Ini Kelebihan Meterai Elektronik untuk Bisnis Anda

Oleh : Hariyanto | Senin, 30 September 2024 - 10:54 WIB

Ilustrasi e-materai
Ilustrasi e-materai

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada beberapa waktu, e-Meterai atau meterai elektronik sempat menjadi buah bibir di tengah masyarakat. Terlebih, penggunaan e-Meterai merupakan salah satu syarat administrasi dalam proses pendaftaran CPNS.

Walau demikian, e-Meterai ini sebenarnya tidak hanya dapat digunakan oleh calon ASN saja. Bisnis juga dapat menerima manfaat dan kelebihan dari penggunaan e-Meterai. Melalui artikel ini, kami merangkum 4 kelebihan e-Meterai yang bisnis perlu ketahui.

1. Meningkatkan Efisiensi

Dengan menggunakan e-Meterai, proses pengesahan dokumen yang biasanya memakan waktu bisa dipercepat karena dilakukan secara digital. Proses manual seperti mencetak, mengirim, atau menunggu dokumen dibubuhkan dan ditandatangani tidak perlu lagi dilakukan. Dampaknya Anda atau tim bisa memiliki waktu lebih untuk mengerjakan pekerjaan prioritas lainnya.

Selain itu, e-Meterai juga memungkinkan pembubuhan dokumen dari mana saja dan kapan saja. Hal ini mengeliminasi kendala mobilisasi dan mempermudah kolaborasi yang dapat mempercepat dan meningkatkan efisiensi alur kerja bisnis.

2. Berkekuatan Hukum

Secara regulasi, e-Meterai di Indonesia sudah diatur melalui UU Bea Meterai serta PMK No 134 Tahun 2021 yang mengatur secara khusus e-Meterai. Ruang lingkup yang di atur mulai dari format, penggunaan, dan tata cara pengelolaannya. Dengan demikian, kekuatan hukum pada e-Meterai pada intinya setara dengan meterai konvensional sehingga aman untuk digunakan dalam transaksi resmi, baik perorangan ataupun bisnis.

Perusahaan yang mengadopsi penggunaan e-Meterai menunjukkan komitmen terhadap kepatuhan hukum. Dimana setiap transaksi dan dokumen yang menggunakan e-Meterai sudah membayar bea meterai dan memiliiki keabsahan hukum yang diakui sehingga dapat dijadikan sebagai bukti di pengadilan.

3. Mendukung Kampanye Ramah Lingkungan

Dengan menggunakan e-Meterai, Anda ikut andil untuk mengurangi penggunaan limbah kertas yang mana turut menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu dengan e-Meterai, Anda tidak perlu mencetak, mengirim, dan menyimpan dokumen fisik sehingga dapat berkontribusi mengurangi jejak emisi karbon dari mobilisasi yang dilakukan untuk mengantarkan dokumen Anda.

4. Dapat Diintegrasikan dengan Sistem

Beberapa penyedia meterai elektronik resmi memiliki fitur integrasi alias API. Dengan API, bisnis maupun klien dapat melakukan pembubuhan meterai elektronik pada sistem/aplikasi miliknya masing-masing.

Itulah kelebihan e-Meterai yang sayang untuk bisnis lewatkan. Karena hanya dengan membeli eMeterai 1000, bisnis dapat memastikan transformasi digital pengesahan dokumen tetap aman dan berkekuatan hukum kuat. Selain itu, ada potensi pembubuhan dapat dilakukan lebih cepat melalui sistem yang terintegrasi.

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perayaan Ulang Tahun Pertama Naaga Bar

Senin, 30 September 2024 - 19:09 WIB

Naaga Bar Rayakan Anniversary Pertama dengan Pertunjukan Special Dari 3 DJ 

Naaga Bar merayakan ulang tahun pertamanya dengan mengusung tema “The Year of Naaga”. Menampilkan pertunjuk special dari 3 DJ yang menawarkan perpaduan musik dengan cita rasa dari berbagai…

Ledakan Libanon/foto: istimewa

Senin, 30 September 2024 - 19:05 WIB

1 Tahun Genosida Gaza, MUI Minta Masyarakat Tidak Kendor Boikot Israel

Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan kepada umat Islam untuk tetap semangat dan solid dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina lewat gerakan boikot produk Israel dan semua…

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI

Senin, 30 September 2024 - 18:50 WIB

Sukses Tekan Disparitas Harga, Tol Laut Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Jakarta, FMB9 - Program Tol Laut yang diinisiasi Presiden Joko Widodo sejak awal masa pemerintahan telah berperan penting dalam menghubungkan wilayah-wilayah terluar, terdepan, tertinggal, dan…

Anugerah Layanan Investasi 2024

Senin, 30 September 2024 - 18:34 WIB

Kemhan RI Raih Terbaik Pertama Pada Penghargaan Anugerah Layanan Investasi 2024

Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., M.S.P, mewakili Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia…

Kino Indonesia meluncurkan Perro, sebagai inovasi terbarunya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hewan peliharaan

Senin, 30 September 2024 - 18:15 WIB

Kino Indonesia Hadirkan Perro Sebagai Inovasi Produk Makanan Pets dengan Standar Internasional

Seperti halnya orang tua yang memilih makanan yang tepat untuk anak-anak mereka, pemilik hewan peliharaan juga sama telitinya dalam memilih makanan terbaik yang tidak hanya memperhatikan nilai…