Kinerja Keuangan Positif, Pelindo Lunasi Global Bond Sebesar USD 500 Juta

Oleh : Candra Mata | Rabu, 02 Oktober 2024 - 17:22 WIB

Foto (ilustrasi) Aktivitas operasional di Terminal Teluk Lamong
Foto (ilustrasi) Aktivitas operasional di Terminal Teluk Lamong

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pelindo berhasil melakukan pelunasan atas Global Bonds 2024 (“PLBIIJ 2024”) sebesar USD 500 juta atau Rp7,5 triliun yang jatuh tempo pada 1 Oktober 2024, bertepatan dengan Hari Pelindo Ke-3. Pelunasan tersebut dilakukan dengan mengoptimalisasi penggunaan kas internal sebesar ± USD 170 juta atau Rp2,5 triliun dan sisanya bersumber dari pinjaman Bank Mandiri dan Bank BTPN sebesar ± USD 330 juta atau Rp5 triliun (asumsi kurs Rp15.000).

Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono menjelaskan bahwa sejalan dengan pertumbuhan bisnis Pelindo pasca merger, Pelindo akan terus berupaya untuk melakukan penurunan utang melalui optimalisasi kemampuan kas internal. Dengan demikian, kinerja dan postur keuangan Pelindo diharapkan menjadi lebih baik dan solid dari tahun ke tahun. Sebelumnya, perseroan telah melakukan pelunasan utang sebesar Rp10,25 triliun.

"Dengan dilakukannya pelunasan utang Global Bonds tersebut, maka tiga tahun pasca merger telah dilakukan penurunan pinjaman Pelindo dengan nilai total sebesar Rp12,75 triliun” ungkap Arif.

Lebih lanjut, Direktur Keuangan Pelindo, Mega Satria menambahkan bahwa efisiensi operasional dan optimalisasi penggunaan kas internal menjadi faktor pendorong penurunan utang. Hal ini merupakan bentuk kemampuan keuangan Pelindo dan bagian dari pelaksanaan inisiatif strategis pasca merger untuk menurunkan rasio utang dan meningkatkan efisiensi korporasi dalam menghadapi tantangan ekonomi global.

"Keberhasilan pelunasan Global Bonds 2024 ini menunjukkan bentuk komitmen korporasi kepada para investor global sekaligus memperkuat posisi Pelindo di pasar internasional serta mencerminkan kredibilitas perusahaan yang semakin kuat," tegas Mega.

Kinerja keuangan Pelindo juga mendapatkan penilaian positif dari lembaga pemeringkat internasional, yaitu Rating ““Baa2” dari Moody’s Rating Agency pada tahun 2023 dan rating “BBB” dari Fitch Rating Agency pada tahun 2024, yang menunjukkan bahwa perseroan memiliki outlook stabil serta memiliki kemampuan yang memadai dalam memenuhi komitmen jangka panjang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yusril Mahasiswa sekaligus Driver Blitz

Rabu, 02 Oktober 2024 - 17:35 WIB

Driver Blitz Ini Sukses Transformasi Karirnya Saat Masih Melanjutkan Kuliahnya

Kemajuan teknologi di era digital telah mendorong terbukanya berbagai peluang baru, terutama bagi para driver dan kurir online. Ada kisah menarik dari Blitz Electric Mobility (Blitz), penyedia…

Dandim 1715/Yahukimo, Letkol Inf Tommy Yudistyo, S.Sos.,M.Han. turut serta dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang diadakan di Balai Pertemuan Umum Kabupaten Yahukimo. Rabu (2/10/2024).

Rabu, 02 Oktober 2024 - 17:34 WIB

Dandim 1715/Yahukimo Hadiri Musrenbang Dorong Rencana Pembangunan Berkelanjutan di Kabupaten Yahukimo

Dalam upaya mendorong pembangunan yang berkelanjutan dan sejalan dengan visi menuju Kabupaten Yahukimo yang lebih baik, Dandim 1715/Yahukimo, Letkol Inf Tommy Yudistyo, S.Sos.,M.Han. turut serta…

FWD Insurance dan PJI gelar JA SparktheDream Social Challenge

Rabu, 02 Oktober 2024 - 17:27 WIB

Semarakkan Bulan Inklusi Keuangan, FWD Insurance dan PJI gelar JA SparktheDream Social Challenge

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menyelenggarakan JA SparktheDream Social Challenge untuk menutup rangkaian program JA SparktheDream tahun kedua…

Luby L-2905NL & L-2906NL

Rabu, 02 Oktober 2024 - 17:27 WIB

Yuk Kenali Luby L-2905NL & L-2906NL, Senter Kepala dengan Fitur Menarik dan Tahan 48 Jam

LUBY telah memperkenalkan dua headlamp terbaru yaitu, Luby L-2905NL dan Luby L-2906NL yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan pengguna dengan cara yang praktis dan efisien.

Cargill Resmikan Lini Produksi Kakao Baru di Indonesia untuk Memenuhi Peningkatan Permintaan Konsumen Asia terhadap Indulgent Foods

Rabu, 02 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Pasar Makanan dan Minuman Asia Kian Meningkat, Cargill Resmikan Lini Produksi Kakao Baru di Indonesia

Gresik-Seiring dengan terus meningkatnya permintaan di pasar Asia untuk makanan dan minuman yang kaya rasa dan inovatif, hari ini Cargill mengumumkan peresmian lini produksi kakao baru di pabrik…