Ecolab Perkenalkan Solusi Inovatif di Industri Daur Ulang PET

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 26 September 2024 - 16:54 WIB

Terence Tan, Direktur Pemasaran Ecolab di Asia Tenggara, menjelaskan bahwa pendekatan Ecolab membantu produsen RPET dari proses awal hingga akhir
Terence Tan, Direktur Pemasaran Ecolab di Asia Tenggara, menjelaskan bahwa pendekatan Ecolab membantu produsen RPET dari proses awal hingga akhir

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Berdasarkan data dari Program Lingkungan PBB, sekitar 300 juta ton limbah plastik dihasilkan setiap tahunnya, dengan 8 juta ton di antaranya mencemari lautan.

Menyikapi hal ini, sektor industri makanan dan minuman mulai mengambil langkah konkret untuk mengurangi penggunaan plastik konvensional dengan menggantinya menggunakan plastik daur ulang (Recyclable PET/RPET).

Sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan, perusahaan-perusahaan di industri ini menargetkan untuk mengganti hingga 50% kemasan plastik mereka dengan plastik daur ulang dalam dekade mendatang. Pergeseran ini tidak hanya mengubah pola produksi, pembelian, dan konsumsi, tetapi juga mendorong peningkatan standar kebersihan dan penghematan air dalam proses produksi plastik daur ulang.

Ecolab, pemimpin global dalam solusi air, kebersihan, dan pencegahan infeksi, menyadari tantangan ini dan memperkenalkan solusi inovatif yang dirancang khusus untuk produsen RPET. Ecolab, melalui divisi Food and Beverage, memperkenalkan teknologi sanitasi yang mampu membantu produsen RPET meningkatkan efisiensi proses pencucian dengan menjaga standar kebersihan tinggi, serta mengurangi penggunaan air dan energi.

Pada Indo Waste & Recycling 2024 Expo yang berlangsung di Jakarta pekan lalu, Terence Tan, Direktur Pemasaran Ecolab di Asia Tenggara, menjelaskan bahwa pendekatan Ecolab membantu produsen RPET dari proses awal hingga akhir. 

“Solusi kami memungkinkan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menghadirkan inovasi yang sesuai dengan tantangan yang dihadapi produsen RPET,” ujar Terence.

Kemitraan strategis Ecolab dengan produsen lokal, Amandina Bumi Nusantara, salah satu produsen RPET terbesar di Indonesia yang menghasilkan 36.000 ton plastik daur ulang setiap tahunnya, menjadi contoh nyata. 

Suharji Gasali, Managing Director Amandina Bumi Nusantara, mengungkapkan, "Kolaborasi dengan Ecolab telah secara signifikan meningkatkan kualitas produk dan efisiensi operasional kami."

President Director Ecolab Indonesia, Evan Jayawiyanto, juga menekankan pentingnya inovasi dalam proses produksi yang lebih berkelanjutan. 

“Kami memiliki tim yang handal dan teknologi yang mumpuni untuk membantu produsen RPET mengoptimalkan operasional mereka, mengurangi biaya, dan memperkuat komitmen terhadap keberlanjutan,” katanya. 

Menurut Evan, kemitraan ini membuktikan bahwa solusi berbasis sains dari Ecolab dapat menciptakan dunia yang lebih bersih, aman, dan sehat.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Agen BRIlink

Senin, 30 September 2024 - 14:57 WIB

Beri Kemudahan ke Masyarakat, Sinergi BRI dan PELNI Hadirkan Layanan Reservasi Tiket Kapal Laut

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memiliki komitmen untuk terus meningkatkan inklusi keuangan di seluruh pelosok negeri. Salah satu upaya konkret yang dilakukan perseroan adalah melalui…

Tips Roojai – Mobil Sering Kena Macet, Komponen Ini Wajib Dirawat

Senin, 30 September 2024 - 14:49 WIB

Mobil Sering Kena Macet, Komponen Ini Wajib Dirawat

Jakarta - Setiap pengemudi pasti pernah merasa frustrasi saat terjebak di tengah kemacetan. Masalah mobil yang sering kena macet tidak hanya mengganggu perjalanan, tetapi juga mempengaruhi performa…

Rosihan Arsyad Luncurkan Buku 'Indonesia’s Maritime Interest, Cooperation and Capacity Building'

Senin, 30 September 2024 - 14:45 WIB

Rosihan Arsyad Luncurkan Buku 'Indonesia’s Maritime Interest, Cooperation and Capacity Building'

Tokoh militer Indonesia yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf Armada Barat Angkatan Laut RI dan menjadi Gubernur Sumatera Selatan Laksamana Muda TNI (Purn) Rosihan Arsyad merilis buku terbarunya…

Gerai Excelso

Senin, 30 September 2024 - 14:37 WIB

Excelso Ajak Masyarakat Rayakan 33 Tahun Perjalanannya di Indonesia

Ulang tahun kali ini mengangkat tema 33 Years Brewing yang merupakan bentuk selebrasi konsistensi Excelso dalam menghadirkan kopi dengan kualitas tinggi bagi masyarakat Indonesia.

Fasilitas pengolahan minyak Exxonmobil Cepu Limited (Ist)

Senin, 30 September 2024 - 14:29 WIB

Catat! Menteri ESDM Minta ExxonMobil Cepu Tingkatkan Produksi Minyak Jadi 150.000 BOPD

Jakarta-Produksi minyak Indonesia terus mengalami penurunan, sehingga upaya peningkatan produksi minyak nasional menjadi sangat penting untuk mengurangi ketergantungan pada impor. Menteri Energi…