Hebat! Prodi Arsitektur President University Presentasikan Tiga Paper di Simposium Kyoto Jepang

Oleh : Candra Mata | Jumat, 20 September 2024 - 21:57 WIB

Selly Veronica, Kaprodi Arsitektur President University
Selly Veronica, Kaprodi Arsitektur President University

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Prodi Arsitektur President University. Meski baru seumur jagung, Prodi yang didirikan di tahun 2022 ini telah mampu unjuk diri dalam berbagai pentas artsitektur tingkat dunia.

Setelah sukses menjuarai Building Modeling di Malaysia tahun ini, Prodi yang dikepalai oleh Selly Veronica ST.MT berhasil mempresntasikan tiga paper di forum arsitektur internasional yang digelar 10-12 September di Kyoto, Jepang.

"Kami telah mempresentasikan 3 (tiga) paper pada kegiatan The Architectural Institute of Japan (AIJ) International Symposium on Architectural Interchanges in Asia (ISAIA), di Kyoto Japan," ungkap Kaprodi Arsitektur President University Selly Veronica di Jakarta, Jumat (20/9/2024).

Simposium tersebut merupakan kolaborasi antara Architectural Institute of Korea (AIK) dan Architectural Society of China (ASC) dengan mengankat tema “Architect-ing What?: Rethinking the Foundations of Human Existence.

"Ketiga judul paper kami tersebut adalah (1) Exploring Spatial Awareness: Integrating Workshop-Based Learning in Design Process Study; (2) Inner vs. Outer Kajang: A Spatial and Cultural Divide; (3) Symbiotic Space: Coexistence in Multiethnic," jelas Veronica.

Menurutnya, buah dari pendidikan yang sangat unik dan menarik dengan fokus pada inovasi untuk mencetak pemimpin arsitektur yang berdaya saing global telah mampu mengangkat nama Prodi Arsitektur President University di level internasional.

"Dengan metode ajar bahasa inggris full lalu ditambah dengan konsep project actual base, dimana pendidikan arsitektur tidak hanya secara teoritis dikelas namun dengan pengalaman ruang. Sehingga aplikasinya lebih humanis, para mahasiswa mendapat experience pengalaman ruang untuk memunculkan desain yang lebih inovatif, lebih kontekstual, dan lebih peka," ungkapnya.

Tak hanya itu, letak kampus yang strategis yang dikelilingi oleh sekitar dua ribu perusahaan tenants dari Jababeka dan bekerjasama demgan berbagai perusahaan telah menjadikan benefit artsitek yang besar bagi para mahasiswa President University yang tidak didapat ditempat lain.

"Kita menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan baik nasional maupun multinasional yang ada di kawasan Jababeka. Dengan fasilitas itu para mahasiswa mendapat internship praktik langsung aristektur di dalam kawasan sehingga mereka memiliki prospek dan portfolio build yang lebih komprehensif. lebih dari sekadar membuat desain sebuah bangunan," jelas Veronica.

Saat ini, mahasiswa Prodi Arsitektur President University sendiri tidak hanya berasal dari Indonesia, banyak diantaranya berasal dari Myanmar, Timor Leste, China dan Denmark.

"Kami terus aktif mendorong para mahasiswa untuk mengikuti berbagai simposium, sayembara desain dan confrence tingkat internasional. Termasuk memberikan program internship 1 tahun dan student exchange di kampus-kampus mitra President University di luar negeri," pungkasnya.

Dekan Fakuktas Arts, Design dan Arsitektur, Dr. Agus Canny, M.A., M.Sc turut menyampaikan bahwa prodi arsitektur, President University sangat istimewa karena menerapkan pendekatan interdisipliner yaitu dengan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu.

"Dalam konteks arsitektur, ini berarti mahasiswa tidak hanya belajar tentang desain bangunan, namun isu-isu sosial dan lingkungan dengan fokus pada Inovasi dengan mengembangkan teknologi baru dalam bidang arsitektur," tandas Agus Canny.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Open Tournament Lomba Menembak Piala Panglima TNI berlangsung dari tanggal 20-22 September 2024 dan diikuti oleh TNI, Polri dan Sipil sebanyak 1.513 orang

Jumat, 20 September 2024 - 21:23 WIB

Kasau Resmi Buka Open Tournament Lomba Menembak Piala Panglima TNI 2024

(Puspen TNI) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono mewakili Panglima TNI membuka secara resmi Open Tournament Lomba Menembak Piala Panglima TNI dalam rangka…

BRI insurance serahkan klaim nasabah unit BRI pasar Kutoarjo

Jumat, 20 September 2024 - 20:39 WIB

BRI Insurance Bersama BRI Serahkan Pembayaran Klaim Kepada Pedagang Pasar Kutoarjo

BRI Insurance (BRINS) bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyerahkan klaim asuransi kepada nasabah di Pasar Kutoarjo yang tertimpa musibah kebakaran pada Jumat,16 Agustsus 2024 lalu.

Purjono Agus Suhendro, pakar pemasaran dari Indonesia Marketing Strategy Consultant (IMSC)

Jumat, 20 September 2024 - 19:00 WIB

4 Penyebab Utama Kebangkrutan Tupperware Menurut Pakar Pemasaran Ini

Jakarta – Tupperware Brands Corporation (NYSE: TUP), sebelumnya bernama Tupperware Corporation, menambah daftar merek global legendaris yang akhirnya bangkrut menyusul Kodak di Jepang, Lehman…

Dalam waktu dekat, Hutama Karya akan melakukan penyesuaian tarif pada Tol Terpeka

Jumat, 20 September 2024 - 17:56 WIB

Lima Tahun Beroperasi, Hutama Karya Segera Berlakukan Tarif Baru Tol Terpeka

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) akan segera melakukan penyesuaian tarif pada Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, menyusul terbitnya Surat Keputusan (SK) Menteri…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 20 September 2024 - 17:52 WIB

Sukses Majukan Sektor Industri, Menperin Agus Terima Gelar Doktorat Kehormatan dari Hiroshima University

Hiroshima University merupakan salah satu national research university terkemuka di Jepang. Menyatukan berbagai institusi pendidikan tinggi di Hiroshima pada 1949, Hiroshima University berdiri…