Kemenperin Dorong Pengusaha Kawasan Industri Sinergi dengan IKM

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 21 September 2024 - 12:24 WIB

Kegiatan Townhall Meeting HKI di Kota Parahyangan, Jawa Barat
Kegiatan Townhall Meeting HKI di Kota Parahyangan, Jawa Barat

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam Town Hall Meeting Himpunan Kawasan Industri (HKI) , Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian/ Plt. Dirjen Ketahanan Perwilayahan Akses Industri Internasional (KPAII) Eko S.A Cahyanto menyampaikan bahwa untuk mempertahankan maupun meningkatkan pertumbuhan sektor industri, maka industri manufaktur harus terus memperkuat daya saingnya.

"Peran Kawasan industri menjadi sangat penting, karena sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian, telah dinyatakan bahwa semua kegiatan industri wajib berlokasi di dalam suatu kawasan industri, " kata Eko pada Town Hall Meeting HKI di Padalarang, Bandung pada Kamis (19/9/2024). 

Oleh karenanya, lanjut Eko, kawasan industri yang dibangun harus dapat menjadi solusi pilihan lokasi berusaha bagi industri manufaktur yang akan berinvestasi serta menjadi epicentrum untuk peningkatan daya saing maupun pertumbuhan ekonomi industri.

Eko mengatakan, kegiatan pengembangan IKM dapat difokuskan pada peningkatan daya saing, perluasan kemitraan dengan mengubah pola bisnis menjadi B2B, serta identifikasi kebutuhan insentif yang diperlukan untuk pengembangan ekosistem.

Pemerintah telah menyusun langkah strategi baru sebagai upaya untuk mensinergikan kegiatan IKM dengan kawasan industri. Salah satunya adalah mendorong pembangunan Sentra IKM sebagai pendorong aktivitas kegiatan kawasan industri. 

Konsep dari Sentra IKM tersebut adalah pengembangan IKM dalam satu lokasi/tempat yang terdiri dari paling sedikit 5 (lima) unit usaha yang menghasilkan produk sejenis, menggunakan bahan baku sejenis, dan/atau melakukan proses produksi yang sama.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kapuspen TNI mengkonfirmasi bahwa Pilot Susi Air Philip Mark Martein dari New Zealand berhasil dibebaskan setelah hampir 2 tahun di sandera oleh kelompok bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Sabtu, 21 September 2024 - 14:03 WIB

Usai Disandera Selama 1 tahun 7 bulan , Pilot Susi Air Philip Mark Martein Akhirnya Dibebaskan

(Puspen TNI) - Kapuspen TNI mengkonfirmasi bahwa pilot Susi Air Philip Mark Martein dari New Zealand yang selama ini disandera oleh kelompok bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) telah berhasil…

Sekjen Kemenperin Eko Cahyanto bersama Ketum HKI Sanny Iskandar di Townhall Meeting HKI, di Parahyangan, Jawa Barat

Sabtu, 21 September 2024 - 12:20 WIB

Ini Strategi Ketum HKI Perkuat Industri Kecil dan Menengah (IKM)

Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI), telah menyelenggarakan Town Hall Meeting yang bertemakan “Pengembangan Klaster IKM Bagi Kawasan Industri” hari Kamis 19 September 2024 di Padalarang…

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI), Sanny Iskandar

Sabtu, 21 September 2024 - 12:17 WIB

Gelar Townhall Meeting, Bos HKI Beberkan Program Kemitraan untuk Bantu Industri Kecil Naik Kelas

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI), Sanny Iskandar didampingi oleh beberapa Dewan Pengurus membuat program kepedulian yang sangat strategis terhadap pengembangan Industri Kecil…

Plt. Kepala Perpusnas, E. Aminudin Aziz saat memberi sambutan di Gemilang Perpustakaan 2024.

Sabtu, 21 September 2024 - 10:32 WIB

Perpusnas Gelar Literasi Gemilang 2024, Ini Daftar Lengkap Penerima NJDP 2024

Di Gemilang Perpustakaan 2024, Perpusnas memberikan penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka kepada para pegiat literasi, serta diungkap keberhasilan meraih penghargaan dari UNESCO.

Perusahaan Carbonethics (Ist)

Sabtu, 21 September 2024 - 09:54 WIB

Raup Dana Investor USD 2,1 Juta, CarbonEthics Siap Akselerasi Proyek Karbon Biru Berkualitas Tinggi

CarbonEthics adalah pengembang proyek Solusi Iklim Alami atau Natural Climate Solutions (NCS) yang didukung teknologi, yang membantu perusahaan atau institusi mencapai target mitigasi perubahan…