Jangan Ragu! Motor Listrik Hanya Menghasilkan Sekitar 40% Emisi Dibandingkan Kendaraan Bermesin BBM

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 22 September 2024 - 12:10 WIB

Potret karyawan SiCepat mengikuti test ride motor listrik Volta di Head Office SiCepat Ekspres, Jl. Ir. H. Juanda 3, Gambir, Jakarta Pusat.
Potret karyawan SiCepat mengikuti test ride motor listrik Volta di Head Office SiCepat Ekspres, Jl. Ir. H. Juanda 3, Gambir, Jakarta Pusat.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang diwakili Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menegaskan kembali pentingnya konversi kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) menjadi motor listrik yang terus didorong oleh pemerintah. Konversi ini berdampak signifikan terhadap pengurangan emisi, dengan motor listrik hanya menghasilkan sekitar 40% emisi dibandingkan kendaraan bermesin BBM.

"Kementerian ESDM terus mengupayakan dua hal utama, yakni meningkatkan ketahanan energi dan menurunkan emisi. Keduanya harus dilakukan secara bersamaan, dan kegiatan hari ini merupakan kombinasi dari kedua tujuan tersebut," ujar Dadan saat membuka Balap Sepeda Motor Listrik Konversi 2024 (EV Conversion Race 2024) di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/9).

Dadan menjelaskan bahwa motor listrik jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan motor berbahan bakar minyak. "Sebagai contoh, satu liter BBM mampu menempuh jarak sekitar 35 km dan menghasilkan emisi 2,5 kg CO2. Sedangkan, satu kWh listrik yang digunakan oleh motor listrik untuk jarak yang sama hanya menghasilkan emisi sebesar 40% dari BBM, atau sekitar 1,9 kg lebih sedikit," ungkapnya.

Saat ini, terdapat potensi besar dengan sekitar 1,4 juta kendaraan roda dua di Indonesia yang dapat dikonversi. "Konversi motor listrik secara bertahap bukan hanya membantu mengurangi konsumsi BBM, yang sebagian masih kita impor, tetapi juga mendorong pertumbuhan industri dalam negeri. Kementerian ESDM, bersama Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI), telah mengembangkan industri komponen lokal dan di saat yang sama kami juga mendorong pertumbuhan bengkel-bengkel konversi," lanjut Dadan.

Pertama di Dunia

EV Conversion Race 2024, yang diinisiasi oleh AISMOLI dengan dukungan Kementerian ESDM, diselenggarakan di Sentul Karting International Circuit pada Minggu (22/9). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keandalan dan performa motor listrik hasil konversi.

"Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat. Masih banyak yang belum mengetahui bahwa motor listrik, baik yang baru maupun hasil konversi, memiliki kualitas yang setara dengan motor berbahan bakar bensin," kata Ketua Umum AISMOLI, Budi Setiyadi.

Melalui ajang ini, diharapkan masyarakat yang masih ragu terhadap kemampuan motor listrik dan motor hasil konversi akan semakin yakin. "Hari ini, kita akan menyaksikan secara langsung kehandalan motor listrik konversi. Harapannya, semakin banyak masyarakat yang beralih dari motor berbahan bakar minyak ke motor listrik," tambah Budi.

EV Conversion Race 2024 memperlombakan tiga kategori utama: EV Race, yaitu balapan sepeda motor listrik di lintasan aspal untuk menguji performa; EV Endurance, balapan ketahanan selama dua jam yang bertujuan membuktikan daya tahan motor listrik hasil konversi; dan kategori ketiga yang akan berlangsung pada putaran kedua pada 13 Oktober 2024.

Perlombaan ini merupakan yang pertama di dunia untuk motor listrik konversi, dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) telah mengadopsi Peraturan Teknis Balap Sepeda Motor Listrik Konversi 2024 sebagai pedoman resmi. (Kementerian ESDM)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 September 2024 - 12:33 WIB

Polri Bongkar Pencucian Uang Rp2,1 T Kasus Narkoba yang Dikendalikan Napi dari Balik Jeruji

DPR RI menyambut positif terbongkarnya dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) hasil peredaran gelap narkoba senilai Rp2,1 triliun yang dikendalikan oleh narapidana dari balik jeruji penjara.…

Avtur Pertamina (ist)

Minggu, 22 September 2024 - 12:27 WIB

Siasati Mahalnya Harga Tiket, Mulyanto DPR Dorong Badan Usaha Swasta Diberi Izin Jualan Bahan Bakar Pesawat (Avtur)

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menyampaikan pemberian izin badan usaha swasta untuk menjual bahan bakar pesawat (avtur) di Indonesia perlu didukung. Hal itu salah satu upaya menekan harga…

Ilustrasi Industri alas kaki (Foto Ist)

Minggu, 22 September 2024 - 12:18 WIB

Top! PT Nganjuk Tama Sejahtera Sukses Ekspor Perdana Enam Belas Ribu Pasang Upper Sepatu ke Argentina

Memanfaatkan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor industri kecil menengah (KITE IKM) yang diberikan oleh Bea Cukai, PT Nganjuk Tama Sejahtera realisasikan ekspor perdana produknya menuju…

Asuransi Ilustrasi

Minggu, 22 September 2024 - 12:14 WIB

Bi Pinnacle Global Ekspansi ke Asia Tenggara, Indonesia Jadi Basis Utama

Bi Pinnacle Global secara resmi mengumumkan rencana strategisnya untuk berekspansi ke pasar Asia Tenggara dalam upacara pembukaan yang dihadiri 600 orang di Bali pada 13-14 September. Indonesia…

Projeck WSBP

Minggu, 22 September 2024 - 12:11 WIB

WSBP Hormati Putusan Pengadilan terkait Gugatan Bank DKI

PT Waskita Beton Precast Tbk (Perseroan) (WSBP) menghormati putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur yang mengabulkan sebagian gugatan yang diajukan oleh Bank DKI dengan nomor perkara 05/Pdt.G./2024/PNJkt.Tim.…