Pembahasan RUU Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBET) Tidak Dilanjutkan, Ini Penyebabnya...

Oleh : Nata Kesuma | Sabtu, 21 September 2024 - 20:08 WIB

Energi Baru Terbarukan
Energi Baru Terbarukan

INDUSTRY.co.id - Makassar - Pembahasan dan Pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Energi Baru dan Energi Terbarukan (RUU EBET) tidak akan dilanjutkan dalam periodisasi DPR RI 2019-2024. 

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Eniya Listiani Dewi membenarkan kabar tersebut.

Namun demikian, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama dengan Komisi VII DPR RI sudah sepakat pembahasan RUU EBET akan di-carry over DPR RI periode selanjutnya, 2024-2029.

Menanggapi hal tesebut, Anggota Komisi VII DPR RI, Andi Yuliani Paris, menyampaikan bahwa skema power wheeling dalam RUU EBET memicu perdebatan tata kelola kelistrikan bagi pengguna listrik.

“Sebenarnya kita memang benar ya masih ada deadlock di power wheeling. Jadi di internal pemerintah sendiri harus sepakat dulu terkait dengan power wheeling,” ujar Andi setelah memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI ke PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (20/09/2024).

Perlu diketahui power wheeling adalah mekanisme yang mengizinkan pihak swasta membangun pembangkit listrik dan menjual secara langsung kepada masyarakat.

Legislator dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut, mengatakan, seharusnya PT PLN (Persero) sebagai satu-satunya pengelola kelistrikan di Indonesia bisa mencontoh PT Pertamina (Persero) mengizinkan penyaluran bahan bakar minyak melalui penyalur swasta tanpa harus mematikan bisnis Pertamina itu sendiri.

“Suplai BBM banyak perusahaan-perusahaan swasta yang sudah (terlibat). Nah, kenapa untuk di sektor energi (listrik) tidak bisa sektor swasta (terlibat). Tentu PT PLN ini kan seharusnya memberikan, dengan memberikan payung hukum atau regulasi tanpa mematikan PT PLN, karena PT PLN juga BUMN,” ujar Andi Yuliani Paris.

Dengan catatan, menurut Legislator Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan II itu, pemberian izin tata kelola energi khususnya kelistrikan harus ramah lingkungan tanpa timbal, seperti menggunakan tenaga air, matahari dan angin. 

Dengan begitu target energi baru dan energi terbarukan pada tahun 2025 sebesar 23 persen akan tercapai.

“PLN belum mau membuka jalan, padahal energi terbarukan itu tercapai di targetnya 2025 kan 23 persen sekarang baru sekitar 12 sampai 13 persen,” tutup Andi Yuliani Paris. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT JIEP Bagikan 350 Buku Bacaan dan Berikan Fasilitas Perpustakaan Sekolah melalui Program TJSL JIEP Goes to School.

Sabtu, 21 September 2024 - 22:11 WIB

PT JIEP Donasi Buku dan Fasilitas Perpustakaan di SDN Rawa Terate 03 Pagi Jakarta

Dalam kegiatan bertajuk JIEP Goes to School, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung mendonasikan 350 buku bacaan dan menyediakan fasilitas perpustakaan baru bagi SDN Rawa Terate 03 Pagi, Jakarta.

Penerapan Teknologi ERP sebagai Kunci Sukses Industri Manufaktur 4.0 di Indonesia

Sabtu, 21 September 2024 - 21:22 WIB

Penerapan Teknologi ERP sebagai Kunci Sukses Industri Manufaktur 4.0 di Indonesia

Jakarta-PT Bisnis Sistem Indonesia (BSI) sebagai penyelenggara bersama Infor, pada tanggal 19 September 2024 menggelar event Indonesia Manufacturing Symposium 2024 di Holiday Inn Cikarang Jababeka.

Menlu Retno

Sabtu, 21 September 2024 - 20:53 WIB

Menlu Retno Resmikan 'Indonesia House Amsterdam', Pusat Promosi RI Terbesar di Eropa

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L. P. Marsudi, bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Mayerfas, membuka papan nama di dinding depan gedung 5 lantai beralamat…

Solusi Bangun Indonesia Raih Penghargaan Industri Hijau 2024 dari Kemenperin

Sabtu, 21 September 2024 - 20:39 WIB

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Raih Penghargaan Industri Hijau 2024 dari Kemenperin

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI), anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), melalui Pabrik Tuban, berhasil menjadi satu-satunya perusahaan semen yang meraih Penghargaan Industri…

Ilustrasi Hacker

Sabtu, 21 September 2024 - 20:17 WIB

Data Warga RI Kembali Bocor, Sukamta: Ini Alarm Keras Buat Pemerintah!

Kebocoran data kembali lagi terjadi di Indonesia, kali ini peretasan data NPWP yang menjadi sasaran. Komisi I DPR pun mendesak pemerintah untuk serius menangani kasus peretasan tersebut dengan…