Charm dan Charmnap Bersama YKPI Edukasi SADARI Kepada Ratusan Siswi SMP dan SMA Jakarta

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 02 Oktober 2024 - 23:24 WIB

Charm & CharmNap! bersama YKPI mengadakan edukasi SADARI kepada lebih dari 400 siswi SMP & SMA di Jakarta.
Charm & CharmNap! bersama YKPI mengadakan edukasi SADARI kepada lebih dari 400 siswi SMP & SMA di Jakarta.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Peringati bulan peduli kanker payudara internasional di bulan Oktober di tahun ini, brand pembalut wanita Charm dari PT Uni-Charm Indonesia Tbk (Unicharm) bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) mengadakan edukasi periksa payudara sendiri (SADARI).

Sesuai dengan slogan yang dicanangkan pada tahun 2022 “Ayo SADARI Setelah Menstruasi”, edukasi SADARI digelar kepada lebih dari 400 siswi dari beberapa SMP dan SMA di Jakarta. 

Selain itu, sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye SADARI, di tahun ini Charm memasang logo “Ayo SADARI Setelah Menstruasi” di seluruh varian kemasan produk. Tidak hanya di produk pembalut Charm saja, logo tersebut juga akan dipasang di kemasan produk pembalut urin CharmNap di tahun ini sebagai komitmen lebih lanjut terhadap penetrasi kebiasaan periksa payudara sendiri.

Kegiatan memperingati bulan peduli kanker payudara internasional di bulan Oktober tahun ini merupakan yang ke 4 kalinya yang dilakukan atas kolaborasi antara Charm dan YKPI. Kali ini digelar di Balai Komando, Cijantung, Jakarta Timur pada 2 Oktober 2024 dan dihadiri oleh Brand Ambassador Charm Syifa Hadju, serta dokter spesialis Bedah Onkologi dr. Iskandar, Sp.B.Subsp.Onk(K),MPH. 

Melalui kegiatan ini, Charm dan YKPI berharap dapat memberikan pemahaman kepada para wanita generasi muda tentang pentingnya membiasakan periksa payudara sendiri (SADARI) setelah menstruasi. 

Pemeriksaan dilakukan di hari ke 7 sampai 10 dari hari pertama menstruasi sebagai salah satu cara untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini, sehingga dapat berkontribusi melindungi para wanita yang diharapkan akan menjadi pemimpin Indonesia di masa mendatang.

Menurut Founder YKPI, Linda Agum Gumelar, Charm dan YKPI memulai kolaborasi pada tahun 2021 dengan dilandasi adanya visi yang sama yaitu melindungi wanita Indonesia di seluruh usia dari resiko terkena kanker payudara. 

Hingga saat ini berbagai upaya telah dilakukan, dan selama 1 tahun ini YKPI telah melakukan screening kanker payudara kepada lebih dari 6,000 siswi, mahasiswi dan guru wanita, serta mengajarkan cara periksa payudara sendiri. 

"Pada kegiatan kali ini pun, kami tidak hanya mengajarkan cara periksa payudara sendiri saja, tetapi juga menjawab pertanyaan dari para siswi dari beberapa SMP dan SMA melalui talkshow, sehingga diharapkan dapat memberi pemahaman dasar terkait kanker payudara, serta tips untuk deteksi dini kanker payudara,” beber Linda Gumelar.

Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Sri Haryani berharap  edukasi dari para ahli terkait cara deteksi dini kanker payudara ini dapat berkontribusi terhadap upaya Pemerintah dalam membina dan melindungi generasi masa depan Indonesia. 

"Terkait upaya yang dilakukan melalui produk-produk kami, melanjutkan inisiatif yang sudah dilakukan di tahun lalu, di tahun ini kami meletakkan logo Ayo SADARI Setelah Menstruasi di semua kemasan produk Charm," kata Sri. 

"Tujuannya tentu adalah untuk lebih menyebarluaskan slogan Ayo SADARI Setelah Menstruasi, dan juga mengingatkan para wanita untuk melakukan periksa payudara sendiri setiap kali melihat kemasan produk Charm, terutama saat akan mengganti pembalut di masa menstruasi,” tambahnya.

Selain itu, sebagai bentuk komitmen lebih lanjut terhadap kampanye deteksi dini kanker payudara, di tahun ini tidak hanya Charm saja, tetapi menutur Sri, pihaknya juga menambahkan produk pembalut urin untuk wanita yaitu CharmNap.

"Harapannya, dengan menggunakan lebih banyak produk-produk untuk wanita yang kami miliki, kami bersama YKPI dapat terus mempenetrasikan pentingnya deteksi dini kanker payudara, dan mendukung wanita Indonesia untuk hidup sehat dan menjadi diri sendiri,” tutup Sri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

ALLPack Indonesia 2024 yaitu pameran berskala Internasional ke-23 akan menampilkan teknologi pengolahan dan pengemasan.

Rabu, 02 Oktober 2024 - 23:01 WIB

ALLPack dan ALLPrint Indonesia 2024 Mengungkap Potensi Industri Kemasan dan Percetakan

Krista Exhibitions kembali menggelar ALLPack Indonesia 2024 yang akan diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, pada tanggal 9 hingga 12 Oktober.

LIXIL Day of Architecture and Design 2024

Rabu, 02 Oktober 2024 - 22:36 WIB

LIXIL Day of Architecture and Design 2024 Apresiasi Kreativitas dan Inovasi Arsitek-Desainer Indonesia

Karya-karya pemenang LADC menunjukkan pemahaman mendalam terhadap arsitektur adaptif dan solusi kreatif dalam pemanfaatan ruang yang terbengkalai, sesuai dengan tema LDAD tahun ini.

Ketua Gerindra DIY Terpilih Jadi Wakil Rakyat dari Jawa Tengah

Rabu, 02 Oktober 2024 - 22:30 WIB

Unik! Ketua Gerindra DIY Terpilih Jadi Wakil Rakyat dari Jawa Tengah

Jakarta-Sebanyak 580 anggota DPR terpilih periode 2024-2029 resmi dilantik pada Selasa (1/10/2024) di ruang sidang paripurna, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. Acara pelantikan ini dihadiri…

Mantan Menkeu Bambang Brodjonegoro: Dukung Penguatan kelembagaan BPKH untuk Optimalkan Investasi Dana Haji

Rabu, 02 Oktober 2024 - 22:12 WIB

Mantan Menkeu Bambang Brodjonegoro: Dukung Penguatan kelembagaan BPKH untuk Optimalkan Investasi Dana Haji

Jakarta - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memainkan peran penting dalam pelaksanaan ibadah haji di tanah air. Karena itu posisinya harus diperkuat agar selalu berada di garis terdepan pelayanan…

VP Business & Product NeutraDC Irene Johana Rosidi menjelaskan mengenai rahasia di balik ekosistem AI saat memberikan pelatihan

Rabu, 02 Oktober 2024 - 21:58 WIB

NeutraDC Perkenalkan Pemanfaatan AI bagi UKM Binaan Telkom Mandalika

Anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), NeutraDC yang merupakan perusahaan penyedia ekosistem data center, menggelar pelatihan bertajuk “Pemanfaatan Teknologi AI untuk…