1 Tahun Genosida Gaza, MUI Minta Masyarakat Tidak Kendor Boikot Israel

Oleh : Kormen Barus | Senin, 30 September 2024 - 19:05 WIB

Ledakan Libanon/foto: istimewa
Ledakan Libanon/foto: istimewa

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan kepada umat Islam untuk tetap semangat dan solid dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina lewat gerakan boikot produk Israel dan semua yang terafiliasi. Seruan itu bagian dari refleksi MUI atas genosida Israel atas Gaza di Palestina yang genap satu tahun pada 7 Oktober 2024.

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI, M. Cholil Nafis, berharap kekompakan dan dukungan Muslimin dari seluruh lapisan masyarakat untuk Palestina.

“Jangan pernah berhenti dalam gerakan boikot. Sebab, genosida di sana juga tidak berhenti. Makanya, tugas kita terus mendengungkan gerakan boikot produk Israel dan semua yang terafiliasi,” kata Cholil, (30/09/2024).

Pernyataan resmi otoritas kesehatan di Gaza belum lama ini menyebutkan hampir 45.000 orang warga Gaza tewas dalam setahun terakhir, di mana sebagian besarnya adalah anak-anak dan kaum perempuan. Barbarisme mesin-mesin perang Israel, yang didukung penuh Amerika dan Eropa hingga hari ini, telah meluluhlantakkan wilayah kecil di selatan Palestina tersebut, melukai lebih dari 100.000 orang dan memaksa 2 juta lebih penduduknya hidup di tenda-tenda pengungsian.

Menurut Cholil, derita tak berkesudahan warga Gaza itu seharusnya bisa mengingatkan umat Islam Indonesia terkait tugas dan tanggung jawab bersama dalam  menciptakan perdamaian dunia, termasuk membantu Palestina keluar dari cengkraman penjajahan Israel.

“Kita membantu Palestina sesuai dengan kemampuan masing-masing. Intinya, ini soal kemanusiaan kita bersama dan karena itu kita tidak boleh diam,” imbuhnya.

Cholil berharap informasi terkait boikot produk Israel dan semua produk terafiliasi bisa terus menggaung di tengah masyarakat, termasuk di media sosial.

“Yang penting dalam gerakan boikot ini, kita semua punya 'standing position' sama yakni membela Palestina. Kewajiban kita adalah berjuang. Soal berhasil atau tidaknya, itu  kehendak Allah SWT,” pesannya.

Menurut Cholil, gerakan boikot produk Israel dan semua produk terafiliasi memiliki pijakan yang sah, yakni pada fatwa MUI dan rekomendasi lembaga agar Muslimin beralih menggunakan produk lokal.

Pada November 2023, Fatwa MUI Nomor 83 tentang Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina menegaskan bahwa mendukung agresi Israel ke Palestina adalah hukumnya haram. Sementara dalam Fatwa MUI No. 14/Ijtima’ Ulama/VIII/2024 tentang Prioritas Penggunaan Produk dalam Negeri, MUI mendorong warga Muslim Indonesia ikut membangkitkan ekonomi nasional dengan mengkonsumsi produk lokal dan menghindari segala produk terafiliasi maupun diimpor langsung dari Israel.

Sekaitan itu, MUI juga telah mengeluarkan sejumlah kriteria produk terafiliasi Israel yang perlu diboikot. Salah satunya adalah boikot atas produk perusahaan yang sahamnya dikendalikan pihak asing yang memiliki keterikatan bisnis dengan Israel. Boikot juga diberlakukan atas produk perusahaan yang pengendali utamanya memiliki sikap politik mendukung genosida dan agresi Israel atas Bangsa Palestina. MUI juga menghimbau masyarakat berpantang dari mengkonsumsi produk yang diproduksi oleh perusahaan yang mempromosikan segala hal yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur agama, Pancasila, dan UUD 1945, termasuk homoseksualitas, terorisme, dan ultraliberalisme.

Menurut Cholil, gerakan boikot produk Israel pada dasarnya sejalan dengan sikap pemerintah Indonesia yang telah berulang kali menyampaikan sikap tegas dan mengecam barbarisme Israel di berbagai forum internasional. “Gerakan boikot ini harus dilanjutkan. Ini bukti nyata sekaligus komitmen terang di tengah umat Islam bahwa Indonesia setia mendukung dan terus membantu terwujudnya kemerdekaan Palestina,” serunya.

Kompak Boikot Israel 

Lebih jauh, Cholil menyoroti perbedaan sikap yang terjadi di tengah masyarakat terkait gerakan boikot Israel. Baginya, hal tersebut adalah wajar karena setiap orang memiliki hak berekspresi dan menyatakan pendapat. Hanya saja, dia berharap perbedaan tersebut, utamanya di antara umat Muslim Indonesia, tak perlu sampai berujung perpecahan yang bisa mengaburkan kejahatan kemanusiaan Israel di Gaza.

“MUI menghargai perbedaan pendapat yang berkembang. Itu wajar saja. Namun, perbedaan ini tidak boleh menghilangkan kesepakatan, yakni keberpihakan terhadap perjuangan Palestina. Perbedaan jangan membuat kita terpecah,” pesannya.

Dia menyatakan MUI akan tetap berupaya mengkampanyekan dua fatwa terkait boikot produk Israel meski sebagian pihak menilai gerakan boikot mengendur di tengah masyarakat. “MUI tidak masuk angin meskipun ada banyak angin yang datang ingin menggoyahkan komitmen MUI dalam gerakan boikot produk Israel dan semua yang terafiliasi. Selama praktik penjajahan kemanusiaan masih terjadi di Palestina, kami tidak akan pernah berhenti untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina,” tegasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seremonial penyerahan unit Track Type Medium (TTMD) Dozer Cat® D8 ke-9999 kepada Jhonlin Group yang diadakan di Rayong, Thailand.

Senin, 30 September 2024 - 19:37 WIB

Trakindo Laksanakan Handover Unit Track Type Medium Cat® D8 ke-9999 kepada Jhonlin Group

PT Trakindo Utama (Trakindo) kembali membuktikan kualitas layanannya dengan terpilih secara global untuk mendistribusikan Track Type Medium (TTMD) spesial berjenis Dozer Cat® D8 produksi ke-9999.

Perayaan Ulang Tahun Pertama Naaga Bar

Senin, 30 September 2024 - 19:09 WIB

Naaga Bar Rayakan Anniversary Pertama dengan Pertunjukan Special Dari 3 DJ 

Naaga Bar merayakan ulang tahun pertamanya dengan mengusung tema “The Year of Naaga”. Menampilkan pertunjuk special dari 3 DJ yang menawarkan perpaduan musik dengan cita rasa dari berbagai…

Kino Indonesia meluncurkan Perro, sebagai inovasi terbarunya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hewan peliharaan

Senin, 30 September 2024 - 18:15 WIB

Kino Indonesia Hadirkan Perro Sebagai Inovasi Produk Makanan Pets dengan Standar Internasional

Seperti halnya orang tua yang memilih makanan yang tepat untuk anak-anak mereka, pemilik hewan peliharaan juga sama telitinya dalam memilih makanan terbaik yang tidak hanya memperhatikan nilai…

Cash Wakaf Link Sukuk (CWLS)

Senin, 30 September 2024 - 17:55 WIB

Cash Wakaf Link Sukuk, Solusi Pembiayaan Syariah di Era Ekosistem Digital

Cash Wakaf Linked Sukuk (CWLS) merupakan instrumen investasi wakaf uang pada sukuk negara yang dapat dilakukan secara online maupun offline. CWLS memiliki beberapa manfaat, di antaranya: Memudahkan…

Ilustrasi industri semen. (Merdeka/Dwi Narwoko)

Senin, 30 September 2024 - 16:55 WIB

IKI September 2024 Sentuh Angka 52,48, Kemenperin: Industri Manufaktur RI Stabil

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) merilis nilai Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada periode September 2024. Tercatat, nilai IKI September 2024 mencapai 52,48.