batik Kudus sudah kembali menggeliat. Pada tahun 2005, batik ini sudah kembali reborn," ungkap Menperin.

Dirinya berharap pemerintah daerah lainnya dapat segera mendeteksi tren pembatik di daerahnya yang lebih cenderung memilih pekerjaan lain dibanding menjadi pengrajin batik.

Perjuangkan Batik

Di kesempatan yang sama, Menperin Agus juga menceritakan upaya dan perjuangan dirinya agar Batik dapat digunakan sebagai pakaian wajid acara kenegaraan.

"Ketika saya masih jadi anggota DPR tahun 2009, saya menulis surat kepada pimpinan DPR mengusulkan agar semua acara kenegaraan itu menggunakan batik. Tapi, usulan saya pun ditolak," jelasnya.

Meski demikian, Menperin menyebut bahwa penolakan tersebut merupakan sebuah peerjuangan dan harus tetap diperjuangkan.

"Saya terus berjuang agar pakaian adat nasional termasuk batik dapat digunakan sebagai pakaian wajib acara kenegaraan," kata Agus.

Tak berhenti sampai disitu, perjuangan tersebut ia lanjutkan di lingkungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan merubah aturan berpakaian untuk seluruh pegawai di lingkungan Kemenperin. 

"Di Kemenperin sendiri, saya merubah kebiasaan pakaian, dari sebelumnya batik hanya dioakai pada hari jumat, saya rubah menjadi hari senin sampai kamis. 4 hari berturut-turut pegawai Kemenperin pakai batik. Ini upaya saya tetap melestarikan warisan budaya bangsa," tutup Menperin Agus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto beserta jajaran TNI lainnya mengjadiri gladi bersih puncak acara perayaan HUT ke-79 TNI bertempat di silang Monas, Jakarta

Kamis, 03 Oktober 2024 - 17:47 WIB

Panglima TNI Tinjau Geladi Bersih Puncak Acara HUT Ke-79 TNI Tahun 2024

(Puspen TNI) - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto meninjau Geladi Bersih puncak acara perayaan Hari Ulang Tahun Ke-79 TNI tahun 2024, bertempat di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat,…

REI Bekasi Golf Tournament Jilid ke-3

Kamis, 03 Oktober 2024 - 15:45 WIB

REI Bekasi Golf Tournament Jilid ke-3 Sukses Digelar, Pererat Sulaturahmi Antar Anggota dan Mitra Bisnis

Realestat Indonesia (REI) Komisariat Bekasi kembali menggelar turnamen golf, yang merupakan agenda rutin, setelah sebelumnya sukses digelar pada Maret 2023 dan Oktober 2023 lalu. Untuk tahun…

BSI memperkuat kerjasama bisnis dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI dalam penandatanganan kerjasama payroll. Ditandatangani oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Jujun Endah Wahjuningrum Sekretaris (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan).

Kamis, 03 Oktober 2024 - 14:33 WIB

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll. Hingga Agustus 2024, dana payroll kelolaan BSI mencapai Rp21 triliun dengan lebih dari 1,2 juta nasabah.

Pembukaan Pameran IASGE 2024

Kamis, 03 Oktober 2024 - 14:10 WIB

Hadirkan Industri Alat Tulis dan Souvenir, Pameran Akbar IASGE 2024 Resmi Dibuka

Pameran alat tulis dan souvenir terbesar di Indonesia, ASEAN Stationery & Gift Expo (IASGE) 2024 resmi dibuka pada Kamis (3/10/2024) di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta. Digelar…

Tim Pakar IRN bersama manajemen Indofood melaksanakan sosialisasi program IRN periode 2024 – 2025 secara daring.

Kamis, 03 Oktober 2024 - 13:35 WIB

Mahasiswa S1 Bisa Dapat Dana Riset dari Indofood, Begini Caranya

Program Indofood Riset Nugraha (IRN) 2024-2025 kembali menerima proposal penelitian dari mahasiswa-mahasiswa tingkat akhir yang akan menyelesaikan studi strata 1-nya. Program ini terbuka bagi…