PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Raih Penghargaan Industri Hijau 2024 dari Kemenperin

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 21 September 2024 - 20:39 WIB

Solusi Bangun Indonesia Raih Penghargaan Industri Hijau 2024 dari Kemenperin
Solusi Bangun Indonesia Raih Penghargaan Industri Hijau 2024 dari Kemenperin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI), anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), melalui Pabrik Tuban, berhasil menjadi satu-satunya perusahaan semen yang meraih Penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 

Penghargaan ini diberikan dalam kategori Perusahaan Industri dengan Upaya Efisiensi Terbaik dalam Penerapan Industri Hijau, yang diumumkan pada acara Annual Indonesia Green Industry Summit (AIGIS) di Jakarta, 19 September 2024. 

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Andi Rizaldi, Kepala Badan Standardisasi Kebijakan Jasa Industri Kementerian Perindustrian, kepada Priyatno, General Manager SBI Pabrik Tuban.

Asri Mukhtar, Direktur Utama SBI, menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen SBI dalam mendukung transformasi menuju industri semen yang lebih berkelanjutan di masa depan.


“Keberlanjutan telah menjadi nilai inti dan prioritas SBI, tidak hanya sebagai bentuk kepatuhan, tetapi juga sebagai tanggung jawab terhadap masa depan lingkungan. Kami terus berinovasi dengan menghadirkan inisiatif dan solusi baru yang berorientasi pada operational excellence dan mempercepat transformasi menuju industri hijau yang siap menghadapi tantangan ekonomi rendah karbon. Hal ini juga menjadi keunggulan kompetitif bagi kami di pasar domestik maupun internasional,” tegas Asri Mukhtar.

Bambang Irawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Tuban, juga memberikan apresiasi terhadap kinerja keberlanjutan yang telah dicapai oleh SBI Pabrik Tuban. “Kami sangat mengapresiasi pencapaian SBI Tuban.

Penghargaan ini adalah contoh yang patut diikuti oleh industri lain di Tuban, sehingga kita dapat bersama-sama mewujudkan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060,” ujar Bambang Irawan.

Sejalan dengan target yang telah ditetapkan dalam Sustainability Road Map 2030 SBI, Pabrik Tuban melaksanakan sejumlah inisiatif penting, antara lain efisiensi konsumsi energi panas melalui manajemen energi, automasi, dan digitalisasi, optimalisasi pemanfaatan bahan bakar alternatif untuk mengurangi penggunaan batu bara, serta instalasi solar panel dengan kapasitas mencapai 6,39 MWp yang membantu efisiensi penggunaan energi listrik.

Di sektor sosial, SBI Pabrik Tuban juga melibatkan masyarakat setempat dalam inovasi sosial melalui pembentukan kelompok kreatif desa yang mendukung digitalisasi dan pertanian terpadu.

Asri Mukhtar juga menekankan pentingnya kolaborasi lintas pemangku kepentingan dalam mencapai tujuan keberlanjutan bersama. Ia menyoroti salah satu contoh kolaborasi dalam pemanfaatan sampah perkotaan yang diolah menjadi refuse-derived fuel (RDF).

“Saat ini, kami telah bekerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah untuk memanfaatkan RDF sebagai bahan bakar alternatif dalam proses produksi semen. Di Pabrik Tuban, RDF yang digunakan berasal dari Jawa Timur dan Bali sebagai pengganti sebagian batu bara. Selain mengurangi emisi karbon, solusi ini juga membantu pemerintah daerah dalam mengelola sampah dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi masyarakat,” jelas Asri Mukhtar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT JIEP Bagikan 350 Buku Bacaan dan Berikan Fasilitas Perpustakaan Sekolah melalui Program TJSL JIEP Goes to School.

Sabtu, 21 September 2024 - 22:11 WIB

PT JIEP Donasi Buku dan Fasilitas Perpustakaan di SDN Rawa Terate 03 Pagi Jakarta

Dalam kegiatan bertajuk JIEP Goes to School, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung mendonasikan 350 buku bacaan dan menyediakan fasilitas perpustakaan baru bagi SDN Rawa Terate 03 Pagi, Jakarta.

Penerapan Teknologi ERP sebagai Kunci Sukses Industri Manufaktur 4.0 di Indonesia

Sabtu, 21 September 2024 - 21:22 WIB

Penerapan Teknologi ERP sebagai Kunci Sukses Industri Manufaktur 4.0 di Indonesia

Jakarta-PT Bisnis Sistem Indonesia (BSI) sebagai penyelenggara bersama Infor, pada tanggal 19 September 2024 menggelar event Indonesia Manufacturing Symposium 2024 di Holiday Inn Cikarang Jababeka.

Menlu Retno

Sabtu, 21 September 2024 - 20:53 WIB

Menlu Retno Resmikan 'Indonesia House Amsterdam', Pusat Promosi RI Terbesar di Eropa

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L. P. Marsudi, bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Mayerfas, membuka papan nama di dinding depan gedung 5 lantai beralamat…

Ilustrasi Hacker

Sabtu, 21 September 2024 - 20:17 WIB

Data Warga RI Kembali Bocor, Sukamta: Ini Alarm Keras Buat Pemerintah!

Kebocoran data kembali lagi terjadi di Indonesia, kali ini peretasan data NPWP yang menjadi sasaran. Komisi I DPR pun mendesak pemerintah untuk serius menangani kasus peretasan tersebut dengan…

Energi Baru Terbarukan

Sabtu, 21 September 2024 - 20:08 WIB

Pembahasan RUU Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBET) Tidak Dilanjutkan, Ini Penyebabnya...

Pembahasan dan Pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Energi Baru dan Energi Terbarukan (RUU EBET) tidak akan dilanjutkan dalam periodisasi DPR RI 2019-2024. Direktur Jenderal Energi…