Yayasan WINGS Peduli Gelar Aksi Bersih Sungai Wonorejo Surabaya

Oleh : Nina Karlita | Senin, 23 September 2024 - 23:30 WIB

Aksi bersih Sungai Wonorejo dan ekosistem mangrove Wonorejo, Surabaya, oleh Yayasan WINGS Peduli peringati Hari Sungai Sedunia.
Aksi bersih Sungai Wonorejo dan ekosistem mangrove Wonorejo, Surabaya, oleh Yayasan WINGS Peduli peringati Hari Sungai Sedunia.

INDUSTRY.co.id - Surabaya - Yayasan WINGS Peduli menyelenggarakan aksi bersih Sungai Wonorejo di kawasan Pantai Mangrove Wonorejo, Jawa Timur. 

Digelar untuk memperingati Hari Sungai Dunia, aksi ini melibatkan puluhan relawan dan bermitra dengan Waste4Change sebagai bagian dari komitmen mereka terhadap pelestarian lingkungan dalam program #WINGSPeduliLingkungan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan Sungai Wonorejo dan ekosistem mangrove di sekitarnya yang terancam oleh sampah plastik dan abrasi. Tidak hanya sebatas pengumpulan sampah, tetapi juga mencakup edukasi mengenai pengelolaan sampah, penanaman pohon bakau, dan upaya daur ulang sampah yang terkumpul. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Surabaya, Dedik Irianto, mengapresiasi inisiatif ini dan berharap program semacam ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Kami menyambut baik langkah Yayasan WINGS Peduli yang melibatkan komunitas lokal, termasuk Bank Sampah binaan mereka di Surabaya. Harapannya, aksi ini dapat mengurangi sampah di Pantai Wonorejo dan mendorong kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Dedik.

Dalam aksi ini, relawan berhasil mengumpulkan 184,8 kg sampah, yang mayoritas terdiri dari sampah non-organik dan residu. Sampah yang terkumpul akan dipilah lebih lanjut oleh mitra Waste4Change untuk didaur ulang menjadi bahan yang bernilai guna, seperti plastik dan kertas yang bisa digunakan kembali. 

Sebagai bagian dari upaya melestarikan ekosistem, para relawan juga menanam 100 pohon mangrove di sekitar pantai untuk mengatasi abrasi.

Aksi Bersih Sungai Wonorejo menjadi salah satu bagian dari rangkaian program holistik Yayasan WINGS Peduli dalam membangun ekosistem pengelolaan sampah di Surabaya dan Jakarta Timur. Program ini berbasis pemberdayaan komunitas lokal dan diinisiasi bersama Waste4Change melalui optimasi Bank Sampah di berbagai daerah.

Sebanyak 50 relawan dari berbagai organisasi, termasuk Bank Sampah Bersih Indah Asri (BIA), World Cleanup Day Jawa Timur, serta karyawan WINGS Group, turut berpartisipasi dalam aksi ini. Mereka berkomitmen untuk memperluas dampak positif dari perubahan perilaku masyarakat dalam mengelola sampah.

Menurut Sheila Kansil, perwakilan Yayasan WINGS Peduli, kolaborasi ini bertujuan untuk menghadirkan solusi pengelolaan sampah yang praktis dan berkelanjutan. 

“Kami berharap upaya ini tidak hanya berdampak positif terhadap lingkungan, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan komunitas lokal melalui program daur ulang dan edukasi,” ungkapnya.

Yayasan WINGS Peduli berkomitmen untuk terus memperluas dampak dari program-program ini guna menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi generasi mendatang. Semua ini sejalan dengan filosofi WINGS Group, "The Good Things in Life Should be Accessible for All".

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Brand es krim Aice raih Top Brand Award dan Top Brand for Kids Award 2024.

Senin, 23 September 2024 - 23:11 WIB

Aice Kembali Raih Penghargaan Top Brand dan Top Brand for Kids

Aice Group kembali menyabet penghargaan Top Brand Award serta Top Brand for Kids tahun 2024 pada sub kategori es krim dari Majalah Marketing dan Frontier Group.

Sidang senat terbuka menyambut kedatangan mahasiswa baru angkatan tahun 2024 di President University

Senin, 23 September 2024 - 22:00 WIB

Jumlah Mahasiswa Asing Baru President University Tahun 2024 Berasal dari 13 Negara

President University (Presuniv) sejak tahun 2017 tercatat sebagai perguruan tinggi dengan mahasiswa asing full degree terbanyak se-Indonesia. Dan, dari seluruh perguruan tinggi terakreditasi…

Fishlog bersama aparatur sipil dan masyarakat di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi tebar pohon mangrove

Senin, 23 September 2024 - 19:16 WIB

FishLog Gelar Penanaman 5000 Pohon Mangrove di Muara Gembong

Bertepatan dengan Hari Maritim Nasional, FishLog bekerjasama dengan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) dan UNDP Indonesia menggelar Penanaman 5.000 Pohon Mangrove untuk Perlindungan…

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo memberikan selamat kepada pejabat kemenparekraf usai melantik sejumlah pejabat pimpinan tinggi madya di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, (23/9/2024).

Senin, 23 September 2024 - 18:28 WIB

Sandiaga Uno Lantik Pejabat Tinggi Pratama, Direktur, dan Kepala Divisi BPO di Lingkup Kemenparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melantik sejumlah pejabat dan aparatur sipil negara (ASN)…

Jababeka Infrastruktur saat menjadi pembicara di ajang 1st Annual Indonesia Green Industry Summit 2024

Senin, 23 September 2024 - 17:10 WIB

Jababeka Paparkan Praktik Bisnis Berkelanjutan di 1st Annual Indonesia Green Industry Summit 2024

Dalam rangka mendukung keberlanjutan industri di Indonesia, PT Jababeka Tbk melalui Jababeka Infrastruktur terus memperkuat komitmennya melalui berbagai inisiatif strategis. Hal ini disampaikan…