Perjalanan Kao Indonesia, Raksasa Consumer Goods Dunia dari Jababeka

Oleh : Candra Mata | Senin, 23 September 2024 - 11:27 WIB

KAO Indonesia, Kawasan Industri Jababeka (KIJA), Cikarang - Bekasi
KAO Indonesia, Kawasan Industri Jababeka (KIJA), Cikarang - Bekasi

INDUSTRY.co.id - Jababeka, Cikarang - Persaingan produk konsumen atau dikenal sebagai "consumer goods" di Indonesia kian ketat sehingga menuntut produsen lebih kreatif untuk memasarkannya. 

Ketatnya persaingan tersebut masih menjadi tantangan utama di samping menurunya daya beli masyarakat.

Bertambahnya para pesaing, baik lokal maupun internasional yang ingin memanfaatkan potensi pasar yang besar di Indonesia juga menjadi tantangan utama para pelaku industri consumer goods.

Kendati ada peningkatan persaingan di Indonesia, banyak raksasa bidang costumer goods, tetap mampu mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar FMCG di Indonesia dengan antisipasi kebutuhan dan selera pasar yang semakin dinamis. Seperti PT Kao Indonesia. 

Dengan keunggulan kompetitif yang mereka miliki yaitu portofolio brand yang lengkap, ekuitas brand yang kuat, Inovasi dan Unique Value yang dimiliki dan pemahaman mendalam tentang pasar yang telah diserap selama lebih dari 39 tahun melayani konsumen Indonesia, Kao mampu menciptakan nilai lebih dan mencetak pertumbuhan.

Adalah Tomiro Nagase, sosok hebat dibalik kelahiran Kao pada ratusan tahun silam. 

Hasil rajikannya menjadi saluran berkah bagi banyak orang. Kao terus tumbuh kembang bernafaskan inovasi hingga menjadi hebat hingga sekarang ini. 

Awal berdirinya di Jepang, Kao mengusung semangat Yoki Monozukuri (penciptaan produk luar biasa guna meningkatkan kualitas hidup Masyarakat) dari sang pendiri, Nagase, berupa sebuah produk Kao Sekken (Sabun Kao). 

Karena saat itu tersedia sabun domestik yang berkualitas buruk. 

Sementara sabun impor berharga tinggi. Pendiri Kao di tahun 1890, prihatin dan bertekad untuk membuat sebuah sabun wajah berkualitas tinggi dan terjangkau tapi dari hasil inovasi bangsa Jepang sendiri. 

Kao terus bertransformasi dan berinovasi. Seiring perjalanan waktu, pada tahun 1934, Kao mulai mendirikan Laboratorium Housework Science. 

Kemudian pada tahun 1973 berganti nama menjadi Laboratorium Nagase Housework Science dengan ide belajar lebih tentang pelanggan dan menawarkan saran-saran gaya hidup berkualitas. 

Pada tahun 1960, Kao mulai ada ekspansi ke Asia dan mengembangkan produk untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup lokal. 

Divisi Produk Konsumen Kao, memulai dengan mengekspor produk ke Thailand, yaitu Kao Industrial (Thailand) Co., Ltd. dan Taiwan-Kao Company, LTd. Perusahaan ini mulai didirikan pada tahun 1964 sebagai perusahaan luar negeri Kao pertama. 

Pada tahun-tahun berikutnya, Kao mengembangkan bisnisnya dengan fokus pada produksi lokal dan penjualan di Asia. 

Hadir di Indonesia

Kao sendiri hadir pada 18 Januari 1985 di Indonesia. Dengan beragam brand pelengkap kebutuhan manusia, seperti Attack, Bioré, Laurier, Merries, Men’s Bioré, Magiclean, Megrhythm, Liese dan Jergens. 

Deretan mahakarya Kao tersebut adalah hasil dari sebuah transformasi dan inovasi yang tidak henti, selama 136 tahun perjalanan bisnisnya dalam industri Consumer Goods dunia. 

Dalam melakukan proses produksi untuk produk-produk berkualitasnya, PT Kao Indonesia memiliki dua fasilitas produksi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang dan Kawasan Industri di Karawang. 

Awal beroperasinya ditahun 1985 itu, Kao Corporation menggandeng PT. Dino Indonesia Industrial Ltd. yang telah memproduksi bubuk deterjen Dino sejak tahun 1969.  

Awalnya aktivitas joint venture antara PT Rodamas dan Kao Corporation, Perusahaan ini tetap bernama PT Dino Indonesia Industrial Ltd. 

Pabrik Kao Indonesia sendiri berada di Jl. Jababeka VI/N-2, Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat serta di Jl. Harapan VI Lot LL-3A, Kawasan Karawang International Industrial City (KIIC), Karawang, Jawa Barat.

Kao Indonesia hadir dengan membawa Visi untuk menjadi yang terdekat dengan konsumen serta Misi untuk menghadirkan Kirei life untuk konsumen, masyarakat dan bumi melalui Kirei Lifestyle Plan. 

Kirei Lifestyle Plan merupakan strategi ESG yang dimiliki oleh Kao Indonesia dan juga Kao Grup lainnya yang dibentuk untuk memenuhi dan mendukung kebutuhan konsumen dalam menjalani gaya hidup yang berkelanjutan melalui berbagai inovasi produk dan layanan.

Kao Way

The “Kao Way” (budaya perusahaan) merupakan filosofi perusahaan yang menjadi landasan dari aktivitas bisnis Kao Grup termasuk Kao Indonesia. Sebagai fundamental, The “Kao Way” memberikan konsistensi untuk aktivitas Grup dari mulai perumusan rencana bisnis jangka panjang sampai setiap keputusan bisnis yang kami buat setiap hari.

"Di Kao, kami berjanji untuk terus memberikan kontribusi untuk mewujudkan masa depan yang cerah bagi orang￾orang di seluruh dunia, dan untuk menciptakan dunia yang berkelanjutan tempat semua makhluk dapat hidup berdampingan." (Kao Way).

Harapannya begitu mulia, yaitu tidak hanya menghasilkan produk berkualitas namun juga untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat dunia termasuk Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Plt Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Bob T Ananta (tengah) bersama dengan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kiri) dan SEVP Branding & Communication BSI Kemas Erwan Husainy (kanan) menunjukkan layanan emas di BSI yakni BSI Cicil Emas, BSI Gadai Emas dan BSI Emas yang dapat dilakukan melalui BYOND by BSI.

Rabu, 16 April 2025 - 07:26 WIB

Plt Dirut BSI: Emas Solusi Investasi Saat Ini, Transaksi Logam Mulia di BSI Bebas Antri

PT. Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) menilai emas sebagai solusi instrumen investasi saat ini, karena merupakan aset safe haven terlebih di tengah kondisi ketidakpastian ekonomi global. Bertransaksi…

UMKM BRI ikut pameran di Singapur

Rabu, 16 April 2025 - 07:13 WIB

Dorong UMKM Go Global, BRI Bawa UMKM Binaan Ikuti Pameran Internasional FHA-Food & Beverage 2025 di Singapura

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berpartisipasi dalam ajang FHA-Food & Beverage 2025 yang berlangsung di Singapura pada 8 hingga 11 April 2025, melalui kehadiran Paviliun…

BRI Siapakan menjadi penyalur living cost Haji

Rabu, 16 April 2025 - 07:06 WIB

Proaktif Dalam Pelayanan Haji, BRI Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2025

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali mendapatkan kepercayaan sebagai pemenang dalam proses bidding penyediaan uang kertas asing (banknotes) Saudi Arabian Riyal (SAR) yang diselenggarakan…

Huawei Mate XT Ultimate Design

Selasa, 15 April 2025 - 22:33 WIB

Huawei Mate XT Ultimate Design, Smartphone Lipat Tiga Pertama di Dunia

Mengusung konsep desain revolusioner dan teknologi mutakhir, Huawei Mate XT Ultimate Design hadir dengan desain paling tipis di kelasnya dan tampilan visual yang imersif.

Siloam Hospitals Group Raih 5 Penghargaan di Healthcare Asia Awards 2025

Selasa, 15 April 2025 - 22:16 WIB

Siloam Hospitals Group Raih 5 Penghargaan di Healthcare Asia Awards 2025

Capaian ini menjadikan Siloam sebagai rumah sakit Indonesia dengan penghargaan terbanyak tahun ini dan sekaligus menegaskan reputasinya sebagai pelopor inovasi layanan kesehatan berkelas dunia.