Menperin Agus Ajak Ketua Umum Baru Kadin Perkuat Kerja Sama Sektor Industri

Oleh : Ridwan | Kamis, 19 September 2024 - 21:13 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua Umum Baru Kadin Indonesia, Anindya Bakrie
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua Umum Baru Kadin Indonesia, Anindya Bakrie

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menerima kunjungan Ketua Umum baru Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Anindya Novian Bakrie.

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Menperin tersebut, Menteri didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kemenperin serta Staf Khusus Menteri. 

Turut hadir mendampingi Anindya Bakrie, Wakil Ketua Umum Bidang Perindustrian Kadin Indonesia, Bobby Gafur Umar, Ketua Umum Kadin Lampung Muhammad Kadafi, dan Anggota Dewan Pertimbangan Nita Yudi.

Dalam pertemuan tersebut, diawali dengan ucapan selamat dari Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Anindya Bakrie setelah resmi terpilih menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia yang baru.

"Kepada Ketua Umum dan Pengurus Kadin Indonesia yang baru, kami menyampaikan ucapan selamat atas selesainya Munaslub yang menghantarkan Pak Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2024-2029,” ujar Menperin Agus.

Agus melanjutkan, Kemenperin menaruh harapan besar kerja sama antara Kemenperin dan Kadin Indonesia guna membangun industri manufaktur Indonesia ke depan. 

Menperin juga mengajak Ketum Kadin Indonesia untuk bisa bersama-sama berkolaborasi dalam perumusan peta jalan atau roadmap bagi pembangunan industri manufaktur lima tahun ke depan.

“Oleh karena itu untuk membangun roadmap tersebut, dalam waktu dekat disepakati akan ada pertemuan antara Kemenperin dengan Kadin Indonesia, dan melibatkan seluruh asosiasi industri binaan Kemenperin,” jelasnya.

Agus mengungkapkan, berbagai kerja sama antara Kemenperin dengan Kadin Indonesia akan terus didorong agar semakin optimal dan sejalan dengan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional atau RIPIN.

Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakrie menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan waktu Menperin menerima jajaran pengurus Kadin Indonesia.

“Terima kasih kepada Pak Menteri atas kesediaannya menerima kami sebagai Ketua Kadin Indonesia yang baru. Dalam kesempatan tadi, kami melaporkan hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin Indonesia yang diselenggarakan pada Sabtu (14/9) lalu di Jakarta,” ujar Anindya.

Kerja sama antara kedua pihak dirasakan manfaatnya oleh para pelaku industri. Menperin menyebutkan, kerja sama tersebut meliputi antara lain pengembangan program hilirasi industri mineral, gas bumi, kelapa sawit, kakao, dan kelapa. 

Selanjutnya, terkait dengan penguatan dan perlindungan industri dalam negeri seperti kebijakan TKDN guna pendalaman struktur industri dalam negeri, penerapan standar nasional Indonesia (SNI), peningkatan kapasitas industri kecil dan menengah (IKM) komponen untuk masuk dalam rantai pasok industri otomotif, pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) industri, pengembangan industri hijau, pemberdayaan industri halal, serta bentuk kerja sama lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan pameran Global Sources Indonesia di JCC Jakarta tanggal 19 September 2024.

Kamis, 19 September 2024 - 23:43 WIB

Pameran Global Sources Indonesia Disambut Antusias Pelaku Bisnis Lokal

Global Sources Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 70% dibandingkan tahun lalu, dengan penambahan kategori produk lifestyle yang mencakup Gifts & Premiums, Home & Kitchen, serta…

Anindya Bakrie, Ketum Kadin hasil munaslub bertemu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

Kamis, 19 September 2024 - 22:47 WIB

Anindya Bakrie Undang Mendag ke Acara Sarasehan Kadin Indonesia

Ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie melakukan kunjungan silaturahmi bertemu dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta,…

Aulia Rizki Wicaksono selaku CEO TAXSAM.CO

Kamis, 19 September 2024 - 21:11 WIB

Mengenal AXSAM.CO: Solusi Pajak dan Bisnis Bagi Perusahaan

Jakarta - Esensi pajak seringkali menjadi keraguan di masyarakat, melihat bahwa isu mengenai pajak masih didominasi dengan stigma negatif berbagai kalangan. Hal ini dipicu karena kurangnya pengetahuan…

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara BPKN, IMREI dan LSP AREA

Kamis, 19 September 2024 - 20:10 WIB

BPKN - IMREI dan LSP AREA Jalin Kerja Sama Tingkatkan Kepuasan Konsumen Properti

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) bersama Ikatan Manajer Real Estat Indonesia (IMREI) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Area Indonesia (LSP AREA Indonesia) menjalin kerja sama dalam…

Anang Hermansyah

Kamis, 19 September 2024 - 17:39 WIB

Anang Hermansyah Ajak Pelanggan Raih Emas Melalui Program PESTA Belanja di VIVA Apotek

VIVA Apotek menggandeng musisi dan selebriti ternama, Anang Hermansyah, dalam kampanye promosi terbaru mereka di Instagram. Melalui postingan Instagram yang menampilkan Anang, VIVA Apotek menghadirkan…