85 Persen Lulusan Prodi DKV President University Raih Pekerjaan yang Relevan dengan Bidang Desain

Oleh : Candra Mata | Selasa, 24 September 2024 - 11:08 WIB

Daniella Elizabeth Rachel Manorek, mahasiswa Visual Communication Design, President University mengikuti kompetisi Program Global Startup Design Thinking Hackathon di Chung-Ang University di Korea
Daniella Elizabeth Rachel Manorek, mahasiswa Visual Communication Design, President University mengikuti kompetisi Program Global Startup Design Thinking Hackathon di Chung-Ang University di Korea

IINDUSRY.co.id - Jakarta, 85 persen lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), President University meraih pekerjaan yang relevan dengan bidang desain diberbagai perusahaan baik nasional maupun multinasional seperti Dentsu, Asus, BCA, VML (Sebelumnya Wunderman Thompson), Fleamint, Danone, Lippo Group, Style Korea, Jababeka, dan lainnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kaprodi DKV President University, Bima Remandhia Mulcki di Jakarta, Selasa (24/9/2024).

"Jadi berdasarkan survei terbaru kita di Tracer Study Alumni dari Angkatan 2016-2020 bahwa 80 persen alumni kita sudah mendapat pekerjaan setelah diwisuda. Dan hebatnya, 85 persen pekerjaan-nya relevan dengan bidang desain," jelas Bima.

Menurutnya, ada sejumlah faktor kunci yang membuat lulusan Prodi DKV di President University ini lebih mudah terserap pasar kerja ketimbang kampus lain, diantaranya bahasa pengantar pendidikan yang digunakan sepenuhnya inggris. 

Kaprodi DKV President University, Remandhia Mulcki, S.Sn.,M.Ds

Selain itu, metode ajar yang inovatif dengan beragam fasilitas yang berfokus pada pengembangan kemampuan mahasiswa dalam bidang desain.

"Di Presiden University kita ingin membentuk lulusannya siap kerja atau future ready graduate. Di tahun pertama, kita kasih mereka Adobe Creative Cloud secara free. Anak-anak bisa install semua software, lalu kita juga support dengan mata kuliah software tersebut. Kita ajarin basic computer graphic, intermediate computer graphic, dan advanced computer graphic, di mana semuanya ngajarin software dari nol. Jadi mereka punya basic skill software untuk desain yang memang industry standard," jelas Bima.

Kemudian pada tahun kedua, Prodi DKV President University memiliki dua konsentrasi, yaitu Graphic Design dan Emerging Media yang mendorong promosi budaya Nusantara melalui berbagai media desain, terutama untuk desain kemasan, branding dan media baru, lalu Animation & Game yang berfokus pada audio-visual dan media interaktif. 

"Mahasiswa bisa memilih antara Animation and Game dan Graphic Design and Emerging Media. Dua konsentrasi tersebut demandnya cukup besar dari industri," terang Bima yang merupakan lulusan magister S-2 di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dijelaskan Bima lebih lanjut, saat memasuki tahun terakhir masa perkuliahan atau tahun ketiga, para mahasiswa akan mempraktikkan pengetahuan mereka melalui empat program pilihan, yakni (1) Internship Stream, (2) Start-Up Stream, (3) Scholar Stream; (4) Mobility Stream.

"Internship Stream sendiri adalah program magang yang diperuntukan bagi mahasiswa yang ingin bekerja secara profesional nantinya, seperti bekerja di ribuan perusahaan tenant Kawasan Industri Jababeka. Kita akan kasih list perusahaan yang recommended ke mahasiswa, yang Top Tier Industry," terang Bima.

Selanjutnya Start-Up stream merupakan program pilihan untuk mahasiswa yang ingin membangun bisnis, membuka perusahaan atau strart-up company.

Mahasiswa DKV President University

"Seperti salah satu alumni kita, Fifi Theresiani, mahasiswa DKV 2016 yang berhasil mendirikan Paperie Lab. Sejak tahun 2018 atau sejak di semester 5, dia telah menjual lebih dari 30.000 jurnal di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan negara-negara lain di seluruh dunia," jelasnya.

"Ada juga Daniella Elizabeth Rachel Manorek, mahasiswa Visual Communication Design kita saat ini sedang mengikuti kompetisi Program Global Startup Design Thinking Hackathon di Chung-Ang University di Korea, salah satu kampus yang Top Tier dan masuk kedalam jajaran kampus-kampus world class top 300-an ranking dunia, yang delegasinya dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Akademik, Riset, dan Inovasi President University, Dr. Adhi Setyo Santoso, S.T., MBA," Sambung Bima.

Adapun Scholar Stream, menurut Bima, program ini dikhususkan bagi mahasiswa yang ingin menjadi peneliti ahli riset dan melanjutkan program Master dan Doktor.

Terakhir, Mobility Stream ialah seperti program LPDP atau IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) yaitu program beasiswa pendidikan ke luar negeri yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, atau semacam international exchange student di kampus-kampus di luar negeri.

"Jadi kuliah di kita itu selesai dalam 3 tahun. Dan untuk IISMA, kebetulan setiap tahun ada mahasiswa kita yang berhasil kesana. Tahun 2023 mahasiswa kita Daniel Rinaldi Frederick lolos ke University of Warsaw, Polandia. Lalu tahun 2024, berangkat bulan September ini Shereen Valerie kuliah di Sapienza University, Italy," imbuh Bima.

"Kebetulan untuk IISMA sendiri kita ada coaching khusus. Mahasiswa kita kasih workshop, kita training secara intensif," pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini mahasiswa Prodi DKV President University berjumlah 200 mahasiswa, dimana delapan diantaranya mahasiswa asing yang berasal dari China dan Fiji.

Dekan Faculty of Arts, Design & Architecture President University, Dr. Agus Canny, M.A., M.Sc, menambahkan bahwa seluruh mahasiswa Program DKV President University di semester pertama akan mengikuti perkuliahan Economic Survival.

Menurutnya, meskipun bidang Desain Komunikasi Visual (DKV) lebih fokus pada kreativitas dan estetika, namun pemahaman tentang ekonomi sangat penting untuk kesuksesan karier mahasiswa di masa depan.

"Dengan menggabungkan kreativitas dan pemahaman tentang ekonomi, para lulusan akan memiliki keunggulan yang signifikan dalam mencapai kesuksesan khususnya dalam menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif." imbuh Agus Canny.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Koleksi Tri Hita Karana Kolaborasi Passion Jewelry dan Nyoman Nuarta

Selasa, 24 September 2024 - 14:00 WIB

Koleksi Tri Hita Karana Kolaborasi Passion Jewelry dan Nyoman Nuarta, Perpaduan Tradisi dan Inovasi

Passion Jewelry berkolaborasi dengan pematung dan seniman ternama Indonesia, Nyoman Nuarta menghadirkan 17 desain eksklusif perpaduan antara seni rupa dan perhiasan kelas atas.

BPS Rilis Angka Ekspor Indonesia

Selasa, 24 September 2024 - 13:08 WIB

Total Ekspor RI Agustus 2024 Tembus USD 23,56 Miliar

Total ekspor Indonesia pada Agustus 2024 tercatat sebesar USD 23,56 miliar. Nilai ini merupakan ekspor tertinggi dalam 20 bulan terakhir. “Ekspor Indonesia pada Agustus 2024 yang tercatat…

Quotex

Selasa, 24 September 2024 - 11:35 WIB

Platform Trading Terbaik! Panduan Lengkap tentang Cara Mendaftar, Login, dan Fitur Quotex

Dalam dunia trading online memilih platform yang tepat menjadi sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang. Ini karena platform yang tepat dapat menunjang pendapatan dari trading.

Gedung Pusat Bank Mandiri

Selasa, 24 September 2024 - 11:33 WIB

Diakui Panggung Global, Bank Mandiri Raih Pengakuan dari Newsweek USA

Menyambut HUT ke-26 yang jatuh pada 2 Oktober 2024, Bank Mandiri kembali meraih prestasi cemerlang di panggung internasional. Bank berlogo pita emas ini berhasil masuk dalam daftar World’s…

Mitsubishi New Pajero Sport (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 24 September 2024 - 10:30 WIB

Simak! Ini Hal Baru di Mitsubishi New Pajero Sport yang Bikin Nyaman dan Sempurna

Mitsubishi New Pajero Sport telah resmi meluncur di gelaran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2024, Agustus lalu. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyematkan…