Mengenal Lebih Dekat Kandungan Gula dan Nutrisi Susu MILKU

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 26 September 2024 - 06:45 WIB

MILKU, orang tua jadi tenang menjaga asupan gula anak.
MILKU, orang tua jadi tenang menjaga asupan gula anak.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Susu UHT, salah satu minuman favorit anak-anak, kerap menjadi perhatian terkait kandungan gulanya. Namun, tidak semua jenis gula berdampak negatif, terutama yang terdapat dalam susu UHT, seperti yang ditawarkan oleh merek susu MILKU.

Susu UHT (Ultra-High Temperature) dikenal sebagai sumber nutrisi penting bagi anak-anak, dengan kandungan protein hewani, kalsium, dan vitamin D yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Meski demikian, kandungan gula dalam susu UHT sering kali masih menjadi perdebatan.

Menurut dr. Marya Haryono, M.Gizi, Sp.GK, FINEM, seorang ahli gizi klinis dari RS Siloam Kebun Jeruk Jakarta, gula dalam susu UHT terbagi menjadi dua jenis, yaitu sukrosa dan laktosa. Sukrosa adalah gula tambahan yang sering digunakan untuk menambah rasa, sedangkan laktosa merupakan gula alami yang ada di dalam susu sapi.

Susu MILKU sendiri hadir dalam tiga varian: original, coklat, dan stroberi. Varian coklat dan stroberi mengandung 13 gram sukrosa dan 9 gram laktosa per botol, yang masih dalam batas aman untuk dikonsumsi anak-anak. Sementara itu, susu MILKU original hanya mengandung laktosa tanpa sukrosa tambahan, menjadikannya pilihan yang lebih sehat.

"Laktosa dan sukrosa adalah karbohidrat sederhana yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh, termasuk anak-anak," jelas dr. Marya. Meski sukrosa aman dikonsumsi dalam jumlah wajar, konsumsi berlebih dalam jangka panjang bisa memicu risiko peningkatan berat badan dan penyakit seperti diabetes.

Selain kandungan gulanya yang terukur, susu MILKU juga kaya akan protein hewani yang sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak. Protein berperan dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta berkontribusi pada produksi enzim, hormon, dan antibodi.

"Susu UHT MILKU merupakan sumber protein hewani yang lengkap dan berkualitas tinggi, ideal untuk mendukung pertumbuhan optimal anak-anak." Dalam 200 ml susu MILKU terdapat 6 gram protein, yang mencukupi sebagian kebutuhan harian anak," jelas dr. Marya.

Selain itu, kalsium dalam susu MILKU sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. drg. Trixi, seorang dokter gigi anak, menjelaskan bahwa kalsium bekerja sama dengan mineral lain seperti fluoride dan fosfor untuk memperkuat enamel gigi dan melindungi gigi dari kerusakan. 

"Konsumsi kalsium yang cukup sejak dini penting untuk mencegah masalah gigi dan tulang di masa mendatang," ungkapnya.

Susu MILKU tidak hanya menjadi pilihan praktis, tetapi juga mendukung kebutuhan nutrisi harian anak-anak. Dengan varian tanpa gula tambahan seperti MILKU original, orang tua dapat lebih tenang dalam menjaga asupan gula anak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Agen BRIlink

Senin, 30 September 2024 - 14:57 WIB

Beri Kemudahan ke Masyarakat, Sinergi BRI dan PELNI Hadirkan Layanan Reservasi Tiket Kapal Laut

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memiliki komitmen untuk terus meningkatkan inklusi keuangan di seluruh pelosok negeri. Salah satu upaya konkret yang dilakukan perseroan adalah melalui…

Tips Roojai – Mobil Sering Kena Macet, Komponen Ini Wajib Dirawat

Senin, 30 September 2024 - 14:49 WIB

Mobil Sering Kena Macet, Komponen Ini Wajib Dirawat

Jakarta - Setiap pengemudi pasti pernah merasa frustrasi saat terjebak di tengah kemacetan. Masalah mobil yang sering kena macet tidak hanya mengganggu perjalanan, tetapi juga mempengaruhi performa…

Rosihan Arsyad Luncurkan Buku 'Indonesia’s Maritime Interest, Cooperation and Capacity Building'

Senin, 30 September 2024 - 14:45 WIB

Rosihan Arsyad Luncurkan Buku 'Indonesia’s Maritime Interest, Cooperation and Capacity Building'

Tokoh militer Indonesia yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf Armada Barat Angkatan Laut RI dan menjadi Gubernur Sumatera Selatan Laksamana Muda TNI (Purn) Rosihan Arsyad merilis buku terbarunya…

Gerai Excelso

Senin, 30 September 2024 - 14:37 WIB

Excelso Ajak Masyarakat Rayakan 33 Tahun Perjalanannya di Indonesia

Ulang tahun kali ini mengangkat tema 33 Years Brewing yang merupakan bentuk selebrasi konsistensi Excelso dalam menghadirkan kopi dengan kualitas tinggi bagi masyarakat Indonesia.

Fasilitas pengolahan minyak Exxonmobil Cepu Limited (Ist)

Senin, 30 September 2024 - 14:29 WIB

Catat! Menteri ESDM Minta ExxonMobil Cepu Tingkatkan Produksi Minyak Jadi 150.000 BOPD

Jakarta-Produksi minyak Indonesia terus mengalami penurunan, sehingga upaya peningkatan produksi minyak nasional menjadi sangat penting untuk mengurangi ketergantungan pada impor. Menteri Energi…