Kementerian PUPR Tuntaskan Duplikasi Jembatan Krueng Peudada dan Krueng Tamiang

Oleh : Hariyanto | Senin, 23 September 2024 - 11:32 WIB

Duplikasi Jembatan Krueng Peudada dan Krueng Tamiang
Duplikasi Jembatan Krueng Peudada dan Krueng Tamiang

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga telah menyelesaikan pembangunan Duplikasi Jembatan Krueng Peudada di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. 

Pembangunan duplikasi jembatan sejajar dengan jembatan eksisting akan meningkatkan konektivitas warga dan memperlancar distribusi barang dan jasa pada ruas Jalan Nasional Banda Aceh - Medan serta sebagai satu kesatuan sistem arus lalu lintas keluar masuk di Kabupaten Bireuen. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan konektivitas antar wilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien. Dengan konektivitas yang semakin lancar diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut. 

“Pembangunan infrastruktur jembatan, flyover, dan underpass akan memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas, di samping memberikan alternative bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian,” kata Menteri Basuki. 

Duplikasi Jembatan Krueng Peudada dibangun dengan skema Multi Years Contract (MYC) tahun 2022-2024 dengan sumber pendanaan dari dana SBSN senilai Rp80 miliar. Secara konstruksi, struktur Duplikasi Jembatan Krueng Peudada memiliki panjang utama 248 meter dengan tipe rangka baja yang terdiri dari 7 bentang dan lebar jembatan 10 meter.

Pembangunan Duplikasi Jembatan Krueng Peudada akan menambah kapasitas jalan dari semula dua lajur menjadi empat lajur. Dengan dibangunnya jembatan duplikask diharapkan arus lalu lintas dari Kota Medan menuju Banda Aceh atau jalur Lintas Sumatera Utara - Aceh tidak mengalami hambatan atau kemacetan.  

Selain membangun Duplikasi Jembatan Krueng Peudada Kabupaten Bireuen, Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Aceh, Ditjen Bina Marga juga menyelesaikan pembangunan Duplikasi Jembatan Krueng Tamiang di Provinsi Aceh Tamiang. Duplikasi jembatan dibangun sejajar dengan jembatan lama dengan panjang 230 meter. 

Tercatat pada 2024, Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga menyelesaikan 15 jembatan yang tersebar di 10 provinsi, yakni : Duplikasi Jembatan Krueng Peudada dan Duplikasi Jembatan Krueng Tamiang di Provinsi Aceh.

Selain itu, Jembatan dan Underpas Gatot Subroto di Sumatera Utara, Flyover Bantaian dan FO Sekip Ujung di Sumatera Selatan, Jembatan Sungai Sambas Besar dan Duplikasi Jembatan Kapuas I di Kalimantan Barat, Pelindung Dumbukan Kapal Jembatan Pulau Balang dan Duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek di Kalimantan Timur, Undepass Balaraja dan Flyover Cibodas di Banten, Flyover Madukoro di Jawa Tengah, Jembatan Jong Biru dan Flyover Juanda di Jawa Timur, Elevated Maros di Sulawesi Selatan, dan Jembatan GORR di Gorontalo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Call center Livin by Mandiri

Senin, 23 September 2024 - 14:18 WIB

Terbaik ! Bank Mandiri Borong 4 Penghargaan Platinum di The Best Contact Center Indonesia 2024

Bank Mandiri kembali menegaskan konsistensinya dalam inovasi layanan perbankan dengan menyabet empat penghargaan tertinggi dalam ajang bergengsi The Best Contact Center Indonesia tahun 2024.…

Singapura di Malam Hari

Senin, 23 September 2024 - 12:12 WIB

Warga Indonesia Berada Pada Urutan Teratas untuk Night Race Singapura

Acara balapan yang paling dinanti di Singapura segera tiba. Para penggemar dari seluruh kawasan bersiap untuk menyaksikan deru mesin yang khas, penampilan selebriti yang memukau, dan serangkaian…

Panglima TNI Run 2024 di Monas

Senin, 23 September 2024 - 11:54 WIB

Ribuan Masyarakat Antusias Ikuti Panglima TNI Run 2024 di Monas

(Puspen TNI) - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto secara resmi membuka acara Panglima TNI Run 2024 yang menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI yang diikuti…

Benny Susetyo

Senin, 23 September 2024 - 11:37 WIB

Paradoks Agama dalam Etika Publik

Agama sebagai etika publik dalam kehidupan masyarakat Indonesia bukan sekadar penting, tetapi mencerminkan realitas yang mendesak dan penuh paradoks

KAO Indonesia, Kawasan Industri Jababeka (KIJA), Cikarang - Bekasi

Senin, 23 September 2024 - 11:27 WIB

Perjalanan Kao Indonesia, Raksasa Consumer Goods Dunia dari Jababeka

Persaingan produk konsumen atau dikenal sebagai "consumer goods" di Indonesia kian ketat sehingga menuntut produsen lebih kreatif untuk memasarkannya.