Anak Buah Prabowo Desak Pemerintah Tunda Kebijakan Ekspor Pasir Laut

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 24 September 2024 - 09:28 WIB

Ahmad Muzani
Ahmad Muzani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Anggota DPR RI Ahmad Muzani meminta pemerintah menunda kebijakan ekspor pasir laut. Ia mengatakan, lebih baik pemerintah mengkaji lebih dalam dulu sebelum mengeksekusi kebijakan tersebut.

“Ya saya mengusulkan kalau bisa rencana ekspor pasir laut, kalau memungkinkan ditunda dulu,” ujar Muzani kepada media di Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

Muzani menyampaikan, jangan sampai kebijakan yang diambil pemerintah soal ekspor pasir laut malah membawa banyak kerugian untuk masyarakat. 

Dia pun meminta agar pemerintah mempertimbangkan secara matang sebelum mengambil langkah.

“Ketika madaratnya lebih besar dari pendapatan perekonomian yang kita dapatkan, tentu saja itu adalah sebuah kegiatan yang akan menjadi beban bagi kehidupan kita berikutnya. Tetapi, jika ternyata manfaatnya ternyata lebih besar, nanti itu untuk dipikirkan lebih lanjut,” sambung kader Partai Gerindra pimpinan Prabowo Subianto ini.

Menurut dia, lebih baik pemerintah mendengarkan lebih dulu masukan dari para aktivis lingkungan. Jangan sampai, keuntungan ekonomi justru membawa kerusakan besar pada lingkungan hidup.

“Untuk kita perhatikan bahwa kita akan menghadapi sebuah perubahan dan masalah ekologi laut yang cukup serius ke depan kalau kegiatan ini dilanjutkan: Meskipun dari sisi perekonomian, juga kita akan mendapatkan faedah dan ini nilai tertentu,” imbuh Anggota Komisi II DPR RI ini.

Diketahui pemerintah telah resmi membuka keran ekspor pasir laut setelah Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 20 Tahun 2024 dan Permendag Nomor 21 Tahun 2024. 

Dua aturan itu adalah turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut, yang diteken Presiden Joko Widodo pada Mei 2023. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Quotex

Selasa, 24 September 2024 - 11:35 WIB

Platform Trading Terbaik! Panduan Lengkap tentang Cara Mendaftar, Login, dan Fitur Quotex

Dalam dunia trading online memilih platform yang tepat menjadi sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang. Ini karena platform yang tepat dapat menunjang pendapatan dari trading.

Gedung Pusat Bank Mandiri

Selasa, 24 September 2024 - 11:33 WIB

Diakui Panggung Global, Bank Mandiri Raih Pengakuan dari Newsweek USA

Menyambut HUT ke-26 yang jatuh pada 2 Oktober 2024, Bank Mandiri kembali meraih prestasi cemerlang di panggung internasional. Bank berlogo pita emas ini berhasil masuk dalam daftar World’s…

Daniella Elizabeth Rachel Manorek, mahasiswa Visual Communication Design, President University mengikuti kompetisi Program Global Startup Design Thinking Hackathon di Chung-Ang University di Korea

Selasa, 24 September 2024 - 11:08 WIB

85 Persen Lulusan Prodi DKV President University Raih Pekerjaan yang Relevan dengan Bidang Desain

85 persen lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), President University meraih pekerjaan yang relevan dengan bidang desain diberbagai perusahaan baik nasional maupun multinasional…

Mitsubishi New Pajero Sport (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 24 September 2024 - 10:30 WIB

Simak! Ini Hal Baru di Mitsubishi New Pajero Sport yang Bikin Nyaman dan Sempurna

Mitsubishi New Pajero Sport telah resmi meluncur di gelaran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2024, Agustus lalu. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyematkan…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Eko SA Cahyanto

Selasa, 24 September 2024 - 10:22 WIB

Dorong Pengembangan Industri Halal Indonesia, Kemenperin Berkolaborasi Hadirkan Halal Indo 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pengembangan industri halal di Indonesia serta optimalisasi penguasaan pasar halal, baik lokal maupun global. Salah satu upaya yang dilakukan…