Peringati HBN 2024, Menperin Agus Angkat Potensi Batik Tulis Gedhog Tuban

Oleh : Ridwan | Rabu, 02 Oktober 2024 - 17:20 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memperingati Hari Batik Nasional (HBN) tanggal 2 Oktober 2024, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Yayasan Batik Indonesia (YBI) kembali menggelar berbagai acara dan kegiatan dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan batik.

Mengusung tema "Bangga Berbatik" kegiatan HBN untuk tahun ini secara khusus mengangkat Batik Tulis Gedhog Tuban, yang merupakan salah satu produk batik dengan keunikan tersendiri.

"Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada YBI yang sejak tahun 1994 telah konsisten dalam melestarikan, melindungi, dan mempromosikan batik," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat membuka gelaran HBN di Jakarta, Rabu (2/10).

Menperin mengemukakan, sebagai bagian dari sektor industri tekstil dan pakaian jadi yang memiliki peranan penting bagi perekonomian nasional.

Meski demikian, lanjutnya, industri batik kini juga turut menghadapi tantangan dengan melemahnya permintaan di pasar ekspor.

"Nilai ekspor industri batik sampai triwulan II tahun 2024 mencapai angka USD8,33 juta, mengalami kontraksi sebesar 8,29 persen dibanding periode yang sama di tahun 2023," ujarnya.

Oleh karena itu, dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ada, Kemenperin terus berupaya untuk menumbuhkan dan mengembangkan industri batik melalui berbagai program dengan melibatkan berbagai pihak. 

Pada peringatan HBN tahun ini, Kemenperin bersinergi dengan YBI dalam pelaksanaan berbagai program seperti focus group discussion (FGD), penumbuhan wirausaha baru, fasilitasi pendampingan Indikasi Geografis (IG), pendampingan teknis produksi, serta fasilitasi mesin dan peralatan.

Menperin turut menyoroti tentang pentingnya pelestarian dan perlindungan pada komoditi batik. Tahun ini, Batik Tulis Gedhog Tuban yang menjadi ikon HBN telah difasilitasi pendampingan dalam rangka pengajuan permohonan perlindungan Indikasi Geografis (IG) dan dipromosikan pada Peringatan HBN 2024.

“Batik Tulis Gedhog Tuban yang sepenuhnya dibuat dan berasal dari Tuban, mulai dari bahan baku kapas sampai proses pembuatannya, sehingga menghasilkan potensi dampak ekonomi yang luas pada masyarakat khususnya Tuban,” jelas Menperin Agus.

Kemenperin dan YBI bersama Kementerian Hukum dan HAM telah aktif melakukan pendampingan penyusunan Dokumen Deskripsi Indikasi Geografis sebagai syarat permohonan pendaftaran IG Batik Tulis Gedhog Tuban, sehingga diharapkan saat pengusulan telah diterima dapat memberikan manfaat yang jauh lebih besar.

Menperin juga menegaskan perlunya dukungan dari seluruh pihak baik pemerintah daerah, pemilik industri batik, perajin hingga masyarakat umum dalam upaya melestarikan Batik Tulis Gedhog Tuban.

Dirinya turut mengimbau kepada pelaku industri batik untuk bertransformasi menuju industri 4.0. Menurut Menperin, penerapan teknologi digital pada Industri Batik dapat mendukung aspek manajemen dan operasional sehingga lebih efektif dan efisien. 

Pada tahun 2024, Kemenperin telah menerapkan Industri 4.0 dan menyusun Buku "Batik Berkelanjutan: Rantai Pasok Industri 4.0" yang dapat menjadi acuan bagi Industri Batik dalam menerapkan Industri 4.0 sesuai dengan kebutuhan.

“Kami berharap ke depannya sentra IKM batik di Indonesia dapat memanfaatkan teknologi digital tersebut untuk pengelolaan rantai pasok yang lebih efisien,” tutup Menperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM binaan BRI saat mengikuti bazar

Rabu, 02 Oktober 2024 - 19:23 WIB

Mengolah Produk Kearifan Lokal, Pisang Sale Mades Makin Berkembang lewat Pemberdayaan BRI

Berawal dari ide memanfaatkan kearifan lokal, Ni Made Suryani atau yang dikenal sebagai Ketua Kelompok Pisang Sale Mades berhasil mengolah pisang menjadi ragam produk cemilan lokal yang menggerakkan…

Yusril Mahasiswa sekaligus Driver Blitz

Rabu, 02 Oktober 2024 - 17:35 WIB

Driver Blitz Ini Sukses Transformasi Karirnya Saat Masih Melanjutkan Kuliahnya

Kemajuan teknologi di era digital telah mendorong terbukanya berbagai peluang baru, terutama bagi para driver dan kurir online. Ada kisah menarik dari Blitz Electric Mobility (Blitz), penyedia…

Dandim 1715/Yahukimo, Letkol Inf Tommy Yudistyo, S.Sos.,M.Han. turut serta dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang diadakan di Balai Pertemuan Umum Kabupaten Yahukimo. Rabu (2/10/2024).

Rabu, 02 Oktober 2024 - 17:34 WIB

Dandim 1715/Yahukimo Hadiri Musrenbang Dorong Rencana Pembangunan Berkelanjutan di Kabupaten Yahukimo

Dalam upaya mendorong pembangunan yang berkelanjutan dan sejalan dengan visi menuju Kabupaten Yahukimo yang lebih baik, Dandim 1715/Yahukimo, Letkol Inf Tommy Yudistyo, S.Sos.,M.Han. turut serta…

FWD Insurance dan PJI gelar JA SparktheDream Social Challenge

Rabu, 02 Oktober 2024 - 17:27 WIB

Semarakkan Bulan Inklusi Keuangan, FWD Insurance dan PJI gelar JA SparktheDream Social Challenge

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menyelenggarakan JA SparktheDream Social Challenge untuk menutup rangkaian program JA SparktheDream tahun kedua…

Luby L-2905NL & L-2906NL

Rabu, 02 Oktober 2024 - 17:27 WIB

Yuk Kenali Luby L-2905NL & L-2906NL, Senter Kepala dengan Fitur Menarik dan Tahan 48 Jam

LUBY telah memperkenalkan dua headlamp terbaru yaitu, Luby L-2905NL dan Luby L-2906NL yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan pengguna dengan cara yang praktis dan efisien.