Cotton Day 2024 Bawa Keberlanjutan Tekstil Indonesia ke Tingkat Baru

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 24 September 2024 - 23:36 WIB

Fashion show dari kapas berkualitas Amerika Serikat di Cotton Day 2024.
Fashion show dari kapas berkualitas Amerika Serikat di Cotton Day 2024.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Cotton Day 2024 tidak hanya menyoroti inovasi kapas AS, tetapi juga memperkenalkan U.S. Cotton Trust Protocol sebagai program keberlanjutan yang berbasis sains dan bertujuan meningkatkan akuntabilitas di industri tekstil. 

Lebih dari 300 pemangku kepentingan kunci dari industri tekstil Indonesia berkumpul untuk Cotton Day ke-9 di Jakarta, sebuah acara khusus undangan yang diselenggarakan oleh Cotton Council International (CCI).

Program ini menetapkan tolok ukur baru dalam manajemen lahan, penggunaan air, dan efisiensi rantai pasokan.
Rio Hartanto Jap dari CCI menjelaskan bahwa program ini memberikan kesempatan bagi pabrik-pabrik di Indonesia untuk mengadopsi praktik bertanggung jawab yang selaras dengan tren global. 

“Komitmen kapas AS terhadap keberlanjutan tercermin dalam metrik akurat yang dapat membantu pabrik-pabrik Indonesia meningkatkan operasi mereka secara berkelanjutan,” ujar Rio di Hotel Westin Jakarta (24/9/2024).

Dengan dukungan dari inisiatif seperti COTTON USA SOLUTIONS® dan U.S. Cotton Trust Protocol, industri tekstil Indonesia berpeluang besar untuk melakukan transformasi signifikan dalam keberlanjutan. 

“CCI siap mendampingi perjalanan ini,” tambah Rio.

Cotton Day 2024 menampilkan seminar menarik, pameran kapas AS, forum jejaring yang dinamis, dan pertunjukan mode yang menampilkan pakaian kaya kapas AS dari pabrik, merek, dan desainer terkenal di Indonesia.

Mitra penting termasuk Duniatex Group, Luckytex Group, PT Hakatex, PT Argo Manunggal Triasta, PT Dan Liris, desainer Ghea Panggabean dan masih banyak lagi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Ketua Umum HKI Sanny Iskandar

Rabu, 25 September 2024 - 00:02 WIB

Himpunan Kawasan Industri (HKI) Apresiasi Capaian Kinerja Menperin Agus dalam Memajukan Sektor Industri

Para pelaku usaha dan pengurus Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas capaian dan kinerja Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang…

M. Ridwan Salam, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Karawang secara simbolis menyerahkan penghargaan TJSLP Kepada PERURI yang diwakili Asep Sopyan dari Divisi Pengamanan, K3, dan Lingkungan PERURI.

Selasa, 24 September 2024 - 22:00 WIB

Pemerintah Kabupaten Karawang Beri Penghargaan TJSLP Kepada PERURI

Aktif melaksanakan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) di Kabupaten Karawang Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Karawang memberi penghargaan TJSLP kepada PERURI.

Ajang BDMNTN-XL bakal mengusung format berbeda dengan menggunakan sistem waktu dan menampilkan kategori pertandingan 3 on 3.

Selasa, 24 September 2024 - 21:38 WIB

Event Bulu Tangkis Spektakuler BDMNTN-XL Hadir Oktober di Jakarta

Ajang BDMNTN-XL yang diikuti bintang bulu tangkis dunia bakal mengusung format berbeda dengan menggunakan sistem waktu dan menampilkan kategori pertandingan 3 on 3.

Sosialisasi Kegemaran Membaca di Bengkulu

Selasa, 24 September 2024 - 21:19 WIB

Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca di Bengkulu, Gubernur Rohidin Tegaskan Komitmennya

Tak hanya perpustakaan umum dan khusus, perpustakaan di rumah ibadah juga mendapat perhatian pemerintah Bengkulu.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Gelar Kehormatan dari Hiroshima University Jepang

Selasa, 24 September 2024 - 20:49 WIB

Menperin Agus Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Hiroshima University Jepang

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menerima gelar honorary doctorate dari Hiroshima University. Gelar tersebut diserahkan secara langsung oleh President Hiroshima University,…