Catat! Menteri ESDM Minta ExxonMobil Cepu Tingkatkan Produksi Minyak Jadi 150.000 BOPD

Oleh : Kormen Barus | Senin, 30 September 2024 - 14:29 WIB

Fasilitas pengolahan minyak Exxonmobil Cepu Limited (Ist)
Fasilitas pengolahan minyak Exxonmobil Cepu Limited (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Produksi minyak Indonesia terus mengalami penurunan, sehingga upaya peningkatan produksi minyak nasional menjadi sangat penting untuk mengurangi ketergantungan pada impor. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia meminta ExxonMobil Cepu Ltd untuk meningkatkan kapasitas produksinya menjadi 150.000 barel minyak per hari (BOPD) pada tahun 2026.

"Saat ini, tingkat produksi minyak nasional sekitar 577 ribu BOPD. Dari jumlah tersebut, Blok Cepu masih memberikan kontribusi sekitar 144 ribu BOPD, menjadikannya salah satu yang terbesar secara nasional," ujar Bahlil saat berbincang dengan jajaran manajemen, insinyur, dan operator Blok Cepu di Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (30/9).

Bahlil menekankan pentingnya upaya peningkatan produksi untuk menekan defisit minyak yang saat ini terjadi. Ia meminta Presiden Direktur ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) Carole Gall yang hadir dalam pertemuan tersebut, untuk menaikkan target produksi dari 125.000 BOPD pada tahun 2026 menjadi 150.000 BOPD.

"Exxon menargetkan 125 ribu barel untuk 2026. Tapi saya punya keyakinan, dengan sistem manajemen, etos kerja, dan kreativitas tim Exxon di lapangan, ExxonMobil harus bisa mencapai di atas 150 ribu barel per hari pada tahun 2026 untuk mengurangi defisit lifting kita," pinta Bahlil.

Bahlil juga menegaskan bahwa pemerintah saat ini, maupun di bawah Presiden terpilih Prabowo Subianto, mendukung penuh peningkatan produksi minyak ini karena berdampak besar bagi penerimaan negara dan cadangan devisa.

"Negara kita membutuhkan dukungan dari perusahaan-perusahaan berpengalaman untuk meningkatkan produksinya. Presiden terpilih, Pak Prabowo, memerintahkan saya untuk menyelesaikan masalah lifting minyak ini, karena peningkatan lifting pasti akan meningkatkan pendapatan negara dan mengurangi impor," katanya.

Menanggapi permintaan tersebut, Presiden Direktur EMCL Carole Gall menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk bekerja keras meningkatkan produksi Blok Cepu. Salah satu langkah yang sudah dilakukan adalah produksi minyak pertama dari pemboran Banyu Urip infill clastic pada 2024, yang menghasilkan 13.300 BOPD.

"Ini adalah langkah penting dalam upaya kami untuk terus meningkatkan produksi dari Blok Cepu. Kami benar-benar membuat sejarah dengan Banyu Urip infill clastic drilling," ujar Carole.

Keberhasilan EMCL dalam menghasilkan minyak perdana dari pemboran sumur infill clastic ini menjadi program strategis bagi ExxonMobil, mitra, dan Indonesia. "Program ini sangat penting bagi ExxonMobil, para mitra, dan Indonesia. Program ini akan berkontribusi untuk mencapai target produksi nasional dan memperkuat ketahanan energi Indonesia," tutup Carole. (Sumber: Kementerian ESDM)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Veracity Press Conference terkait survei Cagub dan Cawagub Pilkada Jakarta

Senin, 30 September 2024 - 16:16 WIB

Veracity Research: 48,58% Responden Memilih Paslon RK-Suswono

Lembaga Riset Veracity mencatat sebanyak 48,58% responden akan memilih pasangan calon (paslon) Ridwan Kamil – Suswono (Rido) sebagai Gubernur – calon Wakil Gubernur Daerah Khusus Jakarta…

vivo V40 Lite

Senin, 30 September 2024 - 15:19 WIB

Gabungkan Style Kekinian dan Kecanggihan vivo AI, vivo V40 Lite Resmi Hadir di Indonesia

vivo Indonesia terus menghadirkan inovasi terkini lewat kehafiran vivo V40 Lite yang memadukan desain ramping nan modern serta sentuhan warna Titanium Silver yang futuristik. vivo V40 Lite juga…

Agen BRIlink

Senin, 30 September 2024 - 14:57 WIB

Beri Kemudahan ke Masyarakat, Sinergi BRI dan PELNI Hadirkan Layanan Reservasi Tiket Kapal Laut

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memiliki komitmen untuk terus meningkatkan inklusi keuangan di seluruh pelosok negeri. Salah satu upaya konkret yang dilakukan perseroan adalah melalui…

Tips Roojai – Mobil Sering Kena Macet, Komponen Ini Wajib Dirawat

Senin, 30 September 2024 - 14:49 WIB

Mobil Sering Kena Macet, Komponen Ini Wajib Dirawat

Jakarta - Setiap pengemudi pasti pernah merasa frustrasi saat terjebak di tengah kemacetan. Masalah mobil yang sering kena macet tidak hanya mengganggu perjalanan, tetapi juga mempengaruhi performa…

Rosihan Arsyad Luncurkan Buku 'Indonesia’s Maritime Interest, Cooperation and Capacity Building'

Senin, 30 September 2024 - 14:45 WIB

Rosihan Arsyad Luncurkan Buku 'Indonesia’s Maritime Interest, Cooperation and Capacity Building'

Tokoh militer Indonesia yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf Armada Barat Angkatan Laut RI dan menjadi Gubernur Sumatera Selatan Laksamana Muda TNI (Purn) Rosihan Arsyad merilis buku terbarunya…