Dalam Rakernas ke-20 PSMTI Ungkap Lima Poin Harapan Dalam Menyosong Indonesia Emas 2045

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 28 September 2024 - 13:52 WIB

Gelar Rakernas ke-20 sekaligus merayakan HUT ke-26, PSMTI siap berkontribusi dalam rangka mendorong pembangunan ekonomi nasional.
Gelar Rakernas ke-20 sekaligus merayakan HUT ke-26, PSMTI siap berkontribusi dalam rangka mendorong pembangunan ekonomi nasional.

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Wilianto Tanta, menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung pembangunan nasional dalam Rakernas ke-20 dan peringatan HUT PSMTI ke-26 yang berlangsung pada hari ini i Hotel InterContinental Pondok Indah, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9).

Rakernas dan HUT PSMTI kali ini dihadiri oleh Hashim S. Djojohadikusumo (Wakil Ketua Dewan Pembina Partai GERINDRA), Dr Ir H Andi Amran Sulaiman (Menteri Pertanian RI), Peng Suyoto (Sekretaris Umum PSMTI), dan Johnny Situwanda (Ketua Panitia HUT ke-26 PSMTI dan Rakernas ke-20 PSMTI).

Wilianto menegaskan bahwa sejak berdiri pada 28 September 1998, PSMTI telah menjadi wadah besar bagi masyarakat Tionghoa Indonesia di 33 provinsi dan 308 kota-kabupaten. 

"PSMTI akan terus menjalankan berbagai program sosial, budaya, dan kemasyarakatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tionghoa Indonesia serta masyarakat Indonesia lainnya. Kami juga berperan aktif dalam mempererat hubungan antar suku dan agama di Indonesia," ujar Wilianto.

Tema rakernas kali ini yakni "PSMTI Siap Mendukung Indonesia Emas 2045 dalam Bidang Ketahanan Pangan, Makanan Bergizi dan Stunting. Dalam hal ini, Wilianto mengajak seluruh pengurus dan anggota serta kader PSMTI untuk bekerja keras mewujudkan cita-cita organisasi dalam mendukung program-program pemerintah.

Ia juga menegaskan bahwa sudah mempersiapkan kader PSMTI terbaik yang siap berkontribusi dalam pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka di kabinet dan perusahaan negara dalam rangka mendorong pembangunan ekonomi nasional.

"Tentunya kita punya kader-kader terbaik yang bisa dan siap membantu di pemerintahan Pak Prabowo dan Mas Gibran," ujarnya.

Wilianto menyampaikan lima harapan untuk masa depan PSMTI, terutama dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Pertama, PSMTI harus terus menjadi "Rumah Besar" bagi masyarakat Tionghoa Indonesia, tempat bersatu dan berkolaborasi untuk berkontribusi pada pembangunan bangsa. 

Kedua, PSMTI harus menjadi mitra strategis pemerintah dalam program ketahanan pangan, mengingat 80% anggota PSMTI merupakan pelaku usaha yang siap mendukung upaya ini.

Ketiga, Wilianto mengingatkan pentingnya partisipasi aktif dalam membangkitkan kesadaran berbangsa untuk memperkuat hubungan sosial. 

"Saling percaya, menghormati, dan bergotong-royong adalah pilar untuk mewujudkan Indonesia sejahtera dan berkeadilan," tegasnya.

Keempat, dalam bidang sosial, PSMTI berperan dalam menjaga solidaritas antar anggota masyarakat. Hubungan sosial yang kuat, menurutnya, akan menjadi dasar kemajuan komunitas dan harmoni internal.

Kelima, Wilianto menekankan pentingnya peran PSMTI dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Pemberdayaan ekonomi lokal, pendidikan kewirausahaan, serta kerja sama lintas sektor diharapkan mampu menciptakan peluang ekonomi yang berkelanjutan.

"Melalui kerja keras dan komitmen bersama, saya yakin PSMTI akan terus maju dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Tionghoa Indonesia dan seluruh bangsa Indonesia," tutup Wilianto dalam pidato penutupnya.

PSMTI yang selama 26 tahun berdiri sebagai rumah besar bagi masyarakat Tionghoa Indonesia terus siap berkontribusi lebih besar untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung livin dan Kopra by Mandiri

Sabtu, 28 September 2024 - 14:52 WIB

Fantastis ! Aset Bank Mandiri Tumbuh 46% sejak 2020, Tegaskan Peran BUMN Dalam Pembangunan Ekonomi

Bank Mandiri sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus konsisten menjaga pertumbuhan bisnis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Terbukti, hingga kuartal II 2024, total aset konsolidasi…

Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas

Sabtu, 28 September 2024 - 13:33 WIB

Tips: Begini Cara Menyimpan Makanan di Kulkas, Dijamin Tetap Segar dan Terjaga Kualitasnya

Kulkas menjadi alat elektronik paling penting di rumah untuk menjaga makanan tetap segar dan tahan lama. Kulkas tidak hanya berfungsi sebagai wadah pendingin, tetapi juga dapat memperlambat…

Midea Hadiran Solusi Sistem Tata Udara Komersial hingga Rumah Tangga di Pameran RHVAC Indonesia

Sabtu, 28 September 2024 - 13:28 WIB

Midea Hadiran Solusi Sistem Tata Udara Komersial hingga Rumah Tangga di Pameran RHVAC Indonesia

Perusahaan alat elektronik kelas dunia, Midea Electronics Indonesia, hadir di pameran RHVAC Indonesia yang digelar di Jiexpo Kemayoran – Jakarta, pada 25 – 27 September 2024.

Talk show Industrial Festival 2024 bertajuk How to Gain Profit Through Marketplace

Sabtu, 28 September 2024 - 13:23 WIB

Influencer Top Zaskia Meica Blak-Blakan Ungkap Cara Meraih Cuan di Industrial Festival Kemenperin

Influencer yang juga entrepeneur muda Zaskia Adya Mecca berkesempatan menjadi pembicara dalam talk show Industrial Festival 2024 bertajuk How to Gain Profit Through Marketplace di Tangerang,…

Dirjen IKMA Kemenperin, Reni Yanita

Sabtu, 28 September 2024 - 13:17 WIB

Kemenperin Dorong IKM Halal Perluas Pangsa Pasar Lewat Digitalisasi

Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang sangat tinggi untuk mengembangkan industri halal mulai dari makanan dan minuman, kosmetik, fashion, farmasi,…