Mantaps! Mesin Baru Mitsubishi All-New Triton Sanggup Terjang Medan Berat

Oleh : Ridwan | Selasa, 24 September 2024 - 16:25 WIB

Mitsubishi All-New Triton
Mitsubishi All-New Triton

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah meluncurkan model terbaru Mitsubishi Triton. 

Mobil niaga ringan yang telah diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia selama 22 tahun itu kini hadir dengan mesin, fitur, dan kelengkapan terbaru yang bisa diandalkan untuk aktivitas kerja. 

Mengusung slogan 'Turn ON the Beast Mode,' Mitsubishi All-New Triton hadir dengan pengembangan pada ladder frame baru dengan luas penampang chassis yang 65% lebih besar dibandingkan model sebelumnya. 

Tidak hanya itu, Mitsubishi All-New Triton menerapkan desain baru yang menampilkan bahasa desain khas Mitsubishi Motors 'Dynamic Shield' pada bagian depan, yang ditonjolkan melalui lampu T-shape.

Mitsubishi All-New Triton dibekali mesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro-4 yang lebih bertenaga serta lebih efisien, dengan tenaga maksimal 184 PS/ 135km dan torsi sebesar 430 Nm. 

Keandalan mesin Mitsubishi All-New Triton, dilengkapi dengan kemampuan 4x4 untuk dikendarai di berbagai medan, dengan ground clearance hingga 222mm.

Mesin baru ini memiliki banyak kelebihan dibanding mesin-mesin Mitsubishi Triton model sebelumnya yakni 4N15 dan 4D56. 

Mesin baru tersebut diyakini mampu mendongkrak fungsionalitas Mitsubishi Triton di medan-medan berat serta lahan bisnis yang selalu jadi makanan Mistsubishi Triton yakni perkebunan dan tambang. 

Berbeda dengan Mitsubishi Triton sebelumnya, kali ini mesin 4N16 diberikan untuk seluruh varian Mitsubishi Triton dari yang terendah hingga yang tertinggi. 

Meski satu mesin, ternyata tenaga dan torsi maksimal yang ada di setiap varian berbeda. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan yang sesuai dengan setiap varian. 

"Intinya adalah customer kita menyesuaikan kebutuhan customer dan karakteristik bisnisnya masing-masing, terutama yang dilakukan adalah varian HDX dengan power rendah, torsi yang kuat, di mana mereka membutuhkan respons yang cepat dan butuh tenaga lebih besar. Di saat yang sama, kita juga mencoba meningkatkan kemampuan efisiensi mobil ini semakin baik di setiap varian, jadi kami menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen dari masing-masing varian tersebut," kata Hikaru Mii, Presiden Director PT MMKSI.

Mesin 4N16 memiliki banyak kelebihan dibanding mesin 4N15. Pertama adalah bentuk bagian atas piston 4N16 yang sudah disempurnakan, membuatnya lebih ringan, lebih minim gesekan, dan mampu meningkatkan performa pendinginan di combustion chamber.   

Kedua, 4N16 punya perbedaan di supply pump dan injector. Ketiga bentuk inlet yang lebih optimal. Dan keempat adalah adanya penggunaan variable oil control valve.

Kombinasi itu membuat mesin 4N16 lebih potensial secara kinerja, terutama torsi besar di putaran lebih rendah membuat mobil lebih cekatan berakselerasi di start awal dengan beban penuh.

"Kelebihan dari mobil ini adalah mapping ECU, jadi mapping ECU adalah karakter utama, seperti fuel filter dan injektor kita belajar dari 4N15. Kalau 4D56 itu sudah dipakai 36 tahun, dan transisinya di 4N15 dan berhasil di Pajero Sport dan Triton sebelumnya. 4N16 ada banyak highlight, VGtnya bisa melakukan banyak variasi tenaga, 4N16 juga pakai timing chain bukan timing belt, kekuatan dari mesinnya supaya enggak ada miss tenaga menggunakan timing belt jadi keberlanjutan mesin jadi lebih baik juga," terang Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar.

"Untuk mengantisipasi kualitas bahan bakar, kita antisipasi injektor yang sudah disesuaikan serta fuel filter dengan SOP perawatan berkala yang telah ditetapkan, ini bermanfaat buat bisnis tambang," tambahnya.

Dijelaskan Rifat, Triton punya 3 horsepower yang berbeda yaitu, 110, 150, dan 184. 

"110 diperuntukan untuk konsumen yang tidak butuh cepat tapi butuh kapabilitas yang bergerak di medan yang berat. 150 hp ada di varian GLS, ini varian yang 4x4 dan GLX 4x2, ini lebih kepada lighter offroad kombinasi jalan raya dan offroad jadi 3.200 sampai 3.500. Sementara yang 184 hp di varian paling atas, ini lebih ke lifestyle dan day-to-day, torsi bawah untuk kegiatan ini tidak perlu torsi besar, torsi 2.500 di 2.700. Gearnya juga berubah dari 4,0 ke 4,6, ini akan sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat kita," tutup Rifat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi Kegemaran Membaca di Bengkulu

Selasa, 24 September 2024 - 21:19 WIB

Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca di Bengkulu, Gubernur Rohidin Tegaskan Komitmennya

Tak hanya perpustakaan umum dan khusus, perpustakaan di rumah ibadah juga mendapat perhatian pemerintah Bengkulu.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Gelar Kehormatan dari Hiroshima University Jepang

Selasa, 24 September 2024 - 20:49 WIB

Menperin Agus Terima Gelar Kehormatan dari Hiroshima University Jepang

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menerima gelar honorary doctorate dari Hiroshima University. Gelar tersebut diserahkan secara langsung oleh President Hiroshima University,…

kegiatan Launching Ceremony Kapal Bantu Hidro Oseanografi (BHO) (Ocean Going) di Dermaga PT. Palindo Marine, Batam, Selasa (24/9/2024).

Selasa, 24 September 2024 - 19:26 WIB

Staf Ahli Menhan Bidang Ekonomi Pimpin Launching Ceremony Kapal BHO

Staf Ahli Menhan Bidang Ekonomi Mayjen TNI Steverly C. Parengkuan memimpin kegiatan Launching Ceremony Kapal Bantu Hidro Oseanografi (BHO) (Ocean Going) di Dermaga PT. Palindo Marine, Batam,…

Peresmian Program CSR “MUF Soul Warteg Binaan”. Kiri ke kanan: Pemilik Warteg Dodi Aris Saputra dan Kepala Wilayah Mandiri Utama Finance Jabodetabek I Affan Barieda

Selasa, 24 September 2024 - 18:53 WIB

Dukung Pertumbuhan UMKM, MUF Resmikan Program CSR MUF Soul Warteg Binaan

Jakarta– PT Mandiri Utama Finance (MUF), anak perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang bergerak di bidang pembiayaan meresmikan Program CSR MUF Peduli yakni “MUF Soul Warteg Binaan”…

FGD: Mengelola Pembatasan Angkutan Barang pada Masa Libur Panjang, Natal dan Tahun Baru

Selasa, 24 September 2024 - 17:35 WIB

Sepakat, SKB Pelarangan Angkutan Barang Sumbu 3 Saat HBKN Akan Dikaji Ulang

Kementerian Perhubungan, Kementerian Perdagangan, Pengamat Kebijakan Publik, pelaku industri, pakar transportasi sepakat untuk duduk bersama mengkaji kembali jenis-jenis barang apa saja yang…