GIIAS Bandung 2024 Resmi Berakhir, Catat Capaian Positif

Oleh : Candra Mata | Selasa, 01 Oktober 2024 - 07:56 WIB

GIIAS Bandung 2024
GIIAS Bandung 2024

INDUSTRY.co.id - Bandung, Rangkaian seri pameran otomotif GIIAS Bandung 2024, yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), resmi berakhir pada Minggu, 29 September 2024, dengan capaian yang sangat positif. 

GIIAS Bandung 2024 yang secara resmi dibuka pada Rabu, 25 September 2024 oleh Plt. Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian RI, Bapak Putu Juli Ardika dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI, Bapak Risyapudin Nursin, Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, serta Kapolda Jawa Barat, Bapak Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus, dan didampingi oleh Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi serta Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO, Rizwan Alamsyah menjadi bukti bahwa penyelenggaraan GIIAS Bandung 2024 mendapatkan dukungan penuh baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. 

Berlangsung untuk kedua kalinya tahun ini, GIIAS Bandung berhasil menarik perhatian publik di Jawa Barat, mulai dari penggemar otomotif, profesional, hingga masyarakat umum yang datang untuk menyaksikan inovasi kendaraan dan teknologi terbaru, serta berpartisipasi dalam berbagai aktivitas dan program menarik. 

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, menyatakan bahwa lewat penyelenggaraan GIIAS Bandung GAIKINDO dapat menyebarluaskan informasi terkait perkembangan industri otomotif di Indonesia khusunya di Jawa Barat, memberikan edukasi kepada masyarakat, serta mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional. "GIIAS Bandung menjadi komitmen GAIKINDO dalam menghadirkan pameran otomotif di berbagai wilayah Indonesia. Melihat apa yang dihadirkan para peserta pada sepanjang pameran, membawa model kendaraan dengan teknologi terkini, menjadi langkah kami untuk mendorong perkembangan industri otomotif nasional yang lebih berkelanjutan,” ujarnya. 

Menurut Nangoi, kedepannya GAIKINDO akan terus memperluas jangkauan pameran ini agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan industri otomotif Indonesia, ”Menjadi tugas GAIKINDO selanjutnya untuk terus mengembangkan GIIAS Bandung, mengakomodir permintaan merek-merek anggota GAIKINDO, untuk memperluas informasi, edukasi, serta pengalaman baru bagi pengunjung. Untuk itu, Kami berharap bandung segera memiliki venue yang lebih luas lagi, sehingga dapat menampung lebih banyak merek dan mendukung pertumbuhan industri otomotif,” tambah Nangoi.

Menarik Puluhan Ribu Pengunjung

Selama lima hari penyelenggaraan, GIIAS Bandung 2024 mencatat kehadiran puluhan ribu pengunjung, meskipun diwarnai dengan turunnya hujan, namun pengunjung tetap antusias padati area pameran sepanjang penyelenggaraannya. 

Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO, mengungkapkan bahwa antusiasme masyarakat Jawa Barat, terutama Bandung, terlihat sangat positif. ”Antusiasme masyarakat Bandung sangat kami apresiasi, angka pengujung yang mencoba langsung model-model kendaraan baru juga sangat positif, lebih dari 1.000 trip test drive dan lebih dari 500 trip test ride tercatat sepanjang pameran berlangsung, hal ini membuktikan besarnya potensi industri otomotif di wilayah tersebut,” tutur Rizwan.

Tahun ini penyelenggaraan GIIAS Bandung menghadirkan jumlah merek kendaraan bermotor terbanyak dengan total 19 merek kendaraan bermotor yang terdiri dari 13 merek kendaraan penumpang yaitu BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, Honda, KIA, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, dan Wuling. Serta dari kendaraan komersial yaitu Toyota Commercial. Sementara, dari kendaraan roda dua, 5 merek turut hadir di GIIAS Bandung 2024 yaitu Alva, Benelli, Keeway, Royal Enfield, dan Scomadi. Tak hanya merek kendaraan bermotor, berbagai merek industri pendukung otomotif juga turut meramaikan penyelenggaraan GIIAS Bandung 2024.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta yang telah berpartisipasi dalam GIIAS Bandung 2024, panitia penyelenggara memberikan penghargaan dalam tiga kategori utama, yaitu Favorite Booth Categories, Favorite Car Categories, dan Favorite Motorcycle Categories. Penghargaan ini diberikan kepada peserta yang berhasil menarik perhatian pengunjung dan memamerkan produk terbaik mereka.

Berikut adalah daftar pemenang dari masing-masing kategori di GIIAS Bandung 2024:

1.Favorite Booth Categories:

  Kategori Passenger Car >150 sqm dimenangkan oleh TOYOTA.

  Kategori Supporting Industry dimenangkan oleh GPS.ID.

2. Favorite Car Categories:

  Kategori Passenger Car SUV dimenangkan oleh MAZDA CX-60.

  Kategori Passenger Car MPV dimenangkan oleh TOYOTA INNOVA ZENIX HYBRID.

  Kategori Passenger Car Crossover dimenangkan oleh KIA SONET ULTIMATE.

  Kategori Favorite BEV dimenangkan oleh HONDA HR-V e

  Kategori Most Driven Car dimenangkan oleh BYD Seal Performance AWD.

3. Favorite Motorcycle Categories:

  Kategori Motorcycle Daily Use dimenangkan oleh SCOMADI TURISMO PICCOLO.

  Kategori Motorcycle Big Bike dimenangkan oleh ROYAL ENFIELD SHOTGUN 650.

  Kategori Most Driven Motorcycle dimenangkan oleh ROYAL ENFIELD CLASSIC 350.

Keberhasilan penyelenggaraan GIIAS Bandung 2024 juga tidak terlepas dari dukungan penuh Superchallenge sebagai sponsor yang telah menyajikan attractive program yang tentunya menjadi nilai tambah yang sangat menarik untuk para pengunjung GIIAS Bandung.

GIIAS The Series 2024 Akan Berlanjut ke kota Semarang

Rangkaian pameran GIIAS The Series 2024 masih menyisakan satu kota terakhir penyelenggaraannya. Kota yang akan menjadi tujuan selanjutnya dalam rangkaian adalah Semarang. GIIAS Semarang akan berlangsung pada 23–27 Oktober 2024 di lokasi berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya yaitu Muladi Dome Undip, Semarang.  

GIIAS Semarang 2024 akan diselenggarakan ketiga kalinya ini akan menjadi rangkaian penutup GIIAS The Series pada tahun ini. Berbagai merek kendaraan bermotor dan industri pendukung akan hadir pada seri penyelenggaraan GIIAS di Semarang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fox Logger

Selasa, 01 Oktober 2024 - 13:55 WIB

Berikan Solusi Terbaik untuk Konsumen, Fox Logger Fokus Kembangkan AI untuk Otomotif

Setelah sukses melakukan IPO pada 2023, Fox Logger kini memfokuskan pengembangan bisnis ke arah teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan solusi yang lebih baik bagi konsumen, terutama…

Kantor Pusat Bank Mandiri

Selasa, 01 Oktober 2024 - 13:42 WIB

Selebrasi Seru! Bank Mandiri Rayakan HUT ke-26 dengan Program Spesial Khusus Nasabah

Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-26 pada 2 Oktober 2024, Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya sebagai institusi keuangan yang adaptif dan solutif bagi masyarakat dengan…

PT Borine Technology Indonesia lakukan groundbreaking ekspansi lahan di KEK Kendal

Selasa, 01 Oktober 2024 - 13:38 WIB

Dua Tahun Sukses Beroperasi di KEK Kendal, PT Borine Technology Indonesia Mantap Lakukan Perluasan Bisnis

PT Borine Technology Indonesia yang berdiri di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah (KEK Kendal) sejak dua tahun lalu menunjukan pertumbuhan bisnis yang signifikan dalam operasionalnya.

Edison Manalu, CEO Mount Scopus Group (The Harvest)

Selasa, 01 Oktober 2024 - 13:16 WIB

Dua Dekade Kehadiran, The Harvest Buka Gerai ke-100 di Cibubur Arundina Penuhi Antusiasme Cake Lovers

Telah menjadi brand pioneer di bidang bakery sejak 2004, berawal dari store pertama The Harvest saat ini bertempat di daerah Senopati, selama 20 tahun The Harvest terus tumbuh berkembang sampai…

PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES)

Selasa, 01 Oktober 2024 - 13:07 WIB

Lakukan Ekspansi, ACES Resmi Hadir di ACE AEON Mall Deltamas

PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES), yang menaungi ACE Indonesia, meresmikan toko ke-12 yang dibuka Perusahaan tahun ini, ACE AEON Mall Deltamas. Selain fokus pada ekspansi, Perusahaan…