President University Kirim Empat Mahasiswa Ikuti Global Hackathon Startup Competition di Korea

Oleh : Candra Mata | Jumat, 20 September 2024 - 08:39 WIB

Mahasiswa President University : Kevin Lavpienji Nainggolan (IT, 2022); Halim Putra Prabowo E.J. (IS, 2022); Indyla Bayu Pramesti Putri (MGMT, 2021); Daniella Elizabeth Rachel Manorek (VCD, 2022)
Mahasiswa President University : Kevin Lavpienji Nainggolan (IT, 2022); Halim Putra Prabowo E.J. (IS, 2022); Indyla Bayu Pramesti Putri (MGMT, 2021); Daniella Elizabeth Rachel Manorek (VCD, 2022)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, President University kampus berstandar internasional yang berada di Kota Mandiri Jababeka, Cikarang mengirim empat mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti kompetisi Global Hackathon Startup yang berlangsung di Korea pada akhir pekan ini.

"Program ini namanya Global Startup Design Thinking Hackathon, penyelenggaraadalah Chung-Ang University. Mereka di Korea salah satu kampus yang Top Tear dan masuk kedalam jajaran kampus-kampus world class top 300-an rank in the world," kata Wakil Rektor Akademik, Riset, dan Inovasi President University, Dr. Adhi Setyo Santoso, S.T., MBA., dalam keterangannya, Kamis (19/9/2024).

Menurut Adhi, ada empat mahasiswa aktif President University yang akan diberangkatkan. Mereka adalah Kevin Lavpienji Nainggolan dari prodi CIT Informatics, lalu Indyla Bayu Pramesti Putri dari prodi MGT - Management, Halim Putra Prabowo dari prodi CIS - Information System dan
Daniella Elizabeth Rachel Manor dari prodi VCD - Visual Communication Design.

"Tujuan kami memberangkatkan mahasiswa adalah menunjukkan kami bukan hanya internasionalisasi dalam hal pembelajarannya dalam bahasa inggris saja tapi harus world class. Nah salah satunya dengan mengirimkan mahasiswa kami untuk berkompetisi di tingkat dunia. Jadi global startup designthinking Hackathon ini peserta dari berbagai  negara di seluruh penjuru dunia dan konsepnya para peserta harus membuat inovasi seperti inovasi digital  menciptakan aplikasi (apps), spiritualreality, animation, game atau movie dengan waktu yang singkat dalam waktu tiga (3) hari saja," jelas Adhi.

Menurutnya, ketrampilan inovasi ini sejalan dengan output yang ingin dicapai oleh President University.

"Kami ingin para lulusan english skill nya excellent. Mereka profesional bisa presentasi, berdiskusi dengan keilmuannya dalam bahasa inggris. Lalu kami juga ingin mereka memiliki Skill Full. Dimana setelah lulus nanti mereka cukup jago terhadap areanya masing-masing sehingga ketika industri menyerap mahasiswa-mahasiswa ini sudah bisa di andalkan untuk bisa berkontribusi secara maksimal di dunia industri," jelas adhi.

Kemudian, para lulusan harus memiliki jiwa dan kemampuan wirausaha. 

"Poses pembelajarannya di kami itu, 2 plus 1. Artinya 2 tahun itu di kelas untuk mengembangkan kompetensi keilmuan di bidangnya masing-masing dan kemudian 1 tahun lagi adalah real work practice. Dimana mahasiswa yang mau mengambil profesional karir mereka bisa mengambil internsif up to 1 tahun lalu yang mau wirausaha mereka 1 semester bisa belajar kerja dulu sama orang internsif untuk di perusahaan-perusahaan startup dan setelah mereka membangun usaha sendiri atau mereka bisa juga pilihan berikutnya adalah dalam 1 semester atau 1 tahun  mereka belajar ke luar negeri," imbuh Adhi.

Adapun terkait Global Startup Design Thinking Hackathon ini, menurut Adhi pada bulan November 2024, President University akan menjadi tuan rumah kompetisi internasional tersebut.

"Kita juga akan membuat event startup Hackathon tapi di KEK Tanjung Lesung, Banten. Kami akan membuat semacam inovation camp di pinggir pantai, itu namanya Beach Hack at Tanjung Lesung. jadi mahasiswa-mahasiswa dari Chung-Ang University, Korea dan peserta dari negara lain bergantian akan datang ke Indonesia jelang akhir tahun 2024 ini," tandasnya.

Sementara itu, ditempat terpisah, Indyla Bayu Pramesti Putri dari Faculty of Business, Management President University mengemukakan rasa bangganya dapat terpilih mengikuti kompetisi berskala internasional di Korea.

"Terpilih untuk mewakili President University di Global Hackathon Startup Competition di Chung Ahn University Korea Selatan adalah suatu kehormatan besar bagi saya pribadi. Saya merasa sangat bangga bisa membawa nama universitas ke ajang internasional, dan tentu saja ini menjadi kesempatan yang luar biasa untuk saya dapat mengembangkan ide-ide saya di skala yang lebih besar. Harapan saya adalah dapat memberikan yang terbaik, berinovasi dengan konsep sharing economy yang sedang saya kembangkan, dan tentunya bisa membawa pulang award. Saya juga berharap kemenangan ini tidak hanya menjadi prestasi jangka pendek, tapi juga menjadi awal dari proyek yang berkelanjutan dan berdampak luas di masa depan terutama di Indonesia bahkan seluruh dunia," kata Indyla.

Hal senada juga diutarakan oleh Halim Putra dari Fakultas Ilmu Komputer President University. Dirinya  menyampaikan kesiapannya mengikuti ajang kompetisi internasional tersebut.

"Kompetisi ini sangat menarik untuk saya. Bukan hanya ini menjadi lomba hackathon pertama saya, namun ini juga kali pertama saya mengikuti kompetisi internasional. Saya hanya berharap ide-ide yang bisa saya saksikan nanti bisa memberikan perspektif yang baru dan semoga saja, ide kami menjadi salah satunya," ujar Halim.

Keduanya juga menyampaikan apresiasi kepada Kampus President University yang telah memberikan support dan kesempatan kepada para mahasiswa untuk terus berkembang.

"Terima kasih atas bimbingan dan support kampus selama ini dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjadi salah satu representasi dalam kegiatan ini. Harapan kedepannya semoga program-program di bidang inovasi dan entrepreneurship bisa lebih banyak agar para mahasiswa bisa meraih prestasi di kancah internasional. Dukungan universitas yang komprehensif terhadap kegiatan di luar kelas sangat berkontribusi dalam membentuk keterampilan praktis dan profesional baik akademik maupun non-akademik," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Konferensi pers Pegadaian Liga 2

Jumat, 20 September 2024 - 11:25 WIB

Semakin Seru, Ini Dia Jadwal Pertandingan Pegadaian Liga 2 Pekan Ini

Pertandingan Pegadaian Liga 2 musim 2024/2025 semakin seru. Kehadiran Dejan FC, Persiku Kudus dan Persibo Bojonegoro yang berhasil promosi di musim lalu memeriahkan laga Pegadaian Liga 2 musim…

Sharp Menggelar Pameran Sharp Immersive Audio Visualization Mini Exhibition

Jumat, 20 September 2024 - 11:19 WIB

Rayakan Hari Jadi ke-122, Sharp Menggelar Pameran Sharp Immersive Audio Visualization Mini Exhibition

Merayakan hari jadi yang ke-112 tahun di dunia, Sharp Indonesia menggelar pameran bertajuk,  Sharp Immersive Audio Visualization Mini Exhibition, yang digelar di Main Atrium, Bintaro Jaya Xchange…

Azas Tigor Nainggolan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 September 2024 - 11:00 WIB

Mengkaji Rencana Kenaikan Tarif Jalan Tol

Pihak pengelola jalan tol dalam kota Jakarta juga Jabodetabek yakni PT Jasa Marga mengumumkan akan menaikan tarif jalan tol mulai tanggal 22 September 2024 mendatang.

Pledoi Dahlan Iskan

Jumat, 20 September 2024 - 10:45 WIB

Katolik Kristen

Si TUMORANG kini tidak hanya terkenal karena lagu Si TUMORANG begitu populer. Marga Si TUMORANG kini tercatat dan diingat sebagai pembangun patung Yesus tertinggi di dunia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia

Jumat, 20 September 2024 - 10:41 WIB

Menteri Bahlil, Tegas: Pemanfaatan Energi Terbarukan adalah Keharusan Bukan Pilihan

Jakarta-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia kembali menegaskan bahwa pemanfaatan energi terbarukan (EBT) dan penerapan industri hijau merupakan sebuah keharusan yang…