Cash Wakaf Link Sukuk, Solusi Pembiayaan Syariah di Era Ekosistem Digital

Oleh : Candra Mata | Senin, 30 September 2024 - 17:55 WIB

Cash Wakaf Link Sukuk (CWLS)
Cash Wakaf Link Sukuk (CWLS)

INDUSTRY.co.id - Serang, Banten - Cash Wakaf Linked Sukuk (CWLS) merupakan instrumen investasi wakaf uang pada sukuk negara yang dapat dilakukan secara online maupun offline. CWLS memiliki beberapa manfaat, di antaranya: Memudahkan masyarakat untuk berwakaf uang, Mendukung pengembangan pasar keuangan syariah, Mendorong diversifikasi bisnis perbankan syariah, Mendorong pengembangan ekosistem wakaf nasional, Menyediakan alternatif instrumen investasi pengelolaan wakaf uang. 

Kemajuan teknologi digital hari ini tidak dipungkiri lagi sangat memungkinkan pergerakan transaksi secara cepat. Ekosistem Digital dengan perangkat kebijakan pemerintah menjadi salah satu pendorong terbentuknya proses yang berdampak luas. Dompet Dhuafa sebagai Nazhir Wakaf melalui Lembaga Pengembangan Investasi Wakaf (LPIW) melakukan terobosan-terobosan baru dalam pola pendanaan syariah untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi para penerima manfaat di sekitar aset wakaf yang dikelola.

Salah satunya adalah RS Mata Achmad Wardi di Kota Serang yang merupakan RS Mata pertama berbasis wakaf di Asia dimana pola pembiayaan pengadaan asetnya ditopang oleh bagi hasil CWLS dengan LKSPWU beberapa bank Syariah.

Lebih lanjut Ali Bastoni sebagai GM Literasi dan Penghimpunan Wakaf LPIW Dompet Dhuafa menuturkan dalam hal CWLS, Dompet Dhuafa telah menjalani sejak dirilisnya Sukuk Wakaf Retail (SWR) Seri 002 hingga SWR Seri 005, dimana SWR Seri 005 tahun ini masih berjalan penggalangan wakaf uangnya hingga tanggal 09 oktober 2024. Implementasi CWLS nazir dalam hal ini Dompet Dhuafa harus berkolaborasi dengan Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKSPWU) yakni CIMB Niaga Syariah. Secara periodik imbal hasil yang diperoleh dalam CWLS dan program implementasi diantaranya :

1. CWLS SWR Seri 002 tahun 2021 : Rp 528.925.389. Program-program pendidikan bantuan biaya pendidikan untuk siswa dhuafa tunas keluarga SMART Ekselensia, program kesehatan fasilitas alat kesehatan RS Hasyim Asy’ari.

2. CWLS SWR Seri 003 tahun 2022 : Rp 691.234.334. Program Sosial Dakwah yakni pengadaan kendaraan dakwah kepada 10 Da’i Pemberdaya dan realisasi program pengadaan Alat Kesehatan untuk RS AKA Medika Sribahwono

3. CWLS SWR Seri 004 tahun 2023 (capaian imbal hasil per-Agustus 2024) : Rp 399.182.218. Realisasi programnya adalah Beasiswa Pendidikan dan Digitalisasi Pendidikan Pesantren Tahfidz Green Lido, Sukabumi yang saat ini dalam proses pembangunan.

4. CWLS SWR Seri 005 tahun 2024 : Pokok wakaf uang yang digalang masih berjalan hingga 09 oktober 2024, Rencana program adalah asrama santri dan ventilator Kesehatan.

"RS Mata Achmad Wardi memiliki layanan sub spesialis retina dan sub spesialis glukoma, yang atas manfaat dari program wakaf saat ini dilengkapi oleh alat kesehatan retina dan glukoma yang modern antara lain alatnya OCT, Fotofundus, PRP, HFA, NDYAG, Poropter yang Dalam waktu dekat, RSAW akan membuka layanan sub spesialis infeksi & imunologi yang juga menjadi satu-satunya di Banten, selain sub spesialis retina dan glukoma," Pungkas dr. Pradipta Suarsyaf, MMRS, MPM, Dipl.BA, FRSPH, FISQua, FAAPM, SCL selaku Direktur Utama RS Mata Achmad Wardi.

.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seremonial penyerahan unit Track Type Medium (TTMD) Dozer Cat® D8 ke-9999 kepada Jhonlin Group yang diadakan di Rayong, Thailand.

Senin, 30 September 2024 - 19:37 WIB

Trakindo Laksanakan Handover Unit Track Type Medium Cat® D8 ke-9999 kepada Jhonlin Group

PT Trakindo Utama (Trakindo) kembali membuktikan kualitas layanannya dengan terpilih secara global untuk mendistribusikan Track Type Medium (TTMD) spesial berjenis Dozer Cat® D8 produksi ke-9999.

Perayaan Ulang Tahun Pertama Naaga Bar

Senin, 30 September 2024 - 19:09 WIB

Naaga Bar Rayakan Anniversary Pertama dengan Pertunjukan Special Dari 3 DJ 

Naaga Bar merayakan ulang tahun pertamanya dengan mengusung tema “The Year of Naaga”. Menampilkan pertunjuk special dari 3 DJ yang menawarkan perpaduan musik dengan cita rasa dari berbagai…

Ledakan Libanon/foto: istimewa

Senin, 30 September 2024 - 19:05 WIB

1 Tahun Genosida Gaza, MUI Minta Masyarakat Tidak Kendor Boikot Israel

Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan kepada umat Islam untuk tetap semangat dan solid dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina lewat gerakan boikot produk Israel dan semua…

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI

Senin, 30 September 2024 - 18:50 WIB

Sukses Tekan Disparitas Harga, Tol Laut Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Jakarta, FMB9 - Program Tol Laut yang diinisiasi Presiden Joko Widodo sejak awal masa pemerintahan telah berperan penting dalam menghubungkan wilayah-wilayah terluar, terdepan, tertinggal, dan…

Anugerah Layanan Investasi 2024

Senin, 30 September 2024 - 18:34 WIB

Kemhan RI Raih Terbaik Pertama Pada Penghargaan Anugerah Layanan Investasi 2024

Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., M.S.P, mewakili Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia…