Kolaborasi Bersama Titimangsa, Dompet Dhuafa Gelar Teater Musikal untuk Palestina

Oleh : Candra Mata | Rabu, 18 September 2024 - 22:35 WIB

Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Titimangsa menggelar teater musikal bertajuk Tanah Yang Terpenjara
Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Titimangsa menggelar teater musikal bertajuk Tanah Yang Terpenjara

INDUSTRY.co.id - Jakarta  - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Titimangsa menggelar teater musikal bertajuk Tanah Yang Terpenjara, Lantangkan Suara untuk Palestina. Sajian teater musikal tersebut untuk mengajak seluruh masyarakat terus menyerukan gerakan kemanusiaan untuk Palestina. 

Dengan cara baru, melalui teater musikal yang dibintangi Happy Salma, Chiki Fawzi, Hannah Al Rasid, dan Panji Sakti, Dompet Dhuafa dan Titimangsa mengedukasi kepedulian bagi rakyat Palestina. Nantinya hasil penjualan tiket teater musikal tersebut akan didonasikan untuk masyarakat Palestina melalui Dompet Dhuafa.

Pada Konferensi Pers, di Kawasan Cikini, Jakarta, Rabu (18/9/2024), Happy Salma selaku Founder Titimangsa mengungkapkan, ”Budaya menjadi jembatan dan ruang menyuarakan kemanusiaan. Maka itu, dengan kehadiran teater dan musikal dapat mendorong ruang-ruang diskusi dan pemikiran tentang arti kemanusiaan, khususnya bagi Palestina”.

Happy Salma juga menambahkan, bahwa pada penyelenggaraan tersebut ingin mengajak sebanyak-banyaknya masyarakat untuk datang. Sehingga teater dan musikal ini dapat mendorong pemikiran masyarakat tentang arti kemanusiaan. Agar sepulang dari menonton teater musikal Tanah yang Terpenjara tersebut, semua masyarakat memenuhi pemikiran dengan diskusi dan beragam perbincangan terkait Palestina.

"Bertajuk Tanah yang terpenjara menceritakan tentang kisah rakyat palestina di dalam gaza, yang sebelumnya tenang meski berada dalam penjara terbesar di dunia. Dinarasikan oleh Happy Salma, dan dibalut dalam alunan musik dari lagu yang ditulis musisi yang berkolaborasi bersama Dompet Dhuafa. Lalu kita juga akan menampilkan puisi-puisi dalam musikalisasi dengan mengajak sejumlah public figure hingga musisi tanah air. Saya juga ingin masyarakat berbondong-bondong untuk sama-sama merasakan kepedulian yang sama akan arti kemanusiaan,” imbuh Happy Salma.

Sementara itu, Etika Setiawanti selaku Direktur Mobilisasi Sumberdaya Yayasan Dompet Dhuafa Republika menerangkan bahwa, "Dompet Dhuafa sebagai lembaga kemanusiaan, menjadi kewajiban dalam terus menyuarakan kemerdekaan bagi Palestina. Kami tidak ingin suara kemanusiaan tenggelam, kami ingin memanggil jiwa-jiwa ini untuk terus bersatu padu dalam kemanusiaan. Melalui teater dan musikal dari Titimangsa, kami terus teguh untuk menyuarakan kemanusiaan dan kemerdekaan Palestina. Sehingga kami berharap dapat merangkul seluruh lapisan masyarakat”.

“Dompet Dhuafa bersama lintas kemanusiaan yang tergabung dalam Indonesia Humanitarian Alliances (IHA), terus mendorong bantuan-bantuan dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Palestina. Bantuan seperti Medical Point, ratusan tenda, tebar hewan kurban, makanan siap saji, generator hingga kebutuhan pangan dan obat-obatan lainnya yang sudah terdistribusikan sebelumnya”, tambah Etika Setiawanti.

Muamar Milhim selaku Counsellor Palestina di Indonesia menceritakan bahwa, “Banyak fasilitas umum, mulai dari rumah sakit, tempat ibadah, sekolah maupun bangunan lainnya yang mengalami kerusakan parah akibat genosida yang terjadi. Tidak hanya itu, pemberitaan baik media televisi, radio selalu memberitakan peristiwa tersebut ke kancah dunia, agar masyarakat tahu apa yang terjadi di negara kami, Palestina. Kami membutuhkan terus dukungan dari berbagai dunia, termasuk negara-negara islam, khususnya Indonesia dalam upaya kemerdekaan negara kami serta terciptanya damai di negara kami".

“Kami berharap isu kemanusiaan ini terus digencarkan. Kepedulian besar bagi Palestina terus diupayakan termasuk dari semua lembaga kemanusiaan yang berada di Indonesia,” ujar Syamsul Ardiansyah perwakilan dari Indonesian Humantarian Alliance (IHA).

Chiki Fawzi selaku penggiat sosial media dan supervolunteer Dompet Dhuafa, “Isu kemanusiaan yang dari dulu harus digaungkan, saat ini semakin banyak masyarakat dunia terus mendorong isu kemanusiaan bagi Palestina. Saya berharap seruan ini tidak menghilang begitu saja, terus ada hingga penjajahan hapus di bumi Palestina”.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan tiket teater musikal tersebut, dapat membelinya melalui website www.titimangsa.com. Tiket tersebut dijual dalam tiga kategori dan hasil penjualan tiketnya akan disalurkan sebagai bantuan kemanusiaan untuk Palestina melalui Dompet Dhuafa.

Aziz Azthar selaku Penulis Naskah perwakilan dari Titimangsa, menjelaskan “Pembelian tiket bisa melalui kanal website kami di titimangsa.com. Harga tiket teater musikal akan kami jual dalam tiga kategori harga yaitu mulai dari Rp300.000,-, Rp400.000,- dan Rp500.000,-. Semua dalam pertunjukan yang sama, hanya posisi tempat duduk saja yang membedakannya".

Kolaborasi Dompet Dhuafa dan Titimangsa ini melengkapi serangkain aksi kemanusiaan untuk Palestina yang selama ini bergulir. Jauh sebelum era tahun 2000, Dompet Dhuafa sudah memulai respon kemanusiaan untuk Palestina. Hadirnya program seperti food bank, peternakan kelinci, support kebutuhan obat-obatan dan medis, pakain hangat untuk musim dingin, bantuan armada ambulans, hingga pendirian klinik medical point untuk melayani kebutuhan layanan kesehatan rakyat Palestina di masa krisis seperti sekarang ini. 

Namun bantuan-bantuan tersebut belumlah seberapa dibandingkan kegigihan rakyat Palestina menjaga tanah kelahirannya. Mereka masih terus membutuhkan dukungan kita, mari terus lantangkan suara untuk Palestina. Karen satu suaramu akan menggem bersama salam gerakan kemanusiaan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara BPKN, IMREI dan LSP AREA

Kamis, 19 September 2024 - 20:10 WIB

BPKN - IMREI dan LSP AREA Jalin Kerja Sama Tingkatkan Kepuasan Konsumen Properti

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) bersama Ikatan Manajer Real Estat Indonesia (IMREI) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Area Indonesia (LSP AREA Indonesia) menjalin kerja sama dalam…

Anang Hermansyah

Kamis, 19 September 2024 - 17:39 WIB

Anang Hermansyah Ajak Pelanggan Raih Emas Melalui Program PESTA Belanja di VIVA Apotek

VIVA Apotek menggandeng musisi dan selebriti ternama, Anang Hermansyah, dalam kampanye promosi terbaru mereka di Instagram. Melalui postingan Instagram yang menampilkan Anang, VIVA Apotek menghadirkan…

Pembukaan The 10th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2024

Kamis, 19 September 2024 - 17:31 WIB

Di IIGCE 2024, PGE Dorong Penciptaan Ekosistem Ideal untuk Percepatan Pengembangan Energi Panas Bumi

Ajang The 10th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2024 mengukuhkan posisi energi panas bumi sebagai energi hijau yang strategis untuk membantu agenda transisi…

Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Transjakarta gelar acara Hero serves Hero sekaligus meluncurkan aplikasi TJ: Transjakarta

Kamis, 19 September 2024 - 17:28 WIB

Rayakan Puncak Hari Pelanggan Nasional 2024, Transjakarta Gelar Ajang 'Hero Serves Hero' Sebagai Bentuk Apresiasi Kepercayaan Pelanggan Setia

Sebagai bagian dari puncak acara Hari Pelanggan Nasional 2024, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dengan bangga menggelar Hero Serves Hero, ajang untuk mengapresiasi kepercayaan pelanggan…

PLTS Atap

Kamis, 19 September 2024 - 17:09 WIB

Lazada Gunakan Panel Surya di Gudang Utamanya di Cimanggis

Platform eCommerce, Lazada Indonesia (Lazada) terus menerapkan praktik bisnis berkelanjutan, khususnya pada operasional logistik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dukungan ini dilakukan dengan…