Budiarsa Sastrawinata Raih Nawacita Awards 2024 Kategori Kemajuan Infrastruktur dan Industri

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 September 2024 - 16:17 WIB

Prof Yasonna H Laoly dan Budiarsa Sastrawinata
Prof Yasonna H Laoly dan Budiarsa Sastrawinata

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Managing Director Ciputra Group, Budiarsa Sastrawinata menerima penghargaan Nawacita Awards 2024. Ia menerima penghargaan tersebut karena dinilai sebagai pengembang swasta nasional yang membangun infrastruktur dalam pengembangan proyek perumahan skala kota. 

Untuk diketahui, Media Nawacita Indonesia (MNI) memberikan anugerah Nawacita Awards 2024 kepada sejumlah tokoh, baik individu, institusi, lembaga maupun korporasi yang dinilai telah berkarya nyata. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Dewan Pembina Media Nawacita Indonesia, Prof Yasonna H Laoly kepada Budiarsa, di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta Selatan, pada 16 September 2024. 

Ketua Dewan Juri Nawacita Awards, Prof Satya Arinanto, menekankan pentingnya transparansi dalam penjurian. Menurutnya, proses penilaian melibatkan usulan dari masyarakat dan organisasi. 

"Penghargaan ini murni berdasarkan keahlian dan kontribusi, bukan faktor politik," ujar Prof Satya, Senin (16/9/2024).

Sementara itu, Prof Yasonna, menyambut acara ini dengan penuh semangat. Menurutnya, Nawacita Awards 2024 adalah cermin semangat kebangsaan dan cinta tanah air. 

"Ini bukan sekadar ajang apresiasi, tetapi juga merupakan manifestasi dari ideologi Trisakti Presiden Soekarno," jelas Prof Yasonna.

Komisaris Utama Media Nawacita Indonesia, Faigiziduhu Ndruru, menambahkan bahwa penghargaan ini bertujuan memotivasi generasi muda untuk berkontribusi lebih dalam pembangunan bangsa. 

"Kami berharap penghargaan ini menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk terus berkarya dan memajukan bangsa menuju Indonesia Emas 2024," ungkap Faigiziduhu.

Direktur Utama Media Nawacita Indonesia, Beesokhi Ndruru, mengungkapkan kebanggaan atas suksesnya pelaksanaan acara tahun ini. Pada tahun ini, terdapat 8 kategori pemenang individu, ditambah 1 orang pemenang kategori favorit. 

Selain itu, anugerah Nawacita Awards 2024 juga diberikan kepada 9 kategori pemenang lembaga atau institusi, dan korporasi. Media Nawacita Indonesia juga memberikan apresiasi untuk kategori favorit. 

"Dengan desain piala penghargaan yang lebih modern dan elegan, kami ingin memberikan apresiasi yang layak bagi para pemenang," jelas Beesokhi.

Di malam puncak acara, Nawacita Awards 2024 dihadiri oleh tokoh-tokoh penting yang memperkuat semangat kebersamaan dan penghormatan terhadap nilai-nilai luhur bangsa. Kehadiran mereka memperkuat semangat kebersamaan dan penghormatan terhadap nilai-nilai luhur bangsa, sekaligus menambah kemeriahan malam penghargaan ini.

Budiarsa Sastrawinata adalah tokoh penting di balik kemajuan industri properti di Indonesia, khususnya melalui peran sentralnya di PT Ciputra Residence, bagian dari Grup Ciputra. Ia dikenal sebagai salah satu sosok yang memimpin pengembangan properti berskala kota dan proyek multi-fungsi di berbagai kawasan.

Lahir pada 10 Agustus 1955, Budiarsa menempuh pendidikan dasar hingga SMA di Regina Pacis, Jakarta. Ia kemudian melanjutkan studi teknik sipil di Plymouth Polytechnic, Inggris, dan menyelesaikan pendidikan pascasarjana di Institut Manajemen Prasetiya Mulya, Jakarta. Keahlian teknis dan manajemen ini menjadi fondasi kuat dalam kariernya di dunia properti.

Pada tahun 1981, Budiarsa memulai kiprahnya dengan mendirikan Citra Habitat Indonesia, yang kemudian menjadi bagian dari Ciputra Development. Proyek perdananya, CitraGarden City di Kalideres, Jakarta Barat, langsung menarik perhatian di bawah pengawasan Rina Ciputra sebagai Presiden Direktur.

Budiarsa tidak hanya mengembangkan proyek-proyek di tanah air seperti CitraGarden City dan CitraRaya Tangerang, namun juga memperluas jangkauannya ke panggung internasional. Proyek-proyek besar seperti kota baru di Hanoi (Vietnam), Phnom Penh (Kamboja), dan Shenyang (China) menjadi bukti komitmennya dalam mengembangkan kawasan berskala luas, dengan total area pengembangan mencapai 6.200 hektar.

Keberhasilan Budiarsa tidak hanya menunjukkan visi jauh ke depan, tetapi juga kemampuannya untuk membawa Ciputra Group bertransformasi menjadi pemain utama di kancah properti global. Pengalaman itu juga mengantarkan Budiarsa Sastrawinata terpilih sebagai FIABCI World President untuk masa jabatan 2023-2024. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan pameran Global Sources Indonesia di JCC Jakarta tanggal 19 September 2024.

Kamis, 19 September 2024 - 23:43 WIB

Pameran Global Sources Indonesia Disambut Antusias Pelaku Bisnis Lokal

Global Sources Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 70% dibandingkan tahun lalu, dengan penambahan kategori produk lifestyle yang mencakup Gifts & Premiums, Home & Kitchen, serta…

Anindya Bakrie, Ketum Kadin hasil munaslub bertemu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

Kamis, 19 September 2024 - 22:47 WIB

Anindya Bakrie Undang Mendag ke Acara Sarasehan Kadin Indonesia

Ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie melakukan kunjungan silaturahmi bertemu dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta,…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua Umum Baru Kadin Indonesia, Anindya Bakrie

Kamis, 19 September 2024 - 21:13 WIB

Menperin Agus Ajak Ketua Umum Baru Kadin Perkuat Kerja Sama Sektor Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menerima kunjungan Ketua Umum baru Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Anindya Novian Bakrie.

Aulia Rizki Wicaksono selaku CEO TAXSAM.CO

Kamis, 19 September 2024 - 21:11 WIB

Mengenal AXSAM.CO: Solusi Pajak dan Bisnis Bagi Perusahaan

Jakarta - Esensi pajak seringkali menjadi keraguan di masyarakat, melihat bahwa isu mengenai pajak masih didominasi dengan stigma negatif berbagai kalangan. Hal ini dipicu karena kurangnya pengetahuan…

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara BPKN, IMREI dan LSP AREA

Kamis, 19 September 2024 - 20:10 WIB

BPKN - IMREI dan LSP AREA Jalin Kerja Sama Tingkatkan Kepuasan Konsumen Properti

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) bersama Ikatan Manajer Real Estat Indonesia (IMREI) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Area Indonesia (LSP AREA Indonesia) menjalin kerja sama dalam…