Veracity Research: 48,58% Responden Memilih Paslon RK-Suswono

Oleh : Wiyanto | Senin, 30 September 2024 - 16:16 WIB

Veracity Press Conference terkait survei Cagub dan Cawagub Pilkada Jakarta
Veracity Press Conference terkait survei Cagub dan Cawagub Pilkada Jakarta

INDUSTRY.co.id-Jakarta – Lembaga Riset Veracity mencatat sebanyak 48,58% responden akan memilih pasangan calon (paslon) Ridwan Kamil – Suswono (Rido) sebagai Gubernur – calon Wakil Gubernur Daerah Khusus Jakarta pada Pilkada serentak 27 November 2024 mendatang.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi DKJ telah menetapkan 3 paslon yang akan berkontestasi pada Pilkada 2024 itu. Ketiga paslon itu terdiri dari M. Ridwan Kamil – Suswono mendapat nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana (nomor urut 2), dan Pramono Anung-Rano Karno (nomor urut 3).

“Survei ini melibatkan sebanyak 1.200 responden dengan menggunakan metode multistage random sampling di seluruh wilayah Jakarta,” ujar Direktur Veracity Data Indonesia, M. Akram Mansyur dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (30/09/2024).

Ia mengatakan, salah satu pernyataan dalam survei itu adalah jika Pilkada dilakukan pada saat survei dilakukan dengan simulasi pada 3 pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta.

Hasilnya, kata dia, pasangan Ridwan Kamil – Suswono mendapat dukungan sebesar 48,58%. Sementara itu, Pramono Anung – Rano Karno sebesar 32,08% dan Dharma Pongrekun – Kun Wardana sebesar 2,25%.

“Pasangan Ridwan Kamil – Suswono menjadi pasangan yang disukai oleh masyarakat Jakarta dibandingkan dua pasangan lainnya,” jelas Akram. 

Jika Pilkada Dua Putaran Hasil survei Veracity juga mencatat, jika Pilkada Jakarta berlangsung dua putaran, pasangan Ridwan Kamil dan Suswono juga mendapatkan suara lebih banyak jika disandingkan dengan dua pasangan lain. Simulasi pertama pasangan Ridwan Kamil – Suswono mendapatkan suara sebesar 62,50% dibandingkan pasangan Dharma Pongrekun – Kun Wardana (7,08%) dan yang ragu-ragu (10,58%), serta tidak tahu (19,83%). Sedangkan pada simulasi kedua Pilkada putaran kedua, pasangan Ridwan Kamil – Suswono mendapatkan suara 47,67% dibandingkan pasangan Pramono Anung – Rano Karno sebesar 32,42%, tidak tahu (12,92%) dan yang ragu-ragu (7%). 

Simulasi Pilkada putaran kedua yang melibatkan pasangan Pramono Anung – Rano Karno dan Pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Pasangan Pramono Anung mendapatkan dukungan sebesar 56,58% dan Dharma Pongrekun – Kun Wardana sebesar 4,92%. 

Pemilihan Kepala Daerah akan berlangsung kurang dari dua bulan kedepan, tapi jika tidak ada perubahan pola kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, maka pasangan Ridwan Kamil – Suswono memiliki peluang paling besar menjadi pemenang pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta pada 27 November 2024 mendatang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kino Indonesia meluncurkan Perro, sebagai inovasi terbarunya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hewan peliharaan

Senin, 30 September 2024 - 18:15 WIB

Kino Indonesia Hadirkan Perro Sebagai Inovasi Produk Makanan Pets dengan Standar Internasional

Seperti halnya orang tua yang memilih makanan yang tepat untuk anak-anak mereka, pemilik hewan peliharaan juga sama telitinya dalam memilih makanan terbaik yang tidak hanya memperhatikan nilai…

Cash Wakaf Link Sukuk (CWLS)

Senin, 30 September 2024 - 17:55 WIB

Cash Wakaf Link Sukuk, Solusi Pembiayaan Syariah di Era Ekosistem Digital

Cash Wakaf Linked Sukuk (CWLS) merupakan instrumen investasi wakaf uang pada sukuk negara yang dapat dilakukan secara online maupun offline. CWLS memiliki beberapa manfaat, di antaranya: Memudahkan…

Ilustrasi industri semen. (Merdeka/Dwi Narwoko)

Senin, 30 September 2024 - 16:55 WIB

IKI September 2024 Sentuh Angka 52,48, Kemenperin: Industri Manufaktur RI Stabil

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) merilis nilai Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada periode September 2024. Tercatat, nilai IKI September 2024 mencapai 52,48.

vivo V40 Lite

Senin, 30 September 2024 - 15:19 WIB

Gabungkan Style Kekinian dan Kecanggihan vivo AI, vivo V40 Lite Resmi Hadir di Indonesia

vivo Indonesia terus menghadirkan inovasi terkini lewat kehafiran vivo V40 Lite yang memadukan desain ramping nan modern serta sentuhan warna Titanium Silver yang futuristik. vivo V40 Lite juga…

Agen BRIlink

Senin, 30 September 2024 - 14:57 WIB

Beri Kemudahan ke Masyarakat, Sinergi BRI dan PELNI Hadirkan Layanan Reservasi Tiket Kapal Laut

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memiliki komitmen untuk terus meningkatkan inklusi keuangan di seluruh pelosok negeri. Salah satu upaya konkret yang dilakukan perseroan adalah melalui…