Teknologi AI Denta-Scan Hadir di Layanan Tanya Dokter Gigi by Pepsodent

Oleh : Nina Karlita | Minggu, 29 September 2024 - 21:40 WIB

Pepsodent rayakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2024
Pepsodent rayakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Unilever Indonesia melalui Pepsodent, bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), dan Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI), resmi meluncurkan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2024. 

Program tahunan ini, yang memasuki tahun ke-15, mengusung tema “Berani Unjuk Gigi, Dukung Senyum Indonesia Lebih Kuat”, dan kembali menghadirkan layanan pemeriksaan gigi gratis serta konsultasi gigi online “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” yang kini dilengkapi teknologi terbaru, Pepsodent AI Denta-Scan.

Peluncuran BKGN 2024 juga menandai dukungan Pepsodent sebagai Official Oral Care Partner Tim Nasional Sepak Bola Indonesia, memperkuat komitmennya dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut di kalangan atlet nasional.

BKGN telah menjadi inisiatif penting sejak pertama kali diluncurkan pada 12 September 2010, yang kemudian dijadikan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) oleh Kementerian Kesehatan pada 2011. Tema HKGN tahun ini adalah “Senyum Sehat, Indonesia Maju”, yang berfokus pada kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia.

Distya Tarworo Endri, Head of Marketing Oral Care and Professional Marketing Unilever Indonesia, menjelaskan bahwa BKGN telah berperan penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menyikat gigi di waktu yang tepat dan rutin berkonsultasi ke dokter gigi. 

“Sejak diluncurkan, BKGN telah memberikan manfaat kepada lebih dari 1,1 juta masyarakat, dengan pemeriksaan dan perawatan gigi gratis di seluruh FKG dan RSGMP di Indonesia. Tahun ini, kami memperkenalkan teknologi AI dalam layanan kami untuk memperkuat dampak program ini,” jelasnya.

Drg. Ratu Mirah Afifah, Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia, menjelaskan bahwa layanan “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”, yang telah digunakan lebih dari 140.000 masyarakat, kini semakin canggih dengan teknologi Pepsodent AI Denta-Scan. 

Layanan ini memungkinkan pengguna mendapatkan screening awal kesehatan gigi melalui AI, yang kemudian diarahkan ke konsultasi lebih lanjut dengan dokter gigi via chat atau video call. Fitur ini dapat diakses masyarakat mulai akhir September 2024.

Hamish Daud, Brand Ambassador Pepsodent, yang menjadi wajah virtual dalam layanan AI tersebut, menyampaikan antusiasmenya terhadap inovasi ini. 

“Teknologi AI dalam layanan kesehatan gigi ini sangat personal dan mudah digunakan. Saya yakin inovasi ini akan membantu menghilangkan stigma bahwa konsultasi ke dokter gigi adalah hal yang menakutkan,” ujarnya.

Dengan target menjangkau 29.000 pasien, BKGN 2024 akan menyediakan layanan gratis di 30 Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Rumah Sakit Gigi Mulut Pendidikan (RSGMP) di seluruh Indonesia. 

Selain itu, 70 cabang PDGI akan memberikan edukasi dan perawatan gigi melalui Program Sekolah, termasuk untuk anak berkebutuhan khusus, siswa Sekolah Sepak Bola, dan anak yatim/piatu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jazz Burangrang 2024 digelar di Dusun Bambu, Bandung, pada 19 Oktober 2024.

Minggu, 29 September 2024 - 19:27 WIB

Musik yang Menenangkan dan Alam Bandung yang Menenangkan di Jazz Gunung Burangrang 2024

Jazz Gunung Burangrang menjanjikan pengalaman musik tak terlupakan melalui penampilan musisi lintas generasi di tiga panggung utama, serta panggung unik bertema silent concert.

Metland Venya Ubud

Minggu, 29 September 2024 - 14:00 WIB

Sasar Investor Asing, Metland Operasikan Venya Villa Ubud di Bali

PT Metropolitan Land Tbk (Metland) mulai mengoperasikan Venya Villa Ubud, setelah sebelumnya terhenti akibat pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu.

Hery Gunardi, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia

Minggu, 29 September 2024 - 13:39 WIB

Aset BSI Tumbuh 48% dalam 3 Tahun

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatatkan pertumbuhan asset dalam tiga tahun terakhir mencapai 48% sejak 2020 hingga Desember 2023. Pada kuartal II tahun 2024, BSI berhasil menorehkan…

Mandiri MyPertamina Card

Minggu, 29 September 2024 - 11:30 WIB

Kembali Penuhi Kebutuhan Pecinta Otomotif, Bank Mandiri Relaunching Mandiri MyPertamina Card

Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem, guna mempermudah transaksi nasabah. Terbaru, Bank Mandiri memperkuat kemitraan dengan Pertamina…

Longsor di Solok/ foto antara

Minggu, 29 September 2024 - 11:05 WIB

Longsor di Solok Akibat Penggalian Lereng dan Curah Hujan Tinggi

Jakarta-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat melalui juru bicaranya Ilham Wahab menginformasikan telah terjadi bencana berupa gerakan tanah longsor di tambang emas rakyat…