Dorong Pengembangan Industri Halal Indonesia, Kemenperin Berkolaborasi Hadirkan Halal Indo 2024

Oleh : Hariyanto | Selasa, 24 September 2024 - 10:22 WIB

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Eko SA Cahyanto
Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Eko SA Cahyanto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pengembangan industri halal di Indonesia serta optimalisasi penguasaan pasar halal, baik lokal maupun global. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui sinergi dan kolaborasi dengan para stakeholder terkait dalam menjalankan program-progam pengembangan dan pemberdayaan industri halal nasional.

Berkolaborasi dengan Dyandra Promosindo, Kemenperin hadir dalam Pameran Halal Indonesia atau Halal Indo 2024, yang merupakan pameran industri halal berlevel internasional yang akan menggelar produk-produk halal terbaik dari Indonesia. Pameran tersebut merupakan platform yang menghadirkan tren terbaru di pasar halal global yang semakin meluas.

“Upaya untuk memperkenalkan industri halal Indonesia melalui pameran Halal Indo 2024 sejalan dengan program kerja Kementerian Perindustrian untuk mendorong peningkatan daya saing industri halal, yang meliputi perluasan akses pasar, literasi, edukasi, kampanye, sosialisasi, promosi industri halal, juga peningkatan awareness masyarakat terhadap industri halal nasional,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenperin Eko SA Cahyanto dalam keterangannya, Selasa (24/9/2024).

Isu halal juga dikemas dalam bentuk expo untuk dapat menggaet perhatian generasi muda, komunitas, serta siapapun yang memiliki ketertarikan besar terhadap perkembangan industri halal di Indonesia. Melalui keikutsertaan dalam Halal Indo 2024, Kemenperin ingin menunjukkan bahwa isu halal dekat dengan kehidupan sehari-hari, dan masyarakat diajak untuk berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan industri halal.

Dalam Halal Indo 2024, Kemenperin akan menghadirkan sekitar 200 tenant pelaku industri halal Indonesia, yang meliputi industri fesyen dan apparels, industri kosmetik, industri makanan dan minuman, industri keramik dan tableware, industri farmasi, industri aneka, serta kawasan industri halal. 

Pameran tersebut juga diisi dengan kegiatan-kegiatan menarik lainnya, meliputi Business Matching, rangkaian Talk Show, dan layanan Konsultasi Halal.

Dalam rangkaian agenda Halal Indo 2024, Kemenperin juga akan menyelenggarakan penganugerahan Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) yang telah memasuki tahun keempat pada 2024 ini. 

IHYA merupakan penghargaan yang diberikan kepada para pemangku kepentingan, meliputi para pelaku usaha industri, pakar, kementerian, instansi pemerintah nonkementerian, dan/atau pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, dan lembaga jasa keuangan, yang telah berperan aktif maupun berinovasi terus menerus di bidang penumbuhan, pengembangan, dan pemberdayaan industri halal nasional.

Halal Indo 2024 akan berlangsung pada 26-29 September 2024 di Hall 9 dan 10 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City dengan total area seluas 9.720 meter persegi. Dengan total lebih dari 500 perusahaan yang berpartisipasi, Halal Indo 2024 menargetkan kehadiran 15.000 pengunjung dari lebih dari 35 negara yang akan berpeluang meningkatkan kerja sama maupun investasi pada ranah industri halal. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menghubungkan industri halal di seluruh dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Koleksi Tri Hita Karana Kolaborasi Passion Jewelry dan Nyoman Nuarta

Selasa, 24 September 2024 - 14:00 WIB

Koleksi Tri Hita Karana Kolaborasi Passion Jewelry dan Nyoman Nuarta, Perpaduan Tradisi dan Inovasi

Passion Jewelry berkolaborasi dengan pematung dan seniman ternama Indonesia, Nyoman Nuarta menghadirkan 17 desain eksklusif perpaduan antara seni rupa dan perhiasan kelas atas.

BPS Rilis Angka Ekspor Indonesia

Selasa, 24 September 2024 - 13:08 WIB

Total Ekspor RI Agustus 2024 Tembus USD 23,56 Miliar

Total ekspor Indonesia pada Agustus 2024 tercatat sebesar USD 23,56 miliar. Nilai ini merupakan ekspor tertinggi dalam 20 bulan terakhir. “Ekspor Indonesia pada Agustus 2024 yang tercatat…

Quotex

Selasa, 24 September 2024 - 11:35 WIB

Platform Trading Terbaik! Panduan Lengkap tentang Cara Mendaftar, Login, dan Fitur Quotex

Dalam dunia trading online memilih platform yang tepat menjadi sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang. Ini karena platform yang tepat dapat menunjang pendapatan dari trading.

Gedung Pusat Bank Mandiri

Selasa, 24 September 2024 - 11:33 WIB

Diakui Panggung Global, Bank Mandiri Raih Pengakuan dari Newsweek USA

Menyambut HUT ke-26 yang jatuh pada 2 Oktober 2024, Bank Mandiri kembali meraih prestasi cemerlang di panggung internasional. Bank berlogo pita emas ini berhasil masuk dalam daftar World’s…

Daniella Elizabeth Rachel Manorek, mahasiswa Visual Communication Design, President University mengikuti kompetisi Program Global Startup Design Thinking Hackathon di Chung-Ang University di Korea

Selasa, 24 September 2024 - 11:08 WIB

85 Persen Lulusan Prodi DKV President University Raih Pekerjaan yang Relevan dengan Bidang Desain

85 persen lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), President University meraih pekerjaan yang relevan dengan bidang desain diberbagai perusahaan baik nasional maupun multinasional…