Perkuat Kerja Sama Keamanan Maritim Asia, Bakamla RI Gelar Pelatihan CBP HACGAM

Oleh : Candra Mata | Kamis, 26 September 2024 - 08:45 WIB

Pelatihan CBP HACGAM tahun ini bertajuk “Law of the Sea and Maritime Enforcement Training”. Digelar selama 2 hari hingga Kamis (26/9), kegiatan ini berlangsung secara daring dan luring yang terpusat di Jakarta, Rabu (25/9/2024).
Pelatihan CBP HACGAM tahun ini bertajuk “Law of the Sea and Maritime Enforcement Training”. Digelar selama 2 hari hingga Kamis (26/9), kegiatan ini berlangsung secara daring dan luring yang terpusat di Jakarta, Rabu (25/9/2024).

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menggelar salah satu agenda tahunannya di ranah peningkatan kapasitas personel. Dalam keterlibatannya di forum Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM), Bakamla RI sebagai perwakilan dari Indonesia, merupakan Ketua untuk pilar Capacity Building Program (CBP).

Pelatihan CBP HACGAM tahun ini bertajuk “Law of the Sea and Maritime Enforcement Training”. Digelar selama 2 hari hingga Kamis (26/9), kegiatan ini berlangsung secara daring dan luring yang terpusat di Jakarta, Rabu (25/9/2024).

Perhelatan pelatihan bertaraf internasional ini tidak hanya dihadiri oleh instansi terkait, namun juga turut diikuti oleh instansi coast guard internasional dan instansi yang memiliki kewenangan di laut, khususnya perwakilan negara-negara anggota HACGAM.

Dalam kesempatan ini, Direktur Latihan Bakamla RI Laksamana Pertama Bakamla Ermawan Susilo, S.E., M.Si. membacakan sambutan Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Dr. Irvansyah S.H., M.Tr.Opsla., sekaligus membuka kegiatan. “Pertemuan ini sangat penting, mengingat kegiatan ini sebagai bentuk tindak lanjut dari Working Level Meeting HACGAM yang ke-20 di Incheon, Korea Selatan”, ujar Laksma Bakamla Ermawan Susilo S.E, M.Si.

"Lingkungan strategis global saat ini menghadapi berbagai tantangan seperti perdagangan narkoba, penyelundupan manusia, perompakan, perdagangan senjata, dan terorisme melalui jalur laut. Hal ini memerlukan sinergitas antar penegak hukum di kawasan Asia”, sambungnya.

Di hari pertama kegiatan, peserta mendapatkan materi mengenai Pendeteksian dan Penindakan terhadap Jalur Imigran Ilegal yang disampaikan oleh Katim Pengembangan PPNS dan Digital Forensik Ditjen Imigrasi Agus Winarto. 

Materi berikutnya mengenai Kejahatan Lintas Negara oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) Fatimana Agustinanto. 

Selain itu, Direktur Interdiksi Badan Narkotika Nasional Terry Z. Muslim, S.Sos., M.M., turut menyampaikan materi tentang Pendekatan dan Penindakan Terhadap Jalur 
Distribusi Narkoba Ilegal. Diskusi mendalam ini menyoroti berbagai modus operandi yang berkembang dalam kejahatan lintas batas di laut.

"Dengan terlaksananya CBP HACGAM 2024, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para personel negara anggota HACGAM terhadap penerapan hukum laut internasional dalam kegiatan penegakan hukum di laut, meningkatkan kepercayaan antar sesama anggota HACGAM dan memperkuat jaring komunikasi antar peserta pelatihan untuk mendukung pelaksanaan tugas dalam kontribusi menciptakan keamanan dan keamanan laut di kawasan Asia," pungkas Direktur Pelatihan Bakamla RI Laksma Pertama Ermawan Susilo S.E, M.Si.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil hybrid dan listrik - Shutterstock by mpohodzhay

Jumat, 27 September 2024 - 13:19 WIB

Memahami Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid

Jakarta- Mobil listrik dan mobil hybrid kini semakin populer karena lebih ramah lingkungan. Meski tampak serupa dalam hal mengurangi emisi gas buang, mobil listrik dan hybrid memiliki perbedaan…

Ichwan Peryana (32), Co-Founder & Director PT Finansial Integrasi Teknologi (Pinjam Modal) dinobatkan menjadi Ambassador World CIO 200 dalam World CIO 200 Grand Finale 2024 yang dihelat Global CIO Forum di Johannesburg, Afrika Selatan, 15-19 September 2024.

Jumat, 27 September 2024 - 11:47 WIB

World CIO 200: Meski Masih Muda, Ichwan Peryana Terpilih Sebagai Ambassador

Jakarta, Jumat (27/09/2024)- Satu lagi anak muda Indonesia berprestasi di level dunia. Ichwan Peryana (32), Co-Founder & Director PT Finansial Integrasi Teknologi (Pinjam Modal) dinobatkan menjadi…

Pembangkit Listrik EBT (Photo by Kompas.com)

Jumat, 27 September 2024 - 11:26 WIB

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia Ungkap Konsep Win-Win Solution Skema Investasi Untuk Pembangkit EBT

Jakarta-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa pemerintah bersama PT. PLN (Persero) tengah menyusun Rancangan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL)…

Keris Single Malt Phinisi Boat Party Eksklusif

Jumat, 27 September 2024 - 11:23 WIB

Keris Single Malt Rayakan Kesuksesan dengan Phinisi Boat Party Eksklusif

Setelah sukses menggelar Grand Launching di H Club, Keris Single Malt Whisky terus memanjakan para penggemarnya dengan pengalaman yang tak terlupakan. Kali ini, Keris Single Malt akan mengadakan…

Ilustrasi keamanan siber

Jumat, 27 September 2024 - 11:13 WIB

Survei: Kekhawatiran Atas Ransomware Makin Meningkat Bagi Perusahaan Indonesia

Cloudflare, Inc. (NET), perusahaan cloud konektivitas terkemuka, hari ini merilis studi baru tentang keamanan siber di Asia Pasifik. Laporan tersebut, yang berjudul “Menavigasi Lanskap Baru…