Menteri ESDM Bahlil Lahadalia Ungkap Konsep Win-Win Solution Skema Investasi Untuk Pembangkit EBT

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 27 September 2024 - 11:26 WIB

Pembangkit Listrik EBT (Photo by Kompas.com)
Pembangkit Listrik EBT (Photo by Kompas.com)

INDUSTRY.co.id,  Jakarta-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa pemerintah bersama PT. PLN (Persero) tengah menyusun Rancangan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) Tahun 2025-2035 dengan menargetkan sedikitnya 60% merupakan pembangkit listrik berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) dari total pembangkit.

"Saya mulai diperintahkan oleh Presiden Jokowi sama Presiden Pak Prabowo untuk mendetailkan, kita konversi RUPTL 2025-2035, 10 tahun kan, RUPTL itu minimum saya katakan 60% itu harus energi baru terbarukan," tuturnya pada acara Kumparan Green Initiative Conference 2024 di Jakarta, Rabu (25/9/2024).

Untuk meningkatkan porsi pembangkit berbasis EBT dalam RUPTL, jelas Bahlil, pemerintah tengah mengkaji secara komprehensif skema yang akan digunakan dengan tidak merugikan PT. PLN (Persero), pengusaha Independent Power Producer (IPP), maupun tidak memberatkan negara jika akan memberikan subsidi. Karena capital Expenditure (capex) dalam pembangunan pembangkit berbasis EBT sangat mahal, Bahlil menyebutkan bahwa untuk 1 MW pembangkit EBT, dana yang dikucurkan mencapai USD6 juta, nilai tersebut mencapai 6 kali lebih besar apabila dibandingkan dengan pembangkit berbasis batubara yang jauh lebih murah dengan nilai di bawah USD1 juta untuk 1 MW.

Bahlil melanjutkan untuk mengambil jalan tengah permasalahan tersebut, pemerintah sedang meriset opsi yang sudah didiskusikan bersama antara pemerintah, PLN, dan pelaku usaha, dengan memberikan kontrak IPP bekerja sama dengan PLN selama 30 tahun, dengan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) yang akan diturunkan bertahap setiap 10 tahun.

"Kita tarik break even point-nya (IPP) itu 8 sampai 10 tahun. Setelah harganya tinggi, langsung turun perlahan-lahan. Jadi 10 tahun pertama, supaya ada perbankan yang membiayai pengusahanya hingga break even point, habis itu terus diturunkan, dan kontraknya 30 tahun. Jadi 10 tahun dia berusaha untuk mengembalikan modalnya 20 tahun dia menikmati hasilnya. Dan Alhamdulillah metode ini dapat diterima baik oleh pemerintah, PLN dan pengusaha. Dan konsep ini saya pikir win-win solution," ujarnya.

Ia pun memberikan contoh skema penurunan harga BPP secara bertahap dalam setiap 10 tahun pada pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP), sehingga ke depannya tidak akan memberatkan beban subsidi negara dan PLN sebagai penyedia jaringan listrik nasional.

"Kalau tidak salah PLN itu menerima itu dalam peraturan kemarin saya sudah tanda tangani untuk 10 tahun pertama sekitar 9,5 sen untuk geotermal. Nanti bertahap 10 tahun, habis itu turun menjadi 7 sampai 7,3 sen. Habis itu diturunkan lagi. Supaya apa? PLN bisa dapat untung dan negara tidak diberikan beban," pungkasnya. (Kementerian ESDM).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil hybrid dan listrik - Shutterstock by mpohodzhay

Jumat, 27 September 2024 - 13:19 WIB

Memahami Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid

Jakarta- Mobil listrik dan mobil hybrid kini semakin populer karena lebih ramah lingkungan. Meski tampak serupa dalam hal mengurangi emisi gas buang, mobil listrik dan hybrid memiliki perbedaan…

Ichwan Peryana (32), Co-Founder & Director PT Finansial Integrasi Teknologi (Pinjam Modal) dinobatkan menjadi Ambassador World CIO 200 dalam World CIO 200 Grand Finale 2024 yang dihelat Global CIO Forum di Johannesburg, Afrika Selatan, 15-19 September 2024.

Jumat, 27 September 2024 - 11:47 WIB

World CIO 200: Meski Masih Muda, Ichwan Peryana Terpilih Sebagai Ambassador

Jakarta, Jumat (27/09/2024)- Satu lagi anak muda Indonesia berprestasi di level dunia. Ichwan Peryana (32), Co-Founder & Director PT Finansial Integrasi Teknologi (Pinjam Modal) dinobatkan menjadi…

Keris Single Malt Phinisi Boat Party Eksklusif

Jumat, 27 September 2024 - 11:23 WIB

Keris Single Malt Rayakan Kesuksesan dengan Phinisi Boat Party Eksklusif

Setelah sukses menggelar Grand Launching di H Club, Keris Single Malt Whisky terus memanjakan para penggemarnya dengan pengalaman yang tak terlupakan. Kali ini, Keris Single Malt akan mengadakan…

Ilustrasi keamanan siber

Jumat, 27 September 2024 - 11:13 WIB

Survei: Kekhawatiran Atas Ransomware Makin Meningkat Bagi Perusahaan Indonesia

Cloudflare, Inc. (NET), perusahaan cloud konektivitas terkemuka, hari ini merilis studi baru tentang keamanan siber di Asia Pasifik. Laporan tersebut, yang berjudul “Menavigasi Lanskap Baru…

Kementerian PUPR Jajaki Kerja Sama Pemecah Gelombang dan Tanggul Laut dengan NHRI

Jumat, 27 September 2024 - 10:57 WIB

Kementerian PUPR Jajaki Kerja Sama Pemecah Gelombang dan Tanggul Laut dengan NHRI

Dalam kunjungan kerjanya ke Tiongkok, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan dengan Nanjing Hydraulic Research Institute (NHRI) untuk menjajaki…