Charm dan Charmnap Bersama YKPI Edukasi SADARI Kepada Ratusan Siswi SMP dan SMA Jakarta
Oleh : Nina Karlita | Rabu, 02 Oktober 2024 - 23:24 WIB
Charm & CharmNap! bersama YKPI mengadakan edukasi SADARI kepada lebih dari 400 siswi SMP & SMA di Jakarta.
INDUSTRY.co.id - Jakarta - Peringati bulan peduli kanker payudara internasional di bulan Oktober di tahun ini, brand pembalut wanita Charm dari PT Uni-Charm Indonesia Tbk (Unicharm) bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) mengadakan edukasi periksa payudara sendiri (SADARI).
Sesuai dengan slogan yang dicanangkan pada tahun 2022 “Ayo SADARI Setelah Menstruasi”, edukasi SADARI digelar kepada lebih dari 400 siswi dari beberapa SMP dan SMA di Jakarta.
Selain itu, sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye SADARI, di tahun ini Charm memasang logo “Ayo SADARI Setelah Menstruasi” di seluruh varian kemasan produk. Tidak hanya di produk pembalut Charm saja, logo tersebut juga akan dipasang di kemasan produk pembalut urin CharmNap di tahun ini sebagai komitmen lebih lanjut terhadap penetrasi kebiasaan periksa payudara sendiri.
Kegiatan memperingati bulan peduli kanker payudara internasional di bulan Oktober tahun ini merupakan yang ke 4 kalinya yang dilakukan atas kolaborasi antara Charm dan YKPI. Kali ini digelar di Balai Komando, Cijantung, Jakarta Timur pada 2 Oktober 2024 dan dihadiri oleh Brand Ambassador Charm Syifa Hadju, serta dokter spesialis Bedah Onkologi dr. Iskandar, Sp.B.Subsp.Onk(K),MPH.
Melalui kegiatan ini, Charm dan YKPI berharap dapat memberikan pemahaman kepada para wanita generasi muda tentang pentingnya membiasakan periksa payudara sendiri (SADARI) setelah menstruasi.
Pemeriksaan dilakukan di hari ke 7 sampai 10 dari hari pertama menstruasi sebagai salah satu cara untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini, sehingga dapat berkontribusi melindungi para wanita yang diharapkan akan menjadi pemimpin Indonesia di masa mendatang.
Menurut Founder YKPI, Linda Agum Gumelar, Charm dan YKPI memulai kolaborasi pada tahun 2021 dengan dilandasi adanya visi yang sama yaitu melindungi wanita Indonesia di seluruh usia dari resiko terkena kanker payudara.
Hingga saat ini berbagai upaya telah dilakukan, dan selama 1 tahun ini YKPI telah melakukan screening kanker payudara kepada lebih dari 6,000 siswi, mahasiswi dan guru wanita, serta mengajarkan cara periksa payudara sendiri.
"Pada kegiatan kali ini pun, kami tidak hanya mengajarkan cara periksa payudara sendiri saja, tetapi juga menjawab pertanyaan dari para siswi dari beberapa SMP dan SMA melalui talkshow, sehingga diharapkan dapat memberi pemahaman dasar terkait kanker payudara, serta tips untuk deteksi dini kanker payudara,” beber Linda Gumelar.
Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Sri Haryani berharap edukasi dari para ahli terkait cara deteksi dini kanker payudara ini dapat berkontribusi terhadap upaya Pemerintah dalam membina dan melindungi generasi masa depan Indonesia.
"Terkait upaya yang dilakukan melalui produk-produk kami, melanjutkan inisiatif yang sudah dilakukan di tahun lalu, di tahun ini kami meletakkan logo Ayo SADARI Setelah Menstruasi di semua kemasan produk Charm," kata Sri.
"Tujuannya tentu adalah untuk lebih menyebarluaskan slogan Ayo SADARI Setelah Menstruasi, dan juga mengingatkan para wanita untuk melakukan periksa payudara sendiri setiap kali melihat kemasan produk Charm, terutama saat akan mengganti pembalut di masa menstruasi,” tambahnya.
Selain itu, sebagai bentuk komitmen lebih lanjut terhadap kampanye deteksi dini kanker payudara, di tahun ini tidak hanya Charm saja, tetapi menutur Sri, pihaknya juga menambahkan produk pembalut urin untuk wanita yaitu CharmNap.
"Harapannya, dengan menggunakan lebih banyak produk-produk untuk wanita yang kami miliki, kami bersama YKPI dapat terus mempenetrasikan pentingnya deteksi dini kanker payudara, dan mendukung wanita Indonesia untuk hidup sehat dan menjadi diri sendiri,” tutup Sri.
Komentar Berita